Konsumsi Bensin Toyota Corolla Cross Hybrid Lebih Irit Dari Avanza

Diajak road crash, konsumsi bahan bakar Toyota Corolla Cross Hybrid lebih murah dibandingkan Avanza.

Dapurpacu.com – Toyota Corolla Cross Hybrid pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2020.

Saat pertama kali dijual, SUV berteknologi hybrid ini dijual dengan harga Rp 497,8 juta. Jumlahnya Rp. 40 jutaan untuk varian Corolla Cross (bensin) yang dijual seharga Rp. 457,8 juta.

Pada kisaran harga tersebut, SUV ini memiliki keunggulan teknologi hybrid yang hanya sedikit dimiliki oleh para pesaingnya saat itu. Corolla Cross Hybrid mengusung mesin bensin 1.800 cc dan motor listrik yang secara total mampu menghasilkan tenaga 160 hp pada 5.200 rpm dan tenaga maksimum 305 Nm pada 3.600 rpm.

Transmisinya menggunakan sistem e-CVT. Teknologi hibrida portabel memiliki keunggulan utama efisiensi bahan bakar.

Berdasarkan hasil pengujian Corolla Cross Hybrid tahun 2020, road test dan city running, bahkan pada mode ECO/Normal dengan kecepatan rata-rata 22,2 km/jam, Corolla Cross Hybrid mencatatkan kecepatan 21,3 km/liter. Wow, itu sesuatu!

dapurpacu.com

Rekor ini lebih murah dari data tes bahan bakar Toyota All New Avanza city yakni 15,4 km/liter.

Konsumsi bahan bakar dan lama perjalanan serta kombinasi ongkos jalan tidak berbeda, pada kecepatan rata-rata 90 km/jam SUV ini bisa mencapai 22,2 km/liter. Perbedaan dengan file -file nomor bensin di kota dan di belakang kota tidak jauh, menurut catatan mobil dan mesin.

Dalam perjalanan untuk berjalan di kota, buat lampu pengereman (penggunaan baterai kinner net dan pengereman / penipuan) tidak efektif. Tapi tetap sah.

Sebagai informasi, akibat teknologi hybrid, generator dan listrik bekerja dengan saling membantu sebagai sumber energi. Saat gas digerakkan, mesin bakar dan motor listrik bekerja untuk menggerakkan roda depan.

Baca Juga:  Hyundai Ioniq 6 Dipinjam Buat KTT ASEAN 2023

Namun bila berjalan pelan dan teratur, biasanya mesin bakar akan terbakar, dan mobil menggunakan tenaga listrik. Inilah mengapa Corolla Cross tidak berhenti di SPBU.

Dalam pengujian kami, yang biasanya kami dapatkan adalah saat mobil bergerak perlahan melewati ruangan. Mesin bensin mati, hanya mesin listrik yang bekerja.

Bunyi mesinnya hening dan hening, hanya desisan kecil yang menandakan penggunaan motor listrik. Untuk akselerasinya bagus, tapi tidak terlalu impresif dibandingkan dengan akselerasi SUV kompak lainnya.

Saat kami mengujinya dengan Racelogic, waktu akselerasi 0-60 mph terbaik Corolla Cross adalah 11,3 detik. Sekadar informasi, PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan model Toyota Corolla Cross Hybrid GR Sport terbaru di ajang IIMS 2023 pada Februari 2023.

New Corolla Cross GR Sport Hybrid EV dibanderol Rp 602,1 juta. Lebih cepat

0-60 km/jam: 4,8 detik

0-100 km/jam: 11,3 detik

40-80 km/jam: 4,8 detik

konsumsi bahan bakar

Dalam kota 21,3 km/liter

Dari kota: 22,2 km/liter

Konstan 100 km/jam di 2.100 rpm: 19,1 km/liter