Begini Alasan Hyundai tambah Ground Clearance Stargazer X Naik 5 mm Dari Varian Standar

dapurpacu.com – New Hyundai Stargazer X yang diresmikan oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) pada hari pembukaan GIIAS 2023 (10/8) di ICE-BSD City, Tangerang Selatan, memiliki beberapa fitur menarik.

Seperti yang sudah banyak diberitakan, kendaraan ini berbasis LMPV andalan Hyundai yaitu Stargazer.

Namun tampilannya berubah menjadi MPV crossover kekinian dengan penambahan beberapa body kit seperti over fender, roofrail, bumper depan dan belakang dengan desain baru, serta gril anyar yang terlihat futuristik dan pelek dengan potongan berlian yang keren. motif paduan. , bergaya dan gagah.

Selain itu, Hyundai Stargazer X berbeda dari Stargazer standar dalam beberapa hal terkait spesifikasinya.

Desainnya lebih sporty, peleknya lebih besar (17 inci), sistem pengeremannya double disc, sistem audionya lebih mahal dari Bose, dimensinya sedikit berbeda, dan memiliki fitur seperti rem parkir dengan penahan otomatis.

Artinya, panjang keseluruhan lebih panjang 35 mm dari Stargazer standar yang hanya 4.460 mm menjadi 4.495 mm.

Starrgazer standar hanya memiliki lebar 1.780 mm yang ini lebih lebar 35 mm yakni 1.815 mm.

Sementara tingginya hanya 15 mm, atau pada 1.710 mm (Stargazer STD 1.695 mm).

Jarak sumbu roda, bagaimanapun, tetap konstan pada 2.780 mm. Hanya saja titik terendah dari tanah, atau ground clearance, hanya 5 mm lebih tinggi pada 200 mm (Stargazer STD 195 mm).

Namun, Hyundai Indonesia mengklaim komponen suspensi Stargazer reguler tetap digunakan, membuat peningkatan ground clearance 5 mm menjadi unik tanpa mengubah sistem suspensi.

Hanya bagian suspensi MacPherson Strut di depan dan Coupled Torsion Beam Axle di belakang telah mengalami optimalisasi desain untuk meringankan dan meningkatkan handling.

“Pegas misalnya, dan elemen lainnya masih sama seperti di Stargazer standar, seperti sokbreker. Saat berdiskusi soal spesifikasi Stargzer X dengan beberapa awak media, Bonar Pakpahan, Product Expert HMID, mengklarifikasi tidak lebih besar dan tidak lebih besar. lebih tinggi.

Baca Juga:  Jelang Akhir Kuartal I 2023, Penjualan Daihatsu Naik 27,5 Persen

Diameter roda dan profil ban telah berubah, seperti yang diklaim Bonar.
Ia menjelaskan, “Stargzer X menggunakan ring 17 inci dengan profil ban 205/50 R17″.

Bonar mengatakan, Hyundai tetap ingin mempertahankan performa dan kenyamanan Stargazer berdasarkan penjelasan dari desainer Stargazer X yang juga hadir dalam acara tersebut.

Meski merupakan crossover, Bonar menyebut performa dan kenyamanan menjadi prioritas utama. Hyundai tetap ingin mempertahankan reputasi Stargazer atas kenyamanan dan performanya yang unggul dibandingkan kompetitornya di model baru ini (Stargazer X).

Namun pertanyaannya, dari mana asal peningkatan ground clearance sebesar 5 mm?

“Insinyur suspensi kami lebih akurat menjawab pertanyaan ini, pada kenyataannya. Secara spesifik, dia lebih berpengetahuan. “.

Bonar melanjutkan, “Namun saya akan mencoba menjelaskan bahwa menggunakan pelek 17 inci dengan profil ban yang disebutkan tadi bukan berarti diameter peleknya sama persis dengan yang ada pada Stargazer standar.

Dia percaya bahwa ukuran ban yang digunakan pada Stargazer standar dan Stargazer X pasti ada perbedaan yang pasti.

Peningkatan ground clearance sebesar 5 mm merupakan konsekuensi dari perbedaan mutlak ini, lanjutnya.