Analisis Dari Elon Musk Tesla Model Y Laris Manis Jadi Kenyataan

Sebelum Tesla Model Y dirilis pada 2020, CEO Tesla Elon Musk memprediksi sedan listrik akan laris manis di pasaran. Musk juga mengatakan bahwa permintaan Model Y sekitar dua kali lipat dari Tesla Model 3, yang merupakan model terlaris saat itu. Meluncurkan laman Electrek hari ini, Kamis, 20 April 2023, di tahun 2016, Elon Musk memperkirakan permintaan Model Y akan berkisar antara 500.000 hingga 1 juta unit per tahun.

Lebih lanjut, Musk memprediksi Model Y akan menjadi mobil terlaris di dunia. Tahun lalu, Tesla mengumumkan bahwa Tesla Model Y mengejar Toyota Corolla yang saat ini terjual 1.150.000 unit per tahun. Namun, produksi penuh Tesla Model Y belum diketahui. Tahun ini, Tesla Model Y menjadi model terlaris di kuartal pertama. Bahkan di China, Tesla Model Y menjadi model terlaris melampaui BYD Song Plus, PHEV, serta mobil ICE, VW, dan Nissan terlaris. Ini merupakan pencapaian terbesar Tesla mengingat China merupakan pasar mobil terbesar di dunia.

dapurpacu.com

Sementara itu, di pasar AS, Tesla Model Y menyalip mobil penumpang terlaris mengalahkan Toyota RAV4 dan Nissan Rogue. Di Eropa, penjualan Tesla Model Y meningkat berkat peningkatan 5.000 unit per minggu di Gigafactory di Berlin.

Tesla diperkirakan akan memproduksi sekitar 1,5 juta unit Tesla Mode Y dalam kapasitas tahunan di empat pabriknya. Model Y juga diperkirakan akan terjual lebih banyak berkat pemotongan harga yang dilakukan awal tahun ini.

Baca Juga:  KIA Pecahkan Rekor Penjualan Di Amerika: Tahun Emas 2023 Dan Optimisme Ke Depan