Air Yang Terperangkap di Dalam Rangka eSAF Penyebab Keropos

dapurpacu.com – Banyak yang mengklaim bahwa air yang menumpuk di rangka dapat menyebabkan rangka eSAF pada sepeda motor matic Honda menjadi keropos.

Hal ini disebabkan bentuk rangka eSAF motor matic Honda yang berbentuk kotak sehingga memungkinkan air yang masuk terperangkap di dalamnya.

Selain itu, bagian rangka paling bawah yang diduga tergenang air, sering kali terlihat keropos, dan juga ditemukan rangka keropos dari dalam.

Alhasil, meski bagian dalam rangka sudah berkarat dan keropos parah, bagian luarnya tetap terlihat bagus, menurut Masno, pemilik bengkel las Kaya Teknik yang khusus memperbaiki karat. dan rangka sepeda motor keropos.

Air yang terperangkap menjadi salah satu penyebab munculnya rangka karat dari dalam.

Oleh karena itu, terdapat lubang pembuangan di bagian bawah rangka eSAF, seperti yang digunakan Honda Vario 160.

Sepertinya itu bukan posisi paling bawah pada rangka sepeda motor, menurut pemilik JK Motoworks Yuka Farresto yang sedang mengerjakan permintaan pelanggan untuk mengecat ulang rangka eSAF.

Kemungkinan air yang masuk ke dalam frame tidak ada yang bisa keluar karena lubangnya berada di samping dan agak tinggi. terutama di mana pelat bingkai di bagian bawah saling terhubung satu sama lain.

Selain itu, tidak semua komponen rangka eSAF tertutup rapat, dan terdapat beberapa lubang yang memudahkan air masuk.

Bahkan, Anda dapat menambahkan lebih banyak lubang kecil di bagian bawah untuk mencegah air terkumpul di dalam bingkai.

“Namun, kami tidak berani main-main dengan lubang pada sepeda motor konsumen, apalagi jika garansi sepeda motor tersebut belum habis. Saya khawatir pihak frame akan mempertanggungjawabkan lubang yang kami buat”, kata Yuka.

Namun, jika pemesan memintanya dan sadar akan konsekuensinya, kami bisa mewujudkannya, kata Yuka yang bengkelnya berlokasi di Ruko Griya Cinere 2 Blok 49 No. Jalan Limo Raya 48, Cinere, Depok, Jawa Barat.

Baca Juga:  Motor Percobaan Yamaha Gagal Naik Podium Sebab Knalpot, Sasis, Hingga Sistem Elektronik Tak Berfungsi

Yuka mengklaim bahwa menambahkan lubang pembuangan kedua ke rangka eSAF itu mudah dan cepat.

Kalau pemilik motornya bersedia membuat lubang tambahan, Yuka hanya memberikan harga Rp 50 ribu saja untuk pembuatan lubang pembuangan tambahan di rangka eSAF.

Hingga saat ini sendiri pihak PT Astra Honda Motor (AHM) menyebut sedang melakukan investigasi mengenai kasus rangka motor matic Honda yang keropos.

Jadi belum ada kepastian dari pihak pabrikan mengenai apa penyebab rangka motor matic Honda yang karat dan keropos ini.