6 Motor MotoGP Termahal Di Dunia

DAPURPACU.COM – Masuknya pembalap MotoGP Marc Marquez ke Gresini Ducati mendapat tanggapan dari adiknya yang juga pembalap MotoGP Alex Marquez. Alex mengatakan kehadiran Marc di Ducati akan membuat tim Gresini semakin kompak.

Marc Marquez memutuskan pindah tim dari Honda ke Gresini Ducati pada musim balapan mendatang atau 1 Januari 2024 mendatang. Marc hengkang dari honda dalam rangka mencari tantangan baru dan keluar dari zona nyaman.  Ia mengaku ingin menikmati balapan bukan hanya asal memenangkan laga.

Keputusan Marc Marquez pindah dari Honda sebenarnya tidak mengejutkan. Rumor kepergiannya telah berembus kencang selama beberapa pekan terakhir.  Sejak awal musim, sang pembalap berusia 30 tahun yang dijuluki The Baby Alien itu telah berkali-kali mengeluhkan kualitas motor RC213V miliknya.  Namun, Repsol Honda tak kunjung memberikan perkembangan yang menjanjikan.

Motor MotoGP Termahal di Dunia

Ada 6 motor MotoGP termahal di dunia. Tetapi, yang mengejutkan, Honda RC213V yang performanya sering dikeluhkan Marc Marquez ternyata harganya lebih mahal daripada Ducati Desmodici yang merajai MotoGP pada beberapa tahun terakhir.

Harga motor MotoGP termahal saat ini adalah Yamaha M1, yang dibanderol dengan harga sekitar $3 juta atau Rp47 miliar.  Harga ini tidak termasuk biaya pengembangan dan perawatan, yang bisa mencapai $10 juta atau Rp149,6 miliar per musim.

Yamaha M1: 3 Juta Dolar AS (Rp47 Miliar)

Yamaha M1

Dengan harga mencapai 3 juta dolar AS, atau sekitar Rp47 miliar, motor Yamaha M1 ini menempati posisi puncak motor MotoGP termahal di dunia. Yamaha M1 adalah motor yang sangat canggih, dengan mesin 4-silinder inline berkapasitas 1.000 cc yang menghasilkan tenaga hingga 300 tenaga kuda. Motor ini juga dilengkapi dengan berbagai teknologi spektakuler lainnya, seperti elektronik kontrol traksi, kontrol rem, dan suspensi yang dapat disesuaikan.

Honda RC213V: 2,5 Juta Dolar AS (Rp39 Miliar)

Honda RC213V

Meskipun performanya sering kali menjadi perdebatan dalam tangan pembalap Marc Marquez, Honda RC213V adalah salah satu motor MotoGP termahal dengan harga mencapai 2,5 juta dolar AS atau sekitar Rp39 miliar. Honda RC213V juga dikenal dengan teknologi canggihnya, yang membuatnya menjadi salah satu pesaing kuat di dunia MotoGP.

Baca Juga:  Daftar Mobil Listrik Yang Meluncur Sepanjang 2023

Ducati Desmosedici GP: 2,2 Juta Dolar AS (Rp34 Miliar)

Ducati Desmosedici

Ducati Desmosedici GP, yang telah merajai MotoGP dalam beberapa tahun terakhir, memiliki harga sekitar 2,2 juta dolar AS atau Rp34 miliar. Motor Ducati Desmosedici GP ini dikenal karena kecepatan dan keandalannya di lintasan balap.

Aprilia RS-GP: 2 Juta Dolar AS (Rp31,35 Miliar)

Aprilia RS-GP

Aprilia RS-GP adalah salah satu motor MotoGP yang memiliki harga tinggi, sekitar 2 juta dolar AS atau sekitar Rp31,35 miliar. Mesinnya yang kuat dan teknologi tinggi membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi para pembalap MotoGP.

KTM RC16: 1,8 Juta Dolar AS (Rp28,22 Miliar)

KTM RC16

KTM RC16 memiliki harga sekitar 1,8 juta dolar AS atau sekitar Rp28,22 miliar. KTM adalah merek yang relatif baru dalam dunia MotoGP, namun mereka telah berhasil menciptakan motor yang kompetitif dengan teknologi canggih.

Suzuki GSX-RR: 1,5 Juta Dolar AS (Rp23,5 Miliar)

Suzuki GSX-RR

Suzuki GSX-RR adalah salah satu motor MotoGP dengan harga yang lebih terjangkau, meskipun masih sangat mahal, sekitar 1,5 juta dolar AS atau sekitar Rp23,5 miliar. Motor Suzuki GSX-RR ini telah membuktikan diri sebagai pesaing yang tangguh di lintasan balap.

Sementara itu, harga motor MotoGP yang sangat mahal lantaran beberapa faktor, antara lain:

  • Teknologi yang canggih dan terus berkembang dalam dunia balap motor membutuhkan biaya pengembangan yang tinggi.
  • Bahan baku berkualitas tinggi seperti serat karbon dan titanium digunakan dalam pembuatan motor MotoGP.
  • Produksi motor MotoGP sangat terbatas, dengan hanya 24 unit diproduksi setiap tahun.

Faktor-faktor inilah yang membuat motor ini menjadi barang mewah yang hanya dapat dimiliki oleh pembalap profesional yang berkompetisi di kelas tertinggi MotoGP.