Begini Cara Mencegah Munculnya Karat Di Rangka eSAF

dapurpacu.com – Tindakan pencegahan ini bisa dilakukan oleh pemilik jika khawatir rangka eSAF pada motor matic Honda miliknya akan mulai berkarat.

Meski ada pernyataan dari PT Astra Honda Motor (AHM) yang menyatakan rangka eSAF bergaransi satu tahun atau 10.000 kilometer, sejumlah pemilik tetap merasa resah.

Hal ini disebabkan tingginya mobilitas banyak pemilik sepeda motor Honda yang rutin menempuh jarak lebih dari 100 km.

Odometer sepeda motor Ikhsan Faturrahman sudah menempuh jarak lebih dari 4.800 km, sama seperti Ikhsan Faturrahman pemilik Honda Genio yang dirilis Juni 2023.
Akibatnya rangka eSAF sepeda motor akan segera kehilangan masa garansinya.

Artinya dalam waktu kurang lebih 5 bulan, saya sudah mengendarai sepeda motor saya sejauh lebih dari 10.000 km. Meski usia sepeda motor baru 5 bulan, namun garansi rangkanya sudah habis. Ikhsan menggerutu, “Saya khawatir akan ada masalah setelah masa berlakunya lewat”

“Selain khawatir biaya penggantian yang mahal jika garansi batal, saya juga khawatir rangkanya tidak berfungsi dan mengakibatkan kecelakaan, karena saya semakin sering mengendarai sepeda motor setiap hari. Saya mencari alternatif untuk mencegahnya karena itu” lanjut Ikhsan, seorang tukang ojek yang bekerja secara online.

Hendra Sugandi, pemilik bengkel Agra Jaya Motor Custom (AJMC) yang banyak memproduksi rangka sepeda motor trail custom, memberikan tips agar karat dan keropos tidak muncul pada rangka sepeda motor.

Pengaplisan kembali cairan anti karat, menurut Hendra, merupakan langkah awal yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya karat atau keropos pada kusen.

“Dari yang saya tahu, sebagian las pada rangka rangka eSAF ada yang tidak dicat. Sebaiknya dicat ulang secara menyeluruh agar semua komponen terlapisi cat atau cairan anti karat,” ungkap Hendra.
“Sebab, cat itu selain bikin rangka terlihat rapi, dia juga melindungi besi dari air yang jadi pemicu munculnya karat,” tambahnya.

Baca Juga:  Simak Fitur-fitur Ktm Adventure 250, Lalu Ajak Mereka Blusukan