Hanya Bawa All New Sirion Varian 1.3, Ini Alasan Daihatsu

Hanya Bawa All New Sirion Varian 1.3, Ini Alasan Daihatsu

JAKARTA (DP) – All New Daihatsu Sirion resmi meluncur di Indonesia hari ini, Selasa (13/2), sebagai generasi ketiga dari city car kembaran Perodua Myvi di Malaysia. Namun, di Indonesia PT Astra Daihatsu Motor (ADM) hanya meluncurkan satu varian mesin, yakni 1.3 liter.

Di negara asalnya, Malaysia, padahal Myvi ditawarkan dengan dua varian mesin, 1.3 dan 1.5 liter. Alasan efisiensi menjadi latar belakang Daihatsu mengambil langkah ini.

Melalui Direktur Pemasaran, Amelia Tjandra, ADM menganggap pasar city car di Indonesia yang tidak terlalu berkembang akan sia-sia jika membawa kedua varian mesin All New Sirion. Terlebih, penjualan Sirion di Indonesia selama ini tidak begitu banyak.

“Volumenya juga tidak banyak, kami mempertimbangkan bagaimana efficient operation, kalau terlalu banyak pilihan sementara pasar tidak banyak tentunya operasi tidak akan efisien karena kita harus stok dua, 1.3 dan 1.5 (liter),” kata Amelia, di sela peluncuran All New Sirion.

“Buat kami efisiensi operasi juga penting, karena itu kami memutuskan untuk menjual yang 1.3. Kalau produk ini atau pasar di segmen ini berkembang seperti di Malaysia, Myvi itu sebulan bisa 12.000, tentu saja mereka bisa membuat banyak varian.”

Daihatsu memasarkan All New Sirion dengan banderol OTR masing-masing Rp 182,5 juta untuk varian transmisi manual dan Rp 193,5 juta untuk varian otomatis. Jika mengacu pada spesifikasinya, All New Sirion merupakan varian termurah Myvi di Malaysia, namun mendapatkan velg berdiameter lebih besar dan pilihan warna lebih banyak.

Dengan hanya membawa varian mesin 1.3 liter, artinya Sirion di Indonesia tidak mendapatkan fitur-fitur canggih seperti Myvi di Malaysia, yang dimiliki pada varian mesin 1.5 liter. Banyak fitur keselamatan canggih yang tersedia hanya pada varian 1.5 liter.

Fitur-fitur tersebut adalah enam unit airbag, Advanced Safety Assist (ASA), Pre-collision Warning, Pre-collision Braking (low-speed autonomous emergency braking), Front Departure Alert, dan Pedal Misoperation Control. [dp/Whr]

© 2018 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR

  1. akbar
    14 February 2018

    ya ellah mesin comotan aja sok2an ribet wkwkwkwk piss

  2. Nugroho Bagor
    13 February 2018

    Kalau tau segmen kecil,bawa yang terbaik,ah Amel dari jaman airbag gitu2 aja

  3. Pras
    13 February 2018

    Khawatir saudaranya gak laku…(yar**) klo yg 1.5 dijual diangka 210-an hancur hatcback ja** dan yar**