Astra Otoparts Jajaki Produksi Komponen Kendaraan Listrik

Astra Otoparts Jajaki Produksi Komponen Kendaraan Listrik

JAKARTA (DP) – PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) saat ini sedang menjajaki kemungkinan untuk memproduksi komponen khusus kendaraan listrik, Dana yang dialokasikan sebesar Rp 200 miliar berasal dari belanja modal (capital expenditure/capex) AUTO yang dianggarkan Rp2 triliun pada 2018 ini.

“Kami kini sedang menjajaki kemungkinan untuk memproduksi komponen khusus kendaraan listrik, baik itu untuk motor listrik maupun mobil listrik. Kendati permintaannya belum begitu besar, tetapi kami optimistis pasar electric vehicle (EV) akan segera tumbuh,” ujar Direktur Utama AUTO Hamdhani Dzulkarnaen Salim di Jakarta, Senin (12/6).

Hamdhani mengemukakan, manajemen AUTO saat ini sedang berkomunikasi dengan berbagai negara yang berkompeten untuk mengidentifikasi produk-produk komponen yang memiliki prospek cukup cerah untuk diproduksi. Kendati demikian, manajemen AUTO belum dapat menginformasikan mengenai negara yang menjadi tempat penjajakan bisnis baru AUTO tersebut.

“Sebenarnya sejak tahun lalu, kami sudah menjajaki peluang kerja sama untuk memproduksi komponen-komponen EV tersebut. Akan tetapi, kami hingga kini belum memutuskan bentuk kerja sama yang akan dilakukan,” papar Hamdhani.

Hamdhani menjelaskan, kerja sama yang akan dilakukan tersebut kemungkinannya dapat berbentuk perusahaan patungan (joint venture) agar dapat mendirikan pabrik baru yang memproduksi komponen kendaraan elektrik bersama-sama.

“Jika mereka yakin dengan pasar Indonesia, mereka dapat saja masuk untuk membuat sebuah perusahaan patungan (joint venture). Yang jelas, kami mempersiapkan diri kendati permintaannya belum begitu besar,” ujar Hamdhani.

Ia menambahkan, perkembangan teknologi otomotif saat ini menuntut Astra Otoparts agar dapat menyesuaikan diri dengan permintaan pasar.

“Hingga kini masih belum ada kesepakatan resmi antara perseroan dengan induk usaha selaku produksen kendaraan elektrik untuk memasok berbagai komponen elektriknya,” tuturnya. (DP)

© 2018 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR