First Impression: Test Ride All New Honda PCX 2018

First Impression: Test Ride All New Honda PCX 2018

JAKARTA (DP) – Sesaat setelah resmi diluncurkan harganya hari Rabu (7/1), All New Honda PCX lantas membuat kami penasaran bagaimana performa dan impresinya di atas aspal. Beruntung, PT Astra Honda Motor (AHM) menyediakan langsung area khusus untuk kami melakukan test ride.

Setelah diperkenalkan pada bulan Desember 2017 lalu, All New PCX akhirnya punya banderol resmi yakni Rp 27,7 juta untuk varian CBS (Combi Brake System) dan Rp 30,7 juta untuk varian ABS (Anti-lock Brake System), dengan kondsi On The Road wilayah Jakarta.

Dalam sebuah lintasan buatan dengan panjang tidak sampai 1 kilometer itu, kami mendapatkan unit tes All New PCX varian ABS. Serangkaian handicap dan rintangan dirancang sedemikian rupa untuk membuktikan performa dan kenyamanan pelopor skutik premium di Indonesia tersebut, seperti tikungan panjang, tikungan sempit, slalom dan jalan bergelombang.

Tes diawali dengan lintasan lurus, yang kami manfaatkan untuk mengeksplorasi kemampuan akselerasi dari mesin baru 150cc kini berteknologi eSP. Meski tuas gas ditarik cukup kencang, respons mesin di putaran awal terasa lembut, mendistribusikan tenaga dan torsi dengan linear.

Karakter mesin yang cenderung halus itu tentu akan membuat perjalanan bersama All New PCX lebih nyaman, menyesuaikan desain baru dengan aura elegan dan mewahnya. Karena lintasan lurus yang tidak begitu panjang, kami hanya mampu menyentuh kecepatan kurang lebih 50 km/jam.

Setelah akselerasi, sebuah tikungan lebar dan panjang menjadi handicap berikutnya. Tikungan ke kiri ini mampu dilalui oleh rival dari Yamaha Nmax ini dengan mudah, bahkan dengan posisi merebah. Kami cukup yakin untuk memacu PCX dengan kencangnya di tikungan ini, berkat kestabilan yang dimilikinya.

Tikungan pertama yang berbentuk parabolik dilanjutkan dengan balasan tikungan ke kanan, dengan radius lebih kecil. Transisi dari arah menikung ke kiri ke kanan dapat dilalui dengan mudah, meski dimensi PCX untuk sebuah skutik terbilang besar dan memiliki berat kosong 132 kg ini.

Di tikungan kedua ini sayangnya di permukaan lintasan terdapat beberapa genangan akibat hujan. Suspensi belakang PCX yang cenderung keras sedikit menjadi poin minus di sini, karena kami sempat merasakan roda belakang sedikit ‘ngesot’ meski tidak sampai kehilangan kontrol.

Kemudian dilanjutkan dengan rintangan slalom, di mana radius tikungan semakin kecil, yang lagi-lagi mampu dengan mudah dan nyamannya dilibas oleh All New PCX. Rangkaian tiga tikungan meliuk di antara cone bukan masalah berarti dilalui, megindikasikan kelincahan PCX melintas di jalan sempit berliku.

Saat tiba pada lintasan bergelombang, kembali kami rasakan kerasnya suspensi roda belakang PCX. Kami bahkan harus mengerem sampai benar-benar pelan untuk melalui polisi tidur buatan tersebut, untuk tetap merasa nyaman saat melindasnya. Kami duga, ini dilakukan untuk menambah kekokohan suspensi saat bobot bertambah untuk berboncengan agar tidak terlalu mengayun.

Setelah mengitari lintasan sebanyak tiga putaran, rintangan terakhir yang menantang kami adalah uji pengereman untuk membuktikan fungsi fitur ABS. Kami paksa PCX berakselerasi di lintasan lurus sampai menyentuh 60 km/jam, kemudian tarik tuas rem kanan kuat-kuat. ABS bekerja dengan baik, di atas lintasan lembab roda depan tidak sampai mengunci penuh.

Patut diakui, walaupun berukuran besar untuk sebuah skutik Jepang 150cc, All New PCX cukup luwes untuk diajak meliuk di jalanan berliku. Kestabilannya di kecepatan relatif tinggi juga membuatnya lebih meyakinkan untuk dibawa berkendara jarak jauh atau turing.

Dengan harga Rp 27,7 juta (CBS) dan Rp 30,7 juta (ABS) serta fitur yang melimpah, sepertinya tidak perlu pikir dua kali untuk meminang All New PCX bagi konsumen yang sebelumnya memiliki skutik sekelas Vario untuk naik kelas tunggangannya. [dp/Whr]

© 2018 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR

  1. sidiqLexi125vva
    13 February 2018

    Nunggu test ride lexi dulu deh, I baru mutusin ambil pcx atau lexi.. Krn lumayan rentang harga lebih murah 10 juta sdh dapat maxi skutik yg fiturnya ngak kalah komplit dari pcx…sementara akselerasi lexi lebih cepat dari pcx krn PWR lexi terbaik, I soal gesit tentu lexi lebih gesit dari pcx/nmax …yg pasti mrk ngak bisa bawa galon di dek spt lexi, juoss

  2. Gondo
    8 February 2018

    Jika dibandingkan dengan nmax 2018, shocknya dan tarikannya enak mana?