Harga All New Rush Tidak Naik, Toyota: Bukan Karena Xpander

Harga All New Rush Tidak Naik, Toyota: Bukan Karena Xpander

MALANG (DP) – Di awal tahun 2018, All New Toyota Rush sukses langsung menjadi sensasi ketika harga resminya diumumkan dan tidak mengalami kenaikan. Padahal umumnya saat mobil baru diluncurkan, harganya justru semakin tinggi dibandingkan model pendahulunya.

Ada beberapa faktor dan pertimbangan yang menurut PT Toyota Astra Motor (TAM) menjadi latar belakang keputusan ini, seperti disampaikan oleh Fransiscus Soerjopranoto selaku Executive General Manager.

“Seharusnya kan ada beberapa faktor, jadi faktor kenaikan harga itu pasti ada unsur cost yang naik, cost yang naik itu kenapa?” terang Fransiscus, yang akrab disapa Suryo itu.

“Bisa jadi nilai mata uangnya naik, misalnya itu, nilai tukar mata uang naik, kemudian pajak naik, (harga) BBM naik, nah itu merupakan komponen-komponen yang sudah biasa dalam industri otomotif.”

Alasan TAM tidak langsung meluncurkan harga resmi All New Rush saat diperkenalkan pertama kali pada 23 November 2017 adalah karena saat itu TAM sedang mempelajari berapa harga yang pantas. TAM bahkan melakukan studi mendalam ke kalangan konsumen dan komunitas yang selama ini memiliki Rush.

“Nah pada saat kita diskusi dan riset customer salah satunya ke komunitas tersebut, mereka berharap bagaimana kalau Rush itu dikembangkan tapi harganya bisa lebih terjangkau, nah kita coba untuk mengembangkan produk tersebut,” tambahnya di sela rangkaian media test drive All New Rush di Malang, Selasa (9/1).

“Kalau kita melakukan yang namanya pricing itu sudah biasa ataupun improvement itu sudah biasa, pasti itu pengaruhnya ada di cost component, itu salah satu faktor yang menyebabkan kita bisa memberikan lebih.”

Penentuan harga yang cenderung tetap ini diakui Suryo sebagai salah satu bentuk apresiasi Toyota kepada para konsumen dan pecinta Rush di Indonesia.

Bukan Pengaruh Kompetitor
Tidak naiknya harga All New Rush juga cukup banyak yang menganggap bahwa kehadiran sejumlah model baru di rentang harga berdekatan telah memberi tekanan/ancaman. Hal tersebut langsung ditepis Suryo.

Nama yang paling banyak disebut adalah Mitsubishi Xpander, Low MPV yang memiliki desain ala SUV atau crossover. Desain baru Rush maupun Xpander disebut membuat keduanya kini berada di segmen yang sama.

“Kalau kita ngikutin harga kompetitor, kita kan punya spek produk sendiri, kemudian kita punya customer sendiri, nah customer itu yang kita survey,” terang Suryo.

“Kalau kita ngikutin harga kompetitor, kita mau dapatin yang mana, karena kan bukan kompetitor yang beli, customer yang beli.”

Harga All New Rush ditawarkan dengan rentang Rp 239,9-261,3 juta OTR Jakarta, sementara harga Xpander saat ini adalah Rp 192,05-248,350 juta OTR Jabodetabek. Keduanya sama-sama mengusung mesin berkapasitas 1.500cc. [dp/Whr]

© 2018 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR