Perang Low SUV 2018: Glory 580 Tantang All New Rush dan BR-V

Perang Low SUV 2018: Glory 580 Tantang All New Rush dan BR-V

JAKARTA (DP) – Di tahun 2018, segmen SUV murah atau Low SUV di Indonesia akan semakin menarik dengan bertambahnya penantang yakni dengan akan diluncurkannya Sokonindo Glory 580 yang akan menyusul Toyota All New Rush.

Di segmen ini, baik Glory 580 dan Rush akan berhadapan dengan Honda BR-V yang dalam dua tahun belakangan cukup sukses diminati para konsumen di Indonesia. Masing-masing dari ketiganya tentu punya keunggulan tersendiri.

Ketiganya memiliki kemampuan sebagai SUV untuk mengangkut 7 orang penumpang. Berikut kami jabarkan perbandingan data antara Glory 580, All New Rush dan BR-V dengan acuan varian tertinggi dari masing-masing model.

Dimensi

Jika membandingkan dimensi, Glory 580 paling unggul dari dua calon rivalnya. Untuk dimensi panjang, lebar dan tinggi Glory 580 tercatat 4.680 x 1.845 x 1.715 mm, dengan wheelbase 2.780 mm, namun belum diketahui berapa tinggi ground clearance.

Sementara All New Rush memiliki kombinasi dimensi 4.435 x 1.695 x 1.705 mm, berikut wheelbase 2.685 mm dan ground clearance 220 mm. Untuk BR-V, dimensi yang dimiliki 4.456 x 1.735 x 1.666 mm, dengan wheelbase 2.662 mm dan ground clearance 201 mm.

Dari data ini, dimensi Glory 580 akan menawarkan kelegaan ruang kabin paling baik dibandingkan Rush dan BR-V.

Mesin

Ketiga SUV 7-seater ini sama-sama mengandalkan mesin empat silinder 1.500 cc, namun Glory 580 bisa dibilang satu kelas lebih tinggi karena mesin sudah dibekali induksi turbocharger. Sehingga SUV pertama Sokonindo di Indonesia nantinya itu akan bertenaga 147 hp dan torsi 220 Nm, menggunakan transmisi – CVT.

Mesin All New Rush mengadopsi dari Avanza model terakhir, sudah berteknologi Dual VVTi dengan paduan 102 hp dan 136 Nm. Sayangnya transmisi otomatis Rush masih mengandalkan otomatis 4-speed, yang juga dibawa dari Avanza.

BR-V sedikit unggul dari Rush dengan mesin berteknologi i-VTEC menyimpan 118 hp dan 145 Nm. Seperti Glory 580, BR-V sudah menggunakan transmisi-CVT.

Eksterior

Lampu utama Glory 508, Rush dan BR-V sudah menggunakan jenis LED seluruhnya, namun untuk Rush meski telah mengalami transformasi drastis belum menggunakan teknologi proyektor seperti dua pesaingnya. Jika Glory 580 sudah termasuk LED DRL, dua jagoan asal Jepang baru menggunakan LED Guide Lamp.

Kemudian velg, Glory 580 dan Rush menggunakan velg 17 inci sementara BR-V masih berdiameter 16 inci. Pendatang baru dari China kembali unggul karena di balik keempat velg sudah terpasang rem cakram, sementara Rush dan BR-V masih model tromol.

Masih soal eksterior, Glory 580 menawarkan empat pilihan warna bodi, sedangkan Rush dan BR-V punya opsi lebih banyak, yakni sama-sama punya enam opsi warna.

Interior

Lagi-lagi Glory 580 unggul karena interiornya sudah didomonasi dengan lapisan bahan kulit baik dari seluruh jok, panel soft touch di dashboard, setir dan pintu. Tidak hanya itu, beberapa bagian interior juga mengadopsi ornament berwaran piano black.

Sementara Rush dan BR-V, masih kompak mengadopsi bahan kain untuk joknya yang dominan berwarna hitam. Penal soft touch berlapis kulit sudah hadir di Rush terbaru, sementara meski dashboard BR-V seragam dengan model lain, belum ada sentuhan kulit atau soft touch.

Ketiga model sudah dibekali AC double blower untuk kemyamanan penumpang belakang, namun khusus untuk Glory 580 pengaturannya belum menggunakan model digital seperti Rush dan BR-V. Namun Glory 580 membalas dengan sudah menerapkan tombol rem parkir elektrik, tidak seperti Rush dan BR-V yang masih model tuas.

Informasi dan Hiburan

Sistem infotainment untuk ketiga mobil kali ini bisa dibiling cukup seimbang, namun masing-masing punya ukuran layar head unit yang berbeda. Layar sentuh Glory 580 berukuran paling besar yakni 8 inci, diikuti Rush dengan 7 inci dan BR-V 6,1 inci.

Masing-masing sudah mendukung koneksi Bluetooth, USB, smartphone, serta terhubung dengan kamera parkir di bagian belakang.

Lagi-lagi Glory 580 unggul di sektor ini, karena menjadi satu-satunya model yang telah dibekali layanan navigasi GPS di dalam head unit. Begitu juga dengan fitur Vehicle Running Recorder atau dashcam yang pertama tersedia untuk pasar Indonesia nantinya.

Fitur

Multi Information Display (MID) sudah terpasang sebagai standar di ketiga SUV ini, untuk memberikan berbagai informasi kepada pengemudi. Masing-masing memiliki desain dan perbedaan pilihan informasi yang bisa ditampilkan.

Lalu baik Glory 580 dan Rush sudah dibekali keyless entry untuk memanfaatkan fitur Start-Stop Button, sementara BR-V yang memasuki tahun ketiganya di pasar masih menggunakan kunci model biasa.

Sisi keselamatan Rush paling unggul karena sudah dibekali enam buat airbag, sementara Glory 580 empat buah dan BR-V hanya dua buah. Rush dan BR-V juga unggul untuk karakter SUV, karena sudah mendapat Hill-Start Assist yang tidak didapat dari Glory 580.

Kembali, sisi keselamatan Rush dan BR-V unggul dengan adanya kontrol stabilitas (Vehicle Stability Assist/Control) yang tidak dimiliki Glory 580.

Harga

Untuk saat ini hanya BR-V yang memiliki harga resmi di pasar Indonesia, yakni dengan banderol OTR Jakarta Rp 233 juta sampai Rp 268 juta. Sementara Rush baru akan rilis harga tahun depan dan Glory 580 sendiri belum diluncurkan ke pasar sampai setidaknya Februari 2018.

Namun pihak Toyota mengatakan saat peluncuran bahwa harga Rush akan alami kenaikan sekitar Rp 3 juta dari model sebelumnya, kira-kira Rp 242,9 juta sampai Rp 270,850 juta. Sedangkan Glory 580 ditargetkan akan dibanderol Rp 300 juta sampai Rp 350 juta saat diluncurkan.

Jadi bila melihat perbandingan harga, bisa dibilang Glory 580 sudah satu kelas di atas Rush dan BR-V. [dp/Whr]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR

  1. kang andi
    17 December 2017

    yg murah aja kurang laku apalagi yg muahal wkwkwk

  2. negarakayasayamiskin
    5 December 2017

    Dibanding ngambil Glory 350jt, kalo ngambil Rush 250jt, masih “sisa” budget 100jt…. Wah bisa beli upgrade apa tuh 100jt? Velg gede, ban tipis, turbo, ganti suspensi, layar di tiap kursi, dashcam, ganti jok??? hehehe…