Toyota Tidak akan Produksi Mesin Bakar Lagi!

Toyota Tidak akan Produksi Mesin Bakar Lagi!

TOKYO (DP) – Mesin bakar alias Internal Combustion Engine (ICE) diprediksikan pakar permesinan Toyota akan mati pada tahun 2050. Sementara peralihannya akan berlangsung tahun 2040 berupa 10%nya hanya hybrid.

Hal tersebut diungkapkan Sigo Kuzumaki, Head of Advanced R&D and Engineering Toyota bahwa melihat semakin ketatnya regulasi guna menekan emisi.

Hal tersebut membuat banyak manufaktur berlomba mengembangkan mobil listrik dan tentunya berdampak pada penjualan mobil bermesin bakar.

“Kami memperkirakan tahun 2050 akan menekan CO2 dari kendaraan hingga 90% berbanding tahun 2010,” ujar Kizumaki. “Menyanggupi hal tersebut pada tahun 2040 secara langsung menghentikan produksi ICE, tapi akan tetap menjadi basis beberapa mobil hybrid atau plug-in hybrid.”

Pernyataan tersebut juga dikuatkan oleh peraturan pemerintah di Inggris  bahwa tahun 2040 penjualan mobil ICE sudah tidak diperkenankan. Kecuali kendaraan hybrid baru masih dimungkinkan.

Saat ini secara global, persaingan kendaraan listrik terus berlangsung. Saat ini Nissan Leaf cukup signifikan menjual 50.000 unit setahun, sedangkan Toyota melalui Prius menguasai 43% penjualan secara global dan total sejak diperkenalkan Prius sudah 11 juta unit lebih terjual.

Toyota saat ini memang terus melakukan pengembangan terhadap baterai yang kecil, aman dan performa kuat. Diyakini untuk tahun 2020 Toyota sudah menyiapkan kendaraan dengan jarak tempuh hingga 480 km. [dp/Kch]
Sumber : autocar.uk

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR