Close [X]

Kenapa Mobil Presiden Indonesia Tidak Pakai BMW?

Kenapa Mobil Presiden Indonesia Tidak Pakai BMW?

JAKARTA (DP) – Mobil keluaran BMW sudah dipercaya untuk dipakai oleh lebih dari 40 kedutaan besar dan organisasi internasional di Indonesia, tapi sampai saat ini belum pernah dipakai menjadi mobil Presiden Republik Indonesia. Namun bukan berarti BMW tidak berusaha untuk mewujudkan hal tersebut.

Jodie O’tania, Vice President Corporate Communication BMW Group Indonesia mengatakan, pihaknya sudah mencoba melakukan pendekatan agar sedan Seri 7 menjadi kendaraan yang ditumpangi oleh Presiden RI. Selama ini presiden di Indonesia memakai Mercedes-Benz S-Class.

“Prosesnya ada di Kementerian Luar Negeri dan Setneg (Sekretariat Negara Repulik Indonesia), kita sudah masukan proposal, artinya sudah dilakukan. Proses pitching pada periode tertentu, dan dari kita sudah memberikan penawaran,” terang Jodie saat jumpa pers di Jakarta, Selasa (10/10).

“Pasti itu dikembalikan lagi kepada pemerintah Indonesia, yang bisa kita lakukan adalah menginformasikan fitur apa yang ada di kendaraan BMW dan penawaran sudah diberikan.”

Perihal model yang ditawarkan, BMW memiliki Seri 7 dengan varian Security dan Security Plus. Pada varian ini, BMW memberikan spesifikasi khusus yang membuat mobil aman dari potensi ancaman dan serangan terhadap penumpang eksekutif di dalamnya.

Lapisan bodi dan setiap kacanya yang lebih tebal mampu menahan serangan peluru dan peledak, dengan tingkat keamanan hingga standar VR9. Namun jika dilihat secara langsung, BMW jenis tersebut tidak bisa dibedakan dengan varian biasa, seperti tersedia untuk model X5 juga.

“Kalau dilihat dari eksterior sama seperti X5 kebanyakan tapi bahan yang digunakan untuk melindungi passenger itu akan menjamin keamanan dari pengemudi dan penumpangnya. Jadi di bagian luar lapisannya, itu bisa melindungi bahkan untuk Security Plus itu dari senjata AK 47,” tambah Jodie.

“Dari segi ban sudah dispesifikasi dan disesuaikan dengan spesifikasi Security Plus dan juga untuk fuel tank bisa menutup sendiri dan juga ada alat komunikasi dalam kendaraan yang memungkinkan penumpang dan pengemudi berkomunikasi tanpa dia harus keluar dari kendaraannya. Jadi memang fiturnya sangat lengkap utk menjamin keamanan pengemudi.” [dp/Whr]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR