Asyik! Bayar Pajak Tahunan Kendaraan Bisa di Rumah Saja

Asyik! Bayar Pajak Tahunan Kendaraan Bisa di Rumah Saja

JAKARTA (DP) — Kepolisian Republik Indonesia akan segera menerapkan layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor berbasis online melalui aplikasi e-Samsat. Langkah ini untuk semakin memudahkan pengendara dalam mengurus perpanjangan surat-surat kendaraan.

Dengan adanya e-Samsat, pemilik kendaraan bermotor tidak perlu lagi antri di kantor Samsat. Layanan e-Samsat sebagai langkah kepolisian dalam menerapkan sistem administrasi manunggal satu atap secara online.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Halim Pagarra, mengatakan bahwa aplikasi e-Samsat untuk wilayah Jakarta baru akan diluncurkan pada Oktober mendatang.

“Untuk Jakarta baru mau diluncurkan Oktober nanti. Jadi kalau sudah diluncurkan bisa diunduh (download) melalui hanphone berbasis Android, namanya Samsat Online Nasional. Tapi perlu diingat, ini hanya bisa digunakan untuk pembayaran pajak bermotor tahunan saja,” kata Halim, Selasa (12/9).

Dengan adanya e-Samsat, cara pembayarannya mudah, bisa melalui bank yang sudah ditunjuk atau melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM), dan atau mobil banking.

Adapun cara pembayaran pajak melalui e-Samsat cukup mudah, pemilik kendaraan terlebih dahulu mendownload aplikasi Samsat Online Nasional, kemudian registrasi dengan mengisi data Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Setelah berhasil registrasi, nanti akan mendapatkan konfirmasi kode pembayaran dan jumlah wajib pajak kendaraan yang harus dibayar, lalu wajib pajak bisa membayarkan melalui ATM atau bank.

Setelah melalukan pembayaran melalui ATM atau bank, simpan bukti pembayaran tersebut bawa bukti pembayaran ke kantor Samsat untuk kemudian ditukar dengan surat penerbitan atau pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). [dp/Ric]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR

  1. Agung Bagus
    13 September 2017

    Setelah bayar harusnya kita dapat no resi (seperti waktu kita beli tiket kereta), trus kita bs cetak STNK di mesin yg ada di samsat (sewaktu – waktu / 24 jam)… klu sdh gini kita ndk perlu antri lagi, semoga terwujud……

  2. Peter Keagan
    13 September 2017

    Seharusnya setelah pembayaran diterima surat penerbitan atau pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dikirim via POS ke alamat masing2.

    Itu baru benar2 berbasis online, memudahkan wajib pajak dan mengurangi percaloan.

  3. John Nopol
    13 September 2017

    Kalau sudah dapat resi dari atm kemudian ke samsat untuk tukar surat penerbitan. Lha di situ pasti antri lagi seperti ketika langsung ke samsat. Trus buat apa kalau masih antri antrian…