Pirelli Delaminasi, Raikkonen Tak Ingin Seperti Vettel

Pirelli Delaminasi, Raikkonen Tak Ingin Seperti Vettel

SILVERSTONE (DP) – Menurut Kimi Raikkonen, nasibnya pada balapan F1 Inggris 2017 campur-aduk dengan terjadinya kerusakan ban jelang finis. Dirinya mengaku masih cukup beruntung dengan kejadian tersebut.

Ban depan kanan mobilnya tiba-tiba bermasalah dan memaksanya mengurangi kecepatan dan disalip oleh Valtteri Bottas, pada tiga lap jelang finis. Kejadian hampir serupa juga dialami oleh Sebastian Vettel rekan setimnya yang sempat menyalipnya.

Merasa beruntung Raikkonen menganggap posisi podium bisa saja hilang direbut Vettel dan Max Verstappen di belakangnya, namun keduanya juga harus melakukan pitstop bersamaan pada lap berikutnya.

“Saya sangat tidak beruntung, tapi kemudian beruntung tapi saya tidak mau melihat hal sama terjadi kepada Seb satu lap kemudian. Saya rasa hal sama terjadi padanya, tapi saya tidak tahu, saya benar-benar tidak tahu apa yang terjadi.”

“Kami bisa saja finis kedua hari ini tapi kami tidak punya kecepatan di awal balapan jadi pastinya ada yang perlu dikerjakan. Kami start lumayan bagus tapi begitu kami tertinggal tidak ada kesempatan untuk mengejar kembali,” kata pebalap Ferrari bernomor 7 yang sempat bukukan waktu tercepat 1:31,903 detik menggunakan kompon soft.

Ban Pirelli kompon soft yang dipakai Raikkonen saat stint kedua mengalami delaminasi lapisan terluar, yang menghasilkan getaran dan berpotensi merusak suspensi dan sayap depan. Raikkonen langsung melambat menuju pit untuk memastikan tidak ada kerusakan dialami mobilnya.

“Semuanya berlangsung lancar kurang lebih dan di akhir jaraknya aman bagi kami tapi kemudian tiba-tiba dua lap jelang finis saya tidak tahu apa yang terjadi. Tepat sebelum tikungan 6, di lintasan lurus pertama, ban depan kiri… tidak pecah tapi karetnya seperti lepas mendadak di tengah lintasan lurus. Saya merasa tidak melindas apa-apa, semua terasa normal sebelumnya,” jelas Raikkonen yang mengeksekusi menggunakan supersoft. [dp/Whr]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR