Agar Tak Diseruduk Bus Saat Mogok, Ini Tahapan Tepatnya!

Agar Tak Diseruduk Bus Saat Mogok, Ini Tahapan Tepatnya!

BANDUNG (DP) – Insiden di jalan raya yang terjadi sepajang tahun ini memang cukup membuat miris, apalagi kecelakaan yang terjadi Minggu dini hari pekan lalu di KM 91, Tol Purbaleunyi arah Bandung. Di saat memberikan pertolongan mendorong mobil Toyota Avanza yang mogok di jalur cepat, nyawa menjadi taruhan tersambar bus Budiman.

Tabrakan belakang akibat kurangnya antisipasi supir bus Budiman melihat situasi Avanza yang tengah didorong. Mobil ikut terseret dan menyebabkan percikan sehingga menyulut ceceran bensin sehingga membakar bus dan mobil penumpang tersebut. Kejadian ini mengakibatkan dua orang korban meninggal dunia di tempat.

Satu orang merupakan supir Colt Diesel yang memarkir kendaraannya di bahu jalan untuk membantu kendaraan Avanza. Sedangkan satu orang lainnya merupakan salah satu penumpang kendaraan Avanza.

“Mengacu kepada kecelakaan yang terjadi antara bus Budiman dan Toyota Avanza memang harus melalui investigasi, tetapi kembali kejadian ini seharusnya bisa diminimalisir,” tegas Fx Sony Susmana Chief Trainer Safety Defensive Consultant Indonesia di Jakarta, Senin (17/07).

“Ada yang perlu diperhatikan agar terhindar dari kecelakaan,” Sony menegaskan kembali pahami di jalan tol khususnya Indonesia, “Pengemudi sering menggunakan bahu jalan untuk mendahului. Selain itu banyak pengemudi jalan yang fatique /kelelahan memaksa mengemudi, agresif, tidak fokus, over speed, bahkan belum kompeten dan lain-lain.”

Sony menyarankan, apabila ingin melakukan pertolongan di jalan tol amankan dulu areanya, pasang threeangle 25 meter di belakang mobil dan nyalakan hazard lamp. Sehingga kendaraan lain bisa mengatisipasi ada kendaraan alami mogok.

“Perlu adanya marshal atau orang di belakang mobil sebagai pengarah arus kendaraan. Hal terpenting tunggu petugas jalan tol, sekalipun kita bisa melakukannya, karena kendaraan petugas dilengkapi rotator, reflector dan lain-lain (mudah terlihat).

Hal penting lainnya menurut Sony adalah pastikan semua penumpang keluar dari dalam mobil, menjauh ke arah belakang. Pihak jalan tol pastinya memantau secara terus menerus melalui CCTV bila ada kendaraan bermasalah, sehingga bisa segera mengirimkan bantuan. [dp/Res]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR