Test Drive: Kia Rio 2012 MT

/ 30 November 2011

BOGOR (DP) — Kia Rio 2012 menjadi salah satu varian baru yang dihadirkan oleh PT Kia Mobil Indonesia (KMI) pada tahun ini selain New Sportage dan New Picanto pada akhir Oktober lalu.

Kehadiran New Kia Rio menjadi semangat baru bagi KMI untuk bertarung pada area panas hatchback. Pada pasar ini telah terisi Honda Jazz, Toyota Yaris, Mazda2, Hyundai i20 serta Ford Fiesta.

Generasi ketiga Rio atau Pride untuk nama di Tanah Air pada generasi sebelumnya mengusung lompatan desain dan teknologi yang lebih atraktif dan modern. KMI mengundang para jurnalis untuk merasakan langsung Rio anyar yang telah diracik di Tanah Air (CKD), dari Jakarta ke Bogor (28-29/11).

“Kami pantas berbangga, Indonesia adalah negara pertama di Asia selain Korea Selatan yang diberi kesempatan memperkenalkan dan meniagakan New Kia Rio,” bangga Harry Yanto, Dealer Development & Marketing Support Manager KMI.

Revolusi Desain
Hatchback yang mengalami revolusi desain ini memiliki panjang dan lebar lebih besar dari pendahulunya. Generasi ke-4 Rio memiliki panjang 4045 mm (lebih panjang 20 mm) dan lebar 1720 mm (25 mm). Sedangkan ketinggiannya menciut menjadi 1455 mm dari 1470 mm.

Lekuk garis bodi lebih tegas dari depan hingga belakang tubuhnya seolah menyatu atapnya dibuat lebih landai untuk mendapatkan lesan sporty.  City car ini hasil desain dari Massimo Freseli, Kia Design America. Fascia depan terlihat atraktif sedangkan pada buritan terlihat dinamis.

Desainnya jauh lebih menarik dan seksi dari model sebelumnya. ‘Tiger Nose’ yang menjadi ciri khas mobil-mobil Kia masa kini dapat kita lihat di bagian grille. Overhang depan dibikin lebih pendek 25 mm untuk mendapatkan aura sportif. Sedangkan koefisien hambatan aerodinamika turun menjadi 0,33.

Sistem audio Rio 2012 menyediakan fasilitas pemutar CD/MP3, radio, koneksi Aux, iPod, Bluetooth, USB. Empat speaker berada di dalam kabin untuk mengeluarkan suara merdu penyanyi kesayangan Anda.

Selain eksteriornya berevolusi, bagian interior pun ikut berubah menjadi lebih modern, sedap dipandang dan berkualitas. Kabin Rio 2012 lebih senyap dari pendahulunya. mesinnya cukup halus, suara intrusi ban juga minim.

Performa dan Akselerasi
Kia menjejali Rio 2012 dengan mesin Gamma 1,4 liter, 4-silinder, bertenaga 107 ps pada 6300 rpm dan torsi 135 Nm pada 4200 rpm. Anda bisa memilih Rio 2012 dalam transmisi otomatis 4-speed atau manul 6-speed – pertama di kelasnya.

Selama perjalanan, Dapurpacu.com menjajal versi manual yang dibanderol Rp 159,9 juta. Memainkan tuas transimisi sangat menyenangkan, mudah dikendalikan dan dioperasikan. Sedikit mengganjal adalah akselerasi awalnya yang kurang agresif. Ketika berada di mesin putaran menengah agresifitasnya mulai terasa.

Pengendaraan Anda dijamin ‘hijau’ karena dibekali ECO mode di mobil bertransmisi manual – akan menceritakan gaya mengemudi Anda apakah boros atau tidak. Lampu ECO di dashboard akan menyala jika Anda berkendara dengan ekonomis.

Harga dan Kesimpulan
Kia Mobil Indonesia menjamin konsumsi bensin Kia Rio 2012 antara 14-18 km/liter. Emisi CO2 125-167 gr/km.  Untuk transmisi otomatis dengan harga Rp 173,9 juta. Sementara versi transmisi manual lebih murah Rp 14 juta. Harga ini sangat kompetitif dibanding dengan para kompetitornya yang memiliki harga lebih mahal.

Bermodal desain yang atraktif dan menarik menjadi kunci utama keseksesan Rio di Indonesia selain harga yang lebih murah. Pada segmen hatchback kompetisinya sangat ketat.

Bersaing dengan rajanya segmen ini seperti Honda Jazz dan Toyota Yaris, mungkin sulit. Namun bertarung dengan Mazda2, Ford Fiesta atau Hyundai i20 bisa lebih unggul.

Hanya saja KMI harus mampu meyakinkan para konsumennya terhadap revisi-revisi yang telah dilakukan Kia. Citra Kia masih dirasa kurang di Tanah Air. Pembenahan yang dilakukan sekarang harus dijawab KMI dengan pelayanan yang semakin baik. [dp/Wyu]

© 2014, Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com. All rights reserved.

13 Komentar


Click to Insert Smiley

SmileBig SmileGrinLaughFrownBig FrownCryNeutralWinkKissRazzChicCoolAngryReally AngryConfusedQuestionThinkingPainShockYesNoLOLSillyBeautyLashesCuteShyBlushKissedIn LoveDroolGiggleSnickerHeh!SmirkWiltWeepIDKStruggleSide FrownDazedHypnotizedSweatEek!Roll EyesSarcasmDisdainSmugMoney MouthFoot in MouthShut MouthQuietShameBeat UpMeanEvil GrinGrit TeethShoutPissed OffReally PissedMad RazzDrunken RazzSickYawnSleepyDanceClapJumpHandshakeHigh FiveHug LeftHug RightKiss BlowKissingByeGo AwayCall MeOn the PhoneSecretMeetingWavingStopTime OutTalk to the HandLoserLyingDOH!Fingers CrossedWaitingSuspenseTremblePrayWorshipStarvingEatVictoryCurseAlienAngelClownCowboyCyclopsDevilDoctorFemale FighterMale FighterMohawkMusicNerdPartyPirateSkywalkerSnowmanSoldierVampireZombie KillerGhostSkeletonBunnyCatCat 2ChickChickenChicken 2CowCow 2DogDog 2DuckGoatHippoKoalaLionMonkeyMonkey 2MousePandaPigPig 2SheepSheep 2ReindeerSnailTigerTurtleBeerDrinkLiquorCoffeeCakePizzaWatermelonBowlPlateCanFemaleMaleHeartBroken HeartRoseDead RosePeaceYin YangUS FlagMoonStarSunCloudyRainThunderUmbrellaRainbowMusic NoteAirplaneCarIslandAnnouncebrbMailCellPhoneCameraFilmTVClockLampSearchCoinsComputerConsolePresentSoccerCloverPumpkinBombHammerKnifeHandcuffsPillPoopCigarette
  1. Mbl ini sangat nyaman dan fiturnya pun tergolong lengkap dibanding kompetitornya yg lbh mahal. Tp sayangnya,konsumsi bensin koq gak tembus 1lt : 9km?? Rata2 hanya 1lt : 7-8km utk kondisi jalanan kombinasi dlm kota jakarta. Saya pakai sejak juni 2012. Terasa sekali borosnya jika dibandingkan dgn h*nda j*zz yg sama2 bertransmisi matic dan bahkan berkapasitas cc lbh besar. Pernah mengeluhkan ke bengkel Kia resmi di jl. Garuda saat service rutin 10rb kilo, di-reset ulang, tp mesin malah ndut2an. Lalu dicoba utk ganti coil + busi dr unit test drive mereka. Keluhan berkurang,namun tetap tidak sempurna. Akhirny disarankan lg utk “menginapkan” kendaraan di bengkel utk investigasi lbh lanjut (pdhal saat itu saya hanya mengeluhkan soal borosnya bahan bakar)Singkatnya,mbl saya bawa ke bengkel non resmi, lalu di-stel kerenggangan businya saja dan settingan Ecu dikembalikam sesuai bawaan pabrik. Keluhan ndut2an lsg hilang,namun konsumsi bahan bakar tetap boros. Mohon petunjuk dr tim mekanik Kia atau sobat2 yg sama2 menggunakan Kia Rio sbg kendaraan sehari2. Terimakasih. Bravo Kia!!

  2. Arie gong-gong

    Untuk informasi pemesanan Kia Rio daerah Sulawesi tenggara Hub 085298596787…(Harry)sales eksekutif Kalla Kia Kendari….nampang promosi……..higihihi Teeth

  3. Design dan kenyamanan ok banget , satu hal yang disayangkan adalah tenaganya pada putaran bawah , akan lebih baik lagi seandainya KMI memasarkan yang 1.6 ,sehingga mampu bersaing dengan Produk Jepang

  4. syahrul kia jakarta

    Numpang iklan gan,, K̶̲̥̅̊Ŀσ M̶̲̥̅̊ƌ̲̣̣̣̥α̩̩̩̩̥ά̲̣̥u beli kia atw cuma skedar info dan liat wujud atw test drive, ϐįśª dateng langsung kξ showroom. KIA TEBET Jakarta Selatan. Telp. 02192451986 (Syahrul KIA). °·♥·♡τнäиκчöü♥·♡·°

  5. ricki firmansyah

    W udh beli KIA Rio emang enak di pakeya dan elegan,tapi buat marketing kiao rio hususya di cirebon kurang memuaskan pa lagi ma asuransi jasa taniaya, bikin kecewa saya

  6. gw pengen beli,tapi supensinya enak ga? ada yg bisa ksh tw?

  7. Enter your name...

    Dimana dapat saya beli lampu depan yang memakai led….dan aksesoris tambahan lainnya?

  8. anang

    Semua tentang all new kia rio OK, tapi hanya satu yang sampai saat ini kurang pas, akselerasi kurang yang disertai bunyi “nglitik” saat gas di injak.
    apakah ada solusi atau saran untuk mengatasi hal yang satu ini ???
    Trims

  9. try sunarto

    mobil bagus gagah cowok bangetlaaaaaah

  10. mobil yg bagus! cuma sangat disayangkan krn kia indonesia menghilangkan beberapa fitur yg saya kira bisa membuat kia rio tampil lebih bagus lagi seperti halnya kia rio di eropa, misalnya lampu depan utama model proyektor, panoramic sunroof, & kalau tidak salah kia rio eropa bisa dihidupkan tanpa mengunakan kunci kontak ( alias ada tombol ” start engine”, kalau fitur2 tersebut tetap diaplikasikan di kia rio indonesia, harusnya bisa lebih bagus & otomatis akan lebih mengundang perhatian konsumen di indonesia utk melirik kia rio! Grin

  11. Yudielainotho

    Cara mengaktifkan ECo Drivenya gmana yah??koq di settingannya tidak ada ??ada yg tau nga??

  12. saya merasakan interior mobil ini cukup bagus / bahkan lebih. untuk harga 160.jt an, perpaduan design body mobil dan lampu depan maupun belakang sangat pass. kesan sporty nya sangat nampak. tapi ada satu yg kurang pas, tenaga / akselerasi mobil ini pada mobil ini terasa lamban. tetapi kekurangan yg satu ini tidak ada artinya dengan beberapa kelebihan.2 yg ada pada mobil ini, …… bravo,. R I O

  13. Name...Tyo

    Mas wartawan, mau tanya, ini bener2 tes drive atau cuma jiplak dari brosur sales Kia??