Test Drive: Geely Panda LC Cross 2012

/ 27 October 2011

BANDUNG (DP) — Untuk terus menunjukkan eksistensinya di Indonesia, Geely memperkenalkan Geely Panda LC Cross 2012 di IIMS 2011 lalu.

Kami, para jurnalis, mendapat kesempatan mencicipi mobil kecil ini dari Jakarta-Lembang-Jakarta pada 25-26 Oktober 2011.

Tidak kurang 10 unit Crossover LC Cross tipe GL bertransmisi manual (MT) disediakan untuk dinikmati 20-an media. Geely Mobil Indonesia (GMI) mengimpornya dari China.

LC Cross 2012 diperkenalkan pertama kali di Indonesia International Motor Show 2011 silam. “Varian baru ini untuk menunjukkan komitmen eksistensi Geely di Tanah Air dan melengkapi varian-varian yang telah ada seperti sedan MK, hatchback MK II serta Panda. Hadirnya LC Cross berkonsep crossover menambah keyakinan kami untuk bertarung sengitnya industri mobil di Indonesia,” yakin Budi Pramono, Presiden Direktur GMI.

Desain dan Dimensi
Geely Panda LC Cross berparas cukup modern dan stylish. Pada fascia depan tampak sportif dengan bumper enak dipandang mata. Menariknya, headlamp dan fog lamp dilengkapi dengan pengatur ketinggian secara elektrik layaknya mobil-mobil masa kini.

Sayangya, pada bagian buritan, mobil ini masih menggendong ban cadangan — bagi sebagian pengemudi agak menyulitkan ketika parkir mundur. ‘Penempatan ban cadangan di bagian pintu belakang untuk menunjukkan aura macho,” kilah Budi Pramono

Jika menengok bagian kabinnya, cukup berkelas dengan material yang tidak mengesankan murahan. Desain dashboard, meskipun  terlihat minimalis, diberi ornamen kevlar pada konsol model bulat di tengah, yang dikawinkan kelir silver pada setir dan pintu.

Kursi model bucket berkelir dual-tone terasa empuk dan nyaman. Kemudi model 4-lubang memberi corak elegan, diimbuhi tilt steering. Audio model double-din menambah kesan modern.

Dimensinya tidak berbeda dengan Geely Panda yang bermain di kelas city-car. Memiliki panjang 3.815 mm, lebar 1.648 mm serta tinggi 1.530 mm dengan wheelbase 2.340 mm. Sedangkan ground clearance sengaja dibuat lebih tinggi menjadi 160 mm supaya dapat melibas jalanan light off-road.

Velg alloy model 5-spoke dengan roof-rail di atap mampu membuat penampilannya menjadi lebih gagah dan macho.

Handling dan Performa
Di balik penutup mesin depan terpasang mesin 4-silinder 1.342 cc yang mampu meledakkan tenaga 84 hp pada 6.000 rpm serta torsi maksimumnya 110 Nm pada 5.200 rpm.

Mesin ini memiliki suara yang cukup halus dan lembut. Hanya saja terasa kurang agresif pada putaran awal. Tenaganya baru ‘keluar’ ketika jarum RPM menunjuk angka di atas 3.500 rpm. Tenaganya juga terasa cepat hilang ketika menggunakan gigi-5. Ketika melintas di jalanan mendaki harus pandai memainkan transmisi untuk tetap menjaga powernya tetap ada.

Beruntung kekurangan tersebut tidak terjadi pada perpindahan tuas transmisi. Memainkan tuas gear ini lembut dan mudah digerakkan. Ini merupakan kemajuan, hanya saja pada mesin, Geely masih harus mengoptimalkan development-nya.

Yang membuat agak terkejut adalah pada ride dan handling. Awalnya, saya menyangka tidak mendapat kebaikan-kebaikan baik. Ternyata perkiraan saya salah, handling-nya cukup mantap. Melibas tikungan dan jalanan mendaki antara Bandung-Lembang-Subang dengan mudah. Yang sedikit mengganjal adalah lemparan suspensi yang masih keras.

Harga dan Fitur
LC Cross GL varian GL dijual dengan harga Rp 120 juta (OTR-Jakarta) yang hanya tersedia dengan transmisi manual. Namun sudah dibekali  fitur keselamatan yang cukup lengkap.

Tersedia dual airbag di depan serta rem ABS/EBD. Ini tentunya memberi kelebihan tersendiri plus harga yang menggoda.

Bahkan LC Cross mendapat 5-bintang crash-test versi C-NCAP (China) berkat teknologi GTSM (Geely Total Safety Control System). Struktur baja ketebalan bodi mengadopsi mobil-mobil racikan Eropa yakni 0,9 mm sehingga lebih kuat.

Kesimpulan
Tawaran harga yang ekonomis tentunya menjadi kelebihan dari LC Cross. Namun, para konsumen di Tanah Air pasti akan bertanya perihal jaminan kualitas serta after sales service produk mobil asal China. Hal tersebut yang harus bisa dijawab dengan baik oleh GMI.

Tawaran desain yang cukup menawan disertai handling cukup baik menjadi kelebihan lain. Performa mesin yang kurang memuaskan menjadi tantangan bagi Geely untuk terus melakukan penyempurnaan agar bisa terus bersaing dengan produk-produk dari Korea, bahkan Jepang. [dp/Wyu]

© 2014, Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com. All rights reserved.

12 Komentar


Click to Insert Smiley

SmileBig SmileGrinLaughFrownBig FrownCryNeutralWinkKissRazzChicCoolAngryReally AngryConfusedQuestionThinkingPainShockYesNoLOLSillyBeautyLashesCuteShyBlushKissedIn LoveDroolGiggleSnickerHeh!SmirkWiltWeepIDKStruggleSide FrownDazedHypnotizedSweatEek!Roll EyesSarcasmDisdainSmugMoney MouthFoot in MouthShut MouthQuietShameBeat UpMeanEvil GrinGrit TeethShoutPissed OffReally PissedMad RazzDrunken RazzSickYawnSleepyDanceClapJumpHandshakeHigh FiveHug LeftHug RightKiss BlowKissingByeGo AwayCall MeOn the PhoneSecretMeetingWavingStopTime OutTalk to the HandLoserLyingDOH!Fingers CrossedWaitingSuspenseTremblePrayWorshipStarvingEatVictoryCurseAlienAngelClownCowboyCyclopsDevilDoctorFemale FighterMale FighterMohawkMusicNerdPartyPirateSkywalkerSnowmanSoldierVampireZombie KillerGhostSkeletonBunnyCatCat 2ChickChickenChicken 2CowCow 2DogDog 2DuckGoatHippoKoalaLionMonkeyMonkey 2MousePandaPigPig 2SheepSheep 2ReindeerSnailTigerTurtleBeerDrinkLiquorCoffeeCakePizzaWatermelonBowlPlateCanFemaleMaleHeartBroken HeartRoseDead RosePeaceYin YangUS FlagMoonStarSunCloudyRainThunderUmbrellaRainbowMusic NoteAirplaneCarIslandAnnouncebrbMailCellPhoneCameraFilmTVClockLampSearchCoinsComputerConsolePresentSoccerCloverPumpkinBombHammerKnifeHandcuffsPillPoopCigarette
  1. abun martono

    Saya tertarik dngn harga serta speknya Smile …tp saya ragu dngan service centernya terutama di yogyakarta, ada gak ya dealer resminya ?

  2. Bagaimana instrumem electricnya kalau ruzak bisa di kawinkan dengan merek lain:. Tidak ? Giggle

  3. sy menggunakan geely lc cross sudah setahun…mesin oke,tarikan oke..iritnya jga oke.
    Fitur keselamatan oke..cocoklah utk berkendara dalam kota,..mobil hatchback yg macho:

  4. saya sudah 1,5 tahun mengendarai geely lc cross,bodi keren,mesin oke(garansi 5 tahun),dibanding mobil sebelumx..lc cross lebih irit dan nyaman untuk kendaraan dalam kota…dikaltim sudah banyak pemakai mobil geely.

  5. Sy pengguna Geely LC Cross.
    So far, mobil sy berjalan dengan mulus. Bensin lumayan irit, tarikan jg oke..

  6. gue mau beli, tp masih ragu2 dengan kualitasnya jangan2 seperti mobil cina yg lainnya. buat yg sudah punya dan mengoperasikan, sharing dong pengalamannya…

  7. gwaskito

    @Ade: PT Siantar Inter Auto, Jl Raya Arjuna 152D Sby, info dari web http://www.geely.co.id

  8. apa ada dealer geely di Surabaya?

  9. bintang 5 NCAP dan segudang fitur safety? menarik juga ilmu turunan volvo diterapkan di mobil murah.
    buat Geely, lebih agresip lagi dong promonya!!!!!!!!

  10. Name...bobby

    Kita tunggu saja sepak terjangnya di pasar lokal yg sdh jepang minded, atau jangan sampai bernasib sama dengan motcin dan chery qq

  11. Geely produk bagus dan terjangkau, tinggal keseriusan ATPM dalam menggarap jaringan servisnya.

  12. Name...Tanya - tanya

    Bagaimana dengan ketersediaan partsnya ?