Test Drive Daihatsu Luxio 2010

/ 20 August 2009

Daihatsu Luxio 1.5X ABS Ultimate A/T

  • Model: Mini-van
  • Daya Angkut: 8 orang
  • Harga: Rp 171,8 Juta
  • Mesin: 1.495cc DOHC VVTI
  • Tenaga: 97 hp/6.000rpm
  • Torsi: 135 Nm/4.400rpm

DP/FIRST DRIVE—Daihatsu adalah spesialis penyelia “mobil rakyat”. Setidaknya hal itu bisa dilihat dari deteran produk yang ditawarkan untuk konsumen Indonesia. Nyaris tak ada model mahal. Terlebih yang bersifat individual. Hampir seluruh jajaran produk Daihatsu berkonsep keluarga dengan harga “miring”.

Salah satu produk terbaru yang juga memancing minat konsumen nasional adalah Luxio. Memanfaatkan platform kendaraan niaga Gran Max, Luxio yang mampu mengangkut delapan penumpang hanya dibandrol Rp 150-an juta.

DESAIN: Meski harganya menggiurkan, namun bukan berarti lemah dalam kualitas. Anda bisa merasakan sendiri nilai kualitas material yang dibenamkan Daihatsu pada interior Luxio. Bangku, trim pintu, plastik dashboard, serta bangku, secara umum tak kalah dengan Xenia atau Terios. Bahkan material interior Luxio berani menantang Suzuki APV.

Pantaslah begitu, mengingat PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang meniagakan mini-van ini ingin menawarkan kenyamanan dalam sebuah kemewahan di luar kebiasaan van berharga ekonomis.

Selain itu, dari segi penampilan kendaraan lima pintu ini juga tampak lebih trendi ketimbang Gran Max. Dengan keunikan yang dimiliki wajahnya, Luxio pun tampak  eye catching.

Luxio yang memiliki tiga baris bangku menghadap ke depan berdimensi panjang 4.165 mm, lebar 1.665 mm, dan tinggi 1.915 mm. Sementara wheelbase mobil ber-chassis monokok ini 2.650 mm. Dari data ini saja sudah dapat dirasakan betapa melimpahnya ruang kabin Luxio.

BAGASI: Kami yang telah mencoba duduk di seluruh posisi merasakan kenyamanan. Apalagi pada bangku baris kedua dan ketiga terdapat sandaran tangan di bagian tengahnya. Akses keluar masuk penumpang baris ketiga pun mudah. Ini karena bangku baris kedua bisa dilipat, sementara pintu model gesernya bisa membuka lebar.

Layaknya kendaraan keluarga multi-fungsi, Luxio juga bisa dipakai untuk keperluan mengangkut barang. Agar volume bagasi membesar, bangku baris ketiga boleh dilipat. Tidak seperti Gran Max rakitan pertama, pintu belakang/bagasi Luxio telah mengadopsi model liftback. Gaya membuka keatas ini tentulah lebih memudahkan Anda tatkala ingin membongkar-muat barang.

PERFORMA: Luxio dibekali mesin 3SZ-VE 1,5 liter VVT-i bertenaga 97 hp. Dapur tenaga ini juga digunakan Terios dan Toyota Avanza S. Daihatsu menawarkan transmisi manual 5-speed atau otomatis 4-speed, serta rem dengan ABS sebagai opsional fitur keselamatannya.

Kebetulan unit Luxio yang kami uji dibekali transmisi otomatis 4-speed. Luxio menghasilkan performa yang pantas sebagai sebuah mobil perkotaan. Bahkan apabila Anda ingin menggunakannya ke luar kota, Luxio juga masih bisa diandalkan. Setidaknya hal ini telah kami buktikan saat pergi dari Jakarta ke Bandung, Jawa Barat.

Selain performanya sesuai dengan kebutuhan yang kami perlukan, model tuas transmisi yang ditempatkan di dashboard telah meringankan pekerjaan pengemudi karena mudah dijangkau.

Walau menggendong mesin sama, performa Luxio jelas tak segalak Toyota Avanza atau Daihatsu Terios. Pun demikian, asalkan Anda tidak membawa beban berlebihan, mobil ini masih bisa diandalkan untuk menyalip truk di jalan tol.

KENYAMANAN: Kenyamanan yang dihasilkan sistem suspensi depan MacPherson dan 5-link rigid axle di belakang kami rasakan benar tatkala melibas jalan bergelombang dan berkerikil.

Meski demikian, guncangan keras masih terasakan ketika mengemudi seorang diri di jalan yang buruk. Lain hal ketika seluruh bangku telah dipenuhi 8 penumpang. Pada kondisi ini guncangan menjadi jauh berkurang.

Kami juga patut mengacungi jempol pada visibilitas mengemudi yang diberikan Luxio. Dengan posisi duduk yang tinggi, kami mendapatkan jarak pandang jauh ke depan. Sementara jendela samping pengemudi yang lebar dan pilar yang tipis memudahkan kami memantau sudut jalan.

Adapun pandangan mengemudi pada Luxio terbantu dengan dimensi kaca depan yang lebar. Luxio membekali sistem keselamatan berupa safety belt di seluruh jok penumpangnya, dan sebuah lampu rem ketiga di atas kaca belakangnya.

HARGA: Sebagai pilihan bagi konsumen keluarga, Daihatsu membuat Luxio dalam tiga varian utama, yaitu tipe D sebagai yang terendah, tipe M dan tipe X transmisi otomatis sebagai yang termahal. Untuk ketiga varian itu harga di mulai dari Rp 136 juta hingga Rp 171,8 juta. ***YSA

© 2014, Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com. All rights reserved.

5 Komentar


Click to Insert Smiley

SmileBig SmileGrinLaughFrownBig FrownCryNeutralWinkKissRazzChicCoolAngryReally AngryConfusedQuestionThinkingPainShockYesNoLOLSillyBeautyLashesCuteShyBlushKissedIn LoveDroolGiggleSnickerHeh!SmirkWiltWeepIDKStruggleSide FrownDazedHypnotizedSweatEek!Roll EyesSarcasmDisdainSmugMoney MouthFoot in MouthShut MouthQuietShameBeat UpMeanEvil GrinGrit TeethShoutPissed OffReally PissedMad RazzDrunken RazzSickYawnSleepyDanceClapJumpHandshakeHigh FiveHug LeftHug RightKiss BlowKissingByeGo AwayCall MeOn the PhoneSecretMeetingWavingStopTime OutTalk to the HandLoserLyingDOH!Fingers CrossedWaitingSuspenseTremblePrayWorshipStarvingEatVictoryCurseAlienAngelClownCowboyCyclopsDevilDoctorFemale FighterMale FighterMohawkMusicNerdPartyPirateSkywalkerSnowmanSoldierVampireZombie KillerGhostSkeletonBunnyCatCat 2ChickChickenChicken 2CowCow 2DogDog 2DuckGoatHippoKoalaLionMonkeyMonkey 2MousePandaPigPig 2SheepSheep 2ReindeerSnailTigerTurtleBeerDrinkLiquorCoffeeCakePizzaWatermelonBowlPlateCanFemaleMaleHeartBroken HeartRoseDead RosePeaceYin YangUS FlagMoonStarSunCloudyRainThunderUmbrellaRainbowMusic NoteAirplaneCarIslandAnnouncebrbMailCellPhoneCameraFilmTVClockLampSearchCoinsComputerConsolePresentSoccerCloverPumpkinBombHammerKnifeHandcuffsPillPoopCigarette
  1. oshinawa

    naik APV kyk naik grobak, luxio lbh exlusiv

  2. oshinawa

    naik APV kyk naik grobak, lbh exlusif Luxio,,,

  3. Oh tentu. Secara harga apv lebih mahal. Luxio bukan lawan apv lah. Luxio itu lawannya carry angkot.

  4. ranggi

    tapi masih kalah sama apv deh kayaknya

  5. hopotumon

    gw udah nyoba.
    rasanya mak nyuss….