Keunggulan-Keunggulan Honda Spacy PGM-FI 2012

/ 25 November 2011

JAKARTA (DP) — Honda Spacy PGM-FI menjadi salah tanda awal bagi Astra Honda Motor (AHM) untuk memperkenalkan produk-produk barunya bermesin PGM-FI (Programmed Fuel Injection).

PGM-FI yang diaplikasi di jantung mekanis Spacy merupakan generasi keempat dengan keunggulan lebih compact dan efisien. Dampaknya, meski menggunakan teknologi mesin modern dan ramah lingkungan, harga sepeda motor hanya naik Rp 250 ribu dari versi karburator.

“Kami telah berhasil mengembangkan mesin PGM-FI lebih ekonomis namun tetap berkualitas. Sehingga mematahkan mitos mesin sepeda motor injeksi mahal adalah salah,” bangga Yusuke Horo, Presiden Direktur AHM.

Spacy tetap memiliki kapasitas yang sama dengan versi karburator yakni 108 cc, namun versi injeksi tenaganya sedikit lebih agresif dari karburator. Versi PGM-FI mampu menghasilkan tenaga 8,67 PS pada 8.000 rpm sedangkan karburator bertenaga 8,54 hp pada 8.000 rpm.

Demikian pula dengan torsinya versi PGM-FI tercatat 8,93 Nm pada 6.500 rpm juga sedikit lebih besar dari karburator dengan  8,04 Nm  pada 6.500 rpm.

Namun AHM berani mengklaim konsumsi BBM-nya lebih irit hingga 17% dari karburator. Selain itu agresifitasnya lebih responsif.

Manfaat terpenting adalah gasa buang emisi yang lebih rendah karena telah dilengkapi dengan catalytic converter.

Selain itu perawatan teknologi mesin PGM-FI tidak sulit karena telah dilengkapi dengan sistem kendali elektronik yang didukung MIL (malfunction indicator lamp) serta kemudahan dalam menghidupkan mesin dalaam segala cuaca.

Tidak ada perbedaan dari segi dimensi pada panjang (1.841 mm) serta tinggi (1.094 mm), memiliki perbedaan pada lebar (669/PGM-FI) dan (660/karburator).

Kapasitas bagasi Spacy PGM-FI bisa terisi 5,5 liter sedangkan karburator hanya 5 liter.  Untuk bobotnya Spacy karburator lebih ringan 2 kilogram (97 kg). [dp/Wyu]

© 2014, Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com. All rights reserved.

25 Komentar


Click to Insert Smiley

SmileBig SmileGrinLaughFrownBig FrownCryNeutralWinkKissRazzChicCoolAngryReally AngryConfusedQuestionThinkingPainShockYesNoLOLSillyBeautyLashesCuteShyBlushKissedIn LoveDroolGiggleSnickerHeh!SmirkWiltWeepIDKStruggleSide FrownDazedHypnotizedSweatEek!Roll EyesSarcasmDisdainSmugMoney MouthFoot in MouthShut MouthQuietShameBeat UpMeanEvil GrinGrit TeethShoutPissed OffReally PissedMad RazzDrunken RazzSickYawnSleepyDanceClapJumpHandshakeHigh FiveHug LeftHug RightKiss BlowKissingByeGo AwayCall MeOn the PhoneSecretMeetingWavingStopTime OutTalk to the HandLoserLyingDOH!Fingers CrossedWaitingSuspenseTremblePrayWorshipStarvingEatVictoryCurseAlienAngelClownCowboyCyclopsDevilDoctorFemale FighterMale FighterMohawkMusicNerdPartyPirateSkywalkerSnowmanSoldierVampireZombie KillerGhostSkeletonBunnyCatCat 2ChickChickenChicken 2CowCow 2DogDog 2DuckGoatHippoKoalaLionMonkeyMonkey 2MousePandaPigPig 2SheepSheep 2ReindeerSnailTigerTurtleBeerDrinkLiquorCoffeeCakePizzaWatermelonBowlPlateCanFemaleMaleHeartBroken HeartRoseDead RosePeaceYin YangUS FlagMoonStarSunCloudyRainThunderUmbrellaRainbowMusic NoteAirplaneCarIslandAnnouncebrbMailCellPhoneCameraFilmTVClockLampSearchCoinsComputerConsolePresentSoccerCloverPumpkinBombHammerKnifeHandcuffsPillPoopCigarette
  1. wisnu

    enak…nyaman….irit…n keren….thnks…honda

  2. memang ciamik…

  3. Mau orang komentar apapun saya tetap cinta SAMA HONDA,,
    Sory agak lebay dikit,,,

  4. spacy,,,emang keren,,,abis,,,mantab dah pokonya,, Yes

  5. Mudah2an sore ini motor sdh bisa datang dengan plat pinjaman dari dealer sdh terpasang biar entar mlm bisa test keliling2 kota batam. Dan semoga saja irit BBM….. Grin

  6. Mahda hidayanti

    Semoga besok jadi beli spacy pgmfi.. Amin..

  7. semoga hari sabtu besok sudah ada di rumah

  8. bang ko honda spacy saya ngorok ya…apa sama kendalanya dengan honda vario baru…saya beli bulan maret tahun 2012,,kerasa ngorok nya dari pertama…komplen k bengkel AHAS jwban nya”itu biasa…ga knp2 ktnya…”yang saya takutkan ke depanya mesin ga awet…ga enak pokonya kalau di rasa2..kalau masalh dari penmpilan dan bahan bakar spacy OK deh…cuma segitu kendalanya ngorok…tks

  9. aku jg dah ngambil spacy pgmfi dah 9 bulan ga ada kendala,trims honda.

  10. Juli 2011 saya beli Spacy (ver karburator) satu hal yang saya kurang suka sebenarnya dari Honda Spacy adalah, indikator lampu Sign nya hanya ada satu di panel kontrol, lebih suka kalau ada 2, jadi bisa tahu yg nyala kiri atau kanan. sekarang motor2 matic Lampu Utama langsung nyala tanpa ada saklar. utk Surabaya, kadang kita masuk gang/jalan kecil, yg mana motor boleh dinaikin, tapi akan lebih sopan kalau lampu besar di matikan dulu. saya juga ada REVO (Juni 2012) utk mensiasati aturan LampuNyala, saklar Lampu saya posisikan On terus. kalau pas masuk gang kecil/pos satpam perumahan, dimatikan dulu lampu besarnya.. begitu Smile

  11. sugeng wahyudi

    Kendala honda spacey.
    1.jok keras banget dan ngangkang trserang paha.
    2.tarikan top speed 100 km aja lama naik .
    3.terlalu pendek sering kenakan polisi tidur deh…
    4.lampu kok tdk ada kontrol siang kok nyala terus.

  12. baru beli spacy FI hari ni .. sihiyyy .. oke emang !!! ga kecewa pastinya sm merek Honda Grin

  13. Honda spacy senang betul senggol polisi tidur, apalagi Polwan tidur. he..he..he..

  14. sdh beli jg tp plat nomor blm nongol. sdh gak sabar pingin nyoba di jalan raya. kl di jalan dpn rumah, hampir tiap hari.

  15. saya pake yg PGM-FI,suka kerasa bunyi greget greget wkt jalan…cari2 info online katanya masalah dibagian kopling (lupa apanya).ga bs ilang wlwpun diganti komponen,tp cm bs ngurangin…
    overall nyaman bwt harian,joknya lebaarrr….boncengan masih nyisa di belakang…hihihihi…

  16. mau nanya nih, saya udh hampir setahun pake spacy, dua bulan yang lalu setelah service rutin saya merasa kok jalannya jadi kurang mulus(seperti karburator kotor sehingga jalannya jd tersendat-sendat padahal baru aja service) begitu saya tanya ama yang nyervice katanya itu permainan gasnya aja yg kurang bagus. perasaan waktu awal pake aman-aman aja,. tolong infonya dong sebenarnya yg salah apanya? trims

  17. ahmadi combro

    barusan dateng spacy injeksi biru ….
    sadelnya lebar euyyy

  18. Yasmin

    ralat! kapasitas bagasi 18 L. Anda salah ketik, Anda tulisnya kapasitas bagasi 5.5 L. Tq

  19. Honda memang mantaffff, mau injeksi mau yang karbu mantaff semua. saya pernah mencoba merek lain s, dan y. akhirnya balik lagi ke honda….. yang jelas saya kesemsem sama after sales service yang standard di semua ahass. dan kalo bosen mau jual cari lawan lebih gampang,

  20. Dh ga sabar ni jadinya…

  21. PGM-FI generasi ke-4 kalah irit dan kalah responsif dengan YM-JET generasi ke-2.

    Mio J mampu menempuh 61km per liter : metode tes anak-jalanan (kondisi keseharian), bukan tes irit-iritan.

  22. akromul ihsan

    memang mantaf….. saya juga dah bsa jual 3 unit….
    semoga lebih baik….

  23. Spacy sangat irit bgt dengan 2.5 liter bisa menempuh 159 km.terus tarikannya yahuuuuut bgt.handlingnya juga (y)
    Grin/
    <♊ ω̲̅​​​​Õoºokë¥
    _/!\_

  24. saya baru beli spacy pgmfi .. minggu kemare.. saya merasakan tarikam motor matic yg sangat rensponsif skalai . di tambahan bakar nya yg sangan irit .dan saya cukup puah untuk motor spacy pgm fi .. smoga kedepan spacy tidak ada kendala baik dari mesin maupun pgmfi nya .. thx spacy .

  25. Name...

    semoga spacy tidak ada kendala yg berat.saya yakin honda lebih sempurna dari yg lain