Honda Otocontest Rujukan Pecinta Modifikasi

/ 12 December 2012

DENPASAR (DP) — Honda Otocontest (HOCS) telah menjadi rujukan bagi para pecinta modifikasi sepeda motor di Tanah Air. Betapa tidak, kontes modifikasi yang diadakan PT Honda Astra Motor (AHM) ini kerap memunculkan ide-ide brilian dalam mempercantik dan membuat unik sepeda motor.

HOCS sendiri telah berlangsung rutin dalam empat tahun terakhir sejak 2009. Peserta lomba kreatifitas memodifikasi sepeda motor Honda ini setiap tahun selalu kebanjiran peserta dengan ide dan kreativitas baru.

Tahun 2012 ini, misalnya, HOCS diikuti tidak kurang 1.950 unit motor modifikasi. Acara ini berlangsung di 14 kota yaitu Kupang, Ponorogo, Kediri, Jember, Banjarmasin, Yogjakarta, Malang, Manado, Palembang, Surabaya, Pekanbaru, Jakarta, Bandung, dan Denpasar. Padahal saat pertama HOCS di gelar, hanya dilangsungkan di 10 kota besar.

“Melihat antusiasme yang tinggi dari tahun ke tahun, maka pada 2013 kami akan menambah tiga kota lagi, sehingga menjadi 17 kota. Dengan begitu, HOCS akan menjadi lomba kontes modifikasi terbesar di Tanah Air,” terang Judhy Goutama, Senior Manager Brand Activation Department AHM.

Ditambahkan Judhy, ketiga kota tambahan yang akan melengkapi HOCS 2013 akan dipilih di 3 provinsi yaitu Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, dan Bangka Belitung.

Kontes modifikasi motor Honda yang selalu meriah ini dibagi dalam 12 kelas. Kelas-kelas itu adalah Asesoris, Pemula, Matic Pemula, Street Racer Modify, Body Art Sticker, Custom Modify, Sport Custom, Racing Style, Matic Funky, Cub Funky, Sport Funky, dan Xtreme.

Pertarungan antar-pemain modifikasi tak berhenti sampai di sini para kontestan pemenang pertama dari setiap kelas di setiap kota penyelenggaraan masih harus bertarung dalam sebuah babak paling bergengsi, Final Battle HOCS, di mana untuk tahun ini berlangsung di Denpasar, Bali, pada 9 Desember 2012.

Dari ajang paling bergengsi tersebut para juri memilih empat pemenang untuk dinobatkan sebagai The King Extreme, The King Non Extreme, The King of Fashion, dan The King of Rookie. Para pemenang inilah yang akan menerima hadiah paling menarik, yaitu menunjukkan hasil modifikasinya pada ajang Bangkok International Motor Show 2013.

“Para pemenang HOCS tahun ini akan diajak ke Bangkok untuk bertarung dengan para modifikator negara lain pada Bangkok International Motorshow 2013. Tahun lalu, para pemenang HOCS berhasil memenangkan kompetisi modifikasi berskala internasional tersebut,” tambah Judhy.

Kontes modifikasi motor Honda ini secara tidak langsung menjadi salah satu barometer perkembangan trend modifikasi motor saat ini. Para modifikator dari ajang HOCS telah terbukti mampu bersaing dengan para modifikator dari negara lain.

Final Battle HOCS 2012 di Bali 

Sebanyak 124 finalis bertandang ke GOR Ngurah Rai, Denpasar Bali, Minggu (9/12), untuk mengikuti babak Final Battle HOCS 2012 hingga mencapai gelar “King.” Tak mudah bagi publik memilih empat motor modifikasi terbaik dari deretan itu karena seluruh kontestan merupakan para juara.

Namun setelah melalui proses seleksi dan penjurian yang ketat, dewan juri HOCS 2012 berhasil empat pemenang di masing-masing katagori. Untuk katagori King of Rookie trophy berhasil direbut David Ekwanudin yang membawa modifikasi sepeda motor Honda Blade. Sementara King of Fashion diraih Hery Setiawan dengan Honda Tiger.

Modifikasi Honda MegaPro yang dikreasi Deny Puguh Dariyanto juga pantas menepuk dada karena sukses menggondol predikat King of Non Extreme. Adapun King of Extreme tahun ini dipegang Peterson Rivai dengan skuter premium Honda PCX.

“Penilaian dititikberatkan pada ide kreatif, penggunaan teknologi terkini, serta kualitas pembuatan. Selain itu sisi safety dan laik jalan juga menjadi standarisasi penilaian. Setelah dimodifikasi sepeda motor tersebut harus berjalan secara normal,” terang Agustinus J-Punk, Ketua Dewan Juri HOCS 2012.

Sementara itu, Deny Puguh asal Batu, Jawa Timur mengaku sangat senang setelah hasil kreasinya dinobatkan sebagai King of Extreme. “Mengusung konsep ‘alien’ yang sangar dengan warna dominan jingga, sehingga terlihat atraktif. Saya bangga bisa menang di kontes modifikasi yang bergengsi ini,” katanya.

Hal senada diungkapkan Peterson Rivai yang mempermak habis PCX bergaya “Transformer.” Skuter papan atas Honda ini digubah menggunakan suspensi udara di bagian belakang, berikut sentuhan motorize.

Peterson mengaku kemenangan yang diraihnya belum berhenti di sini. Manyambut kejuaraan kelas dunia di Bangkok, Thailand tahun depan, dia berjanji akan kembali menyiapkan modifikasi baru. “Saya akan mempersiapkan model khusus untuk dibawa bertarung di Bangkok tahun depan,” ujar Peterson.

Sekuel penutup HOCS 2012 yang berlangsung di area parkir GOR Ngurah Rai berjalan meriah dan menghibur. Selain bisa menyaksikan ratusan motor-motor modifikasi dengan beragam penampilan, para pengunjung juga bisa menikmati hiburan menarik, seperti penampilan band-band dari Pulau Dewata, sexy dancer, dan beragam game yang menghibur. [dp]

© 2014, Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com. All rights reserved.

1 Komentar


Click to Insert Smiley

SmileBig SmileGrinLaughFrownBig FrownCryNeutralWinkKissRazzChicCoolAngryReally AngryConfusedQuestionThinkingPainShockYesNoLOLSillyBeautyLashesCuteShyBlushKissedIn LoveDroolGiggleSnickerHeh!SmirkWiltWeepIDKStruggleSide FrownDazedHypnotizedSweatEek!Roll EyesSarcasmDisdainSmugMoney MouthFoot in MouthShut MouthQuietShameBeat UpMeanEvil GrinGrit TeethShoutPissed OffReally PissedMad RazzDrunken RazzSickYawnSleepyDanceClapJumpHandshakeHigh FiveHug LeftHug RightKiss BlowKissingByeGo AwayCall MeOn the PhoneSecretMeetingWavingStopTime OutTalk to the HandLoserLyingDOH!Fingers CrossedWaitingSuspenseTremblePrayWorshipStarvingEatVictoryCurseAlienAngelClownCowboyCyclopsDevilDoctorFemale FighterMale FighterMohawkMusicNerdPartyPirateSkywalkerSnowmanSoldierVampireZombie KillerGhostSkeletonBunnyCatCat 2ChickChickenChicken 2CowCow 2DogDog 2DuckGoatHippoKoalaLionMonkeyMonkey 2MousePandaPigPig 2SheepSheep 2ReindeerSnailTigerTurtleBeerDrinkLiquorCoffeeCakePizzaWatermelonBowlPlateCanFemaleMaleHeartBroken HeartRoseDead RosePeaceYin YangUS FlagMoonStarSunCloudyRainThunderUmbrellaRainbowMusic NoteAirplaneCarIslandAnnouncebrbMailCellPhoneCameraFilmTVClockLampSearchCoinsComputerConsolePresentSoccerCloverPumpkinBombHammerKnifeHandcuffsPillPoopCigarette
  1. Pabrikan yang selalu mengerti keinginan konsumen.