Bob’s Racing School Bertekad Cetak Banyak Pebalap Berprestasi

/ 9 May 2011

SURABAYA (DP) — Kemajuan dunia motorsport Indonesia bergantung kepada keseriusan pembibitan. Sayangnya di Indonesia hal tersebut kurang mendapat perhatian.

Salah satu bentuk pembibitan adalah sekolah balap untuk usia belia. Jarang kita mendengar adanya sekolah balap di sini.

Bobby Aranxa Alatas merupakan salah satu insan otomotif yang sangat peduli terhadap pembibitan. Itulah sebabnya dia mendirikan sekolah balap sepeda motor bagi anak-anak usia dini.

Bob’s Racing School didirikan pada 18 Desember 2005 oleh mantan pebalap PON 2004 dan 2008 ini. Lokasinya sendiri di sirkuit Kenjeran Surabaya.

Sekolah didirikan karena Bobby melihat meredupnya prestasi pebalap-pebalap asal jawa Timur dalam satu dekade ke belakang. “Saya prihatin, mas,” akunya.

“Saya ingin banyak pebalap Jawa Timur berprestasi di tingkat nasional, bahkan internasional, di masa depan,” harapnya.

Jumlah muridnya hingga kini terhitung sekitar 50 orang. “Kami mendidik murid berusia 7-16 tahun. Kami mengajar dari dasar,” ungkap eks pebalap liar ini.

Bobby bersama Momo Harmono melatih bibit-bibit belia seminggu lima kali (Senin, Selasa, Rabu, Kamis, dan Jumat). “Setiap murid harus melakoni 200 laps sirkuit Kenjeran. Hal tersebut berguna untuk mengasah teknik dan stamina tubuh. Sedangkan selepas sholat Jumat, kami tempa fisik mereka,” urainya.

Setiap hari latihan berlangsung mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB, dengan istirahat pukul 12.00 WIB. Bob’s Racing School memiliki 5 sepeda motor underbone 125cc dengan dua tangki bahan bakar untuk digunakan latihan murid-muridnya.

“Kami ajarkan mereka mulai dari cara berkendara, menikung, dan membalap yang benar,” katanya. “Jika dia mahir atau pernah ikut balap, maka cukup ikut training 1 bulan menjadi lebih mahir.”

“Sebenarnya kami beruntung memiliki sirkuit Kenjeran karena saya dapat membaginya menjadi 5 karakter,” tambah Juara Nasional Sepeda Motor Bebek 2-Tak 1999-2001 tersebut. “Dengan begitu mereka bisa bermain di semua sirkuit di Indonesia.”

Uniknya mayoritas peserta latih berasal dari luar Jawa Timur. “Mungkin banyak orang Surabaya atau Jawa Timur umumnya lebih suka latihan sendiri atau menghadapi kendala dana,” perkiraannya.

Setiap murid dikenai biaya Rp 5 juta dengan fasilitas mendapat penginapan dan tidak perlu modal sepeda motor. Setiap murid wajib mendapat ijin dari orang tua masing-masing untuk menjadi murid di Bob’s Racing School.

Salah satu pebalap sepeda motor yang pernah mengenyam pendidikan di sini adalah Tommy Salim — juara Honda Bebek 110 cc Tune Up Pemula (MP4) Honda Racing Championship 2010 Seri V.

Namun, Bob mengakui pengeluaran untuk ban cukup besar. “Setiap 3-4 hari saya harus ganti 2 ban untuk satu sepeda motor. Makanya kami beruntung mendapat sponsor dari PT Gajah Tunggah sejak sebulan ini,” akunya dengan gembira. “Mereka menyediakan ban IRC bagi kami. Sejauh ini usia pakainya dua kali lebih lama dibandingkan ban bermerk lain sebelumnya,” katanya.

Bagi PT Gajah Tunggal — produsen ban IRC untuk sepeda motor — dukungan yang diberikan kepada Bob’s Racing Team menjadi salah satu bagian dari komitmennya dalam memajukan dunia motosport nasional.

“Kami tidak hanya menjadi sponsor berbagai kejuaran balap mobil atau sepeda motor. Kami pun peduli terhadap pembibitan,” kata Arijanto Notorahardjo, General Manager PT Gajah Tunggal.

Update: Jika Anda ingin bergabung silakan hubungin nomor telepon 082142378481 atau e-mail bobby.racing@ymail.com. [dp/Ind]


© 2014, Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com. All rights reserved.

41 Komentar


Click to Insert Smiley

SmileBig SmileGrinLaughFrownBig FrownCryNeutralWinkKissRazzChicCoolAngryReally AngryConfusedQuestionThinkingPainShockYesNoLOLSillyBeautyLashesCuteShyBlushKissedIn LoveDroolGiggleSnickerHeh!SmirkWiltWeepIDKStruggleSide FrownDazedHypnotizedSweatEek!Roll EyesSarcasmDisdainSmugMoney MouthFoot in MouthShut MouthQuietShameBeat UpMeanEvil GrinGrit TeethShoutPissed OffReally PissedMad RazzDrunken RazzSickYawnSleepyDanceClapJumpHandshakeHigh FiveHug LeftHug RightKiss BlowKissingByeGo AwayCall MeOn the PhoneSecretMeetingWavingStopTime OutTalk to the HandLoserLyingDOH!Fingers CrossedWaitingSuspenseTremblePrayWorshipStarvingEatVictoryCurseAlienAngelClownCowboyCyclopsDevilDoctorFemale FighterMale FighterMohawkMusicNerdPartyPirateSkywalkerSnowmanSoldierVampireZombie KillerGhostSkeletonBunnyCatCat 2ChickChickenChicken 2CowCow 2DogDog 2DuckGoatHippoKoalaLionMonkeyMonkey 2MousePandaPigPig 2SheepSheep 2ReindeerSnailTigerTurtleBeerDrinkLiquorCoffeeCakePizzaWatermelonBowlPlateCanFemaleMaleHeartBroken HeartRoseDead RosePeaceYin YangUS FlagMoonStarSunCloudyRainThunderUmbrellaRainbowMusic NoteAirplaneCarIslandAnnouncebrbMailCellPhoneCameraFilmTVClockLampSearchCoinsComputerConsolePresentSoccerCloverPumpkinBombHammerKnifeHandcuffsPillPoopCigarette
  1. Andi Gunawan

    Bang Aku Dari Sulawesi Selatan Bulukumba Yang Kirim Chat Sama Abang Tentang Biaya Pendaftaran Dan Tempat Pendaftaran Nya..

    Perbulan Nya Berapa Bang, Tempat Daftar Nya Online Atau Secara Langsung?? Butuh Respon Bang Yang Serius..

  2. muh rezha

    bang bob's aku orang sulawesi aku mau jadi pembalap usia saya 13 thn hidup saya sebagian dari balap aku mohon bang bob's bisa membaca pesan saya

  3. panji pardian

    saya mau masuk sekolah di bob racing

  4. bintang

    kak bob usia saya masih 6 thn tapi saya ingin sekali jadi pembalap untuk persyaratan dan administrasinya gimana ya kak,makasih

  5. panda prana

    .saya ingin ikut sekolah balap…..
    .ingin menjadi valentino rossi…
    .pendaftaran caranya gimana bang…
    .saya anak palembang ingin benar mengikuti balap… balap adalah hidup ku

  6. dimana daftarnya?

  7. boedieantoe

    dimna tmpat dftarnya….?

  8. tolong di respon ya bang

  9. bang bob saya mau jadu pembalap . saya berumur 18 . saya suka balap sejak kecil tapi gak berani untuk memulai bang .. kalo saya mau bersekolah balap di bang bobs boleh gak . dan biayanya berapa bang

  10. bang bob saya mau jad pembalap . saya berumur 18 . saya suka balap sejak kecul tapi gak berani untuk memulai bang .. kalo saya mau bersekolah balap di bang bobs boleh gak . dan biayanya berapa bang

  11. Raspberry Ketone

    Your style is really unique compared to other folks I have
    read stuff from. Thanks for posting when you have the opportunity, Guess I will just bookmark this web site.

  12. paul whiliam

    saya punya nyali balap yang besar. . .
    tapi mungkin kah saya bisa masuk Go motor Gp dunia. .
    dan kalo emank benar. . tolong balas coment tentang masalah pembayaran nyaa. . Cool

  13. bule ferdiansyah

    Posisi balapan sekolah dimana bang ?

  14. ramadano fajri

    umur saya udah 18 tahun,masi bisa gak masuk sekola balap bob’s racing school gak ?
    Question

  15. hasyim

    Bang bob 5jt itu
    Untuk pendaftaran nya aj terus
    Per bln nya ada biyaya lagi atau gimana tlng penjelasan nya ya bang

  16. renaldy praditya

    kk bob sya mw sklh balap
    tpi msi menerima siswa baru Smile

  17. cita cita kami jadi pembalap

  18. bg kami nak ikut balap ajarin kami bg tolong di balas

  19. ADIEF DHANIEL

    Cigarette

  20. muhlaz ap

    5jt itu spek lulus kan bang bob atau cman sebulan bang bob???????

  21. TDRaafi

    Brp Uang masuk nya bg..?
    Persyaratan nya apa ?

  22. JalipRadisty

    Abang Bob`s Opeeened MEMBER!

  23. g_egois@london.com

    saya mau tau kak bob..
    brapa sic harus di bayar untuk mengikuti sekolah balapnya..?

  24. Name...enddoe satu e

    5jt itu sudah dapat werpack dari sana atau gimana ?
    Trus 5 juta itu sampai bisa atau 1blan nya aja …
    Yg trahir selesai skolah nya kpn ?

  25. Irfan

    20 Tahun gimana kak bob….?

  26. untuk pemula bisa gak sekolah balap bang bob?
    terus biayanya berapa?

  27. drajad dior #048

    itu perbulan 5jt apa gmna bang bob ?

  28. drajad #048

    itu perbulan 5jt apa gmana bang bob ?

  29. M.ardiansyah

    kak bob umur 12 thun bsa ngak ikut sekolah

  30. thrys pangkas

    K bob.. Rencana sya bulan 6 berangkat.. Sminggu sblum kberangkatan.. Saya akan kabarain k bob..

  31. Name...maurizka aL

    Ka aku pengen bgt ikut balap aku jga sering ikut balapan liar tapi sayang orng tua aku ga ngijinin Frown

  32. thrys pangkas

    K bob. Sya pngen plajari lbh dalam ttang balap.. Sya sda bbrapa kali iktan balap. Tpi sya blum puas.

  33. ghian pradisti

    kak bob sya mwu brangkat bulan 7 bru ksana…

  34. uur sya pun 16 tahun kak

  35. kak ak pingin ikut balap gmana caranya tu kak.. orang tua ak gk ngedukungin ak jadi pemblp..tp cita2 ak ingin jd pembalap… tolong coment lg ak y kak

  36. Dimas Septian

    Kaq.. aku ada minat balap niih,, pengen kembangin bakat,, bisa bantu gag??

  37. mas kalo mw ikut tournamen pake motor ninja 150 rr isa kagak

  38. david

    mas, bisa ga usia saya 17 thn bisa mausuk bob’s racing school ga….
    mas tolong d’bls ya…..

  39. Indra Prabowo

    Bob’s Racing School: 082142378481

  40. ade gaspooll

    o ya kemanakah saya harus menghubungi ??

  41. ade gaspooll

    bagaimana cara masuk sekolah balap motor bob’s racing school ??
    apakah masih bisa kalau usia saya sudah 17 thn ??
    mohon di tanggapi ya ??