Honda Unyil 1958

Yusuf Arief | 06-Feb-2012
Honda Unyil 1958
POPULER
Pebalap Asal Depok ‘Menggila’ di Aragon SpanyolCicilan Rp 1 Juta, Bawa Honda Mobilio dari Tumplek BlekLagi, Honda Sonic Pecundangi Yamaha MX King di MotoprixRio Haryanto akan Manfaatkan Tabrakan Pebalap Lain di MonacoF1 Monaco 2016: Ricciardo Raih Pole Perdana, Rio Kalahkan Wehrlein

JAKARTA [DP] — Honda Unyil adalah  sepeda motor bebek pertama produksi Honda. Di Indonesia Honda Unyil lansiran tahun 1958 ini sangat jarang ditemui, pasalnya hanya Pelaut yang bisa memboyongnya ke Indonesia kala itu.

Unyil ini memang telah mengalami restorasi sejak pertama kali dibeli oleh bro Emeng pada tahun 1999, di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur. Dari pemilik pertama disebutkan bahwa Honda Unyil 1958 adalah milik almarhum kakeknya, di kala itu kakeknya adalah seorang Pelaut yang bekerja di Jepang.

“Motor ini asli dari Jepang,” ungkap Bro Emeng. Dengan antusias Pria kelahiran Jakarta ini menujukan penang yang masih menempel utuh di body motor. Yang menarik Honda Unyil 1958 ini tidak memiliki nomor rangka kendaraan. Dan Emeng mengakui waktu beli Honda Unyil 1958 ini tidak ada surat-suratnya.

Kondisinya pun mengenaskan, sepeda motor ini terpendam di belakang rumah pemilik lamanya. Kondisi mesin jelek akibat terpendam lama di dalam tanah. Akhirnya sepeda motor bebek berkapasitas mesin 50 cc ini didapatkannya dengan merogoh kocek Rp 2 juta.

Merestorasi Unyil menjadi kenikmatan tersendiri bagi pria yang bernama lengkap Emil Suhendra, selama 5 tahun ia berburu onderdil mulai dari pasar loak sampai ke daerah. Mesin didapatkannya dari seorang rekan di Padang, Sumatera Barat dan Handle grip diburunya sampai ke Jogjakarta.

Keunikan dari Honda Unyil 1958 ini terlihat dari bentuk lampunya yang berada di bawah stang. Kunci kontak berada di samping kiri jok dan bentuk jok yang mirip dengan BMW R27.

Saat ini kondisi mesinnya  masih bisa berjalan dengan mulus, suara khas mesin 4 tak Honda terdengar halus saat sepeda motor dikendarai. Honda Unyil ini pernah dikendarainya sampai ke kota Lampung, meski mesinnya diganti dulu dengan mesin Honda Grand. “Tahun 2002 motor ini saya kendarai untuk meramaikan Jambore anak Lampung.” tutur Emeng dengan bangganya.

Keorisinilan yang ada di sepeda motor semakin dilirik oleh para pemburu motor klasik. Honda Unyil 1958 ini pun sering tampil di berbagai pameran. Bahkan Unyil berkelir merah cabe ini sudah ditawar orang dari Malaysia seharga Rp. 30 juta. Penawaran ini  tidak membuat kecintaan Emeng pada si Unyil bergeming sedikit pun.

Namun Emeng tidak akan menolak jika si Unyil ditukar guling dengan sepeda motor asal Inggris yaitu, BSA M21 tahun 1958. Itu pun juga dengan syarat yang barter harus orang Indonesia bukan orang asing. (dp/ CUP)

© 2016 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR

  1. ophy
    19 April 2016

    Sy jga pux honda uyil broo sy tgl di bone sulawesi selatan. Mat kenal brooo

  2. dints
    10 June 2013

    Aq lagi cari fork depan… Kalau ada kabarin aq yaa…

  3. donny ct
    23 March 2013

    Mantap bro!ada lagi ga klu ada kabarin cs

  4. zainal othman
    17 January 2013

    mantop motor nya. saya ada sabuah motor bagini tapi cabaretar nya kurang baik dimana bolih dapat?

  5. djadoel
    11 November 2012

    wah itu mesin ama knalpot ga asli ya mas. ane punya juga c 100 1962 mas. nomor mesin ama rangka akur. knalpotnya persegi gitu mas bentuknya bukan bulet kaya 70. oh iya cuma ngasih tau kalo nyari sparepart unyil ini enaknya di thailand mas. disana banyak barang repro motor unyil. thanks

  6. abut
    7 April 2012

    bro sy msh nyimpen c105 warna abu kebiruan, sekarang dah msk musium kapan kapan on the road bareng

  7. pispot_mania
    29 March 2012

    Top buanget… bisa buat referensi dg unyil warisan dari mbah Kakung….yang tersandar di belakang dapur
    Pokok e top markotop

  8. syubida
    29 February 2012

    wah yang bener bro dah ditawar 30 jt ??
    saya jg punya nih honda unyil asli c100 tahun 1966 , surat2 lengkap (STNK+BPKB) asli bawaan tahun 1966 ( tangan ke 2).. asli rebuild total dan banyak part aslinya ( speedo , stoplamp , saklar2 , dsb nya part asli)
    minus mesinnya aj kayak punya bro diatas , pas dptnya dah pakai mesin c50 , tapi no mesin akur sama surat2 aslinya..
    klo ada yang berani 30 jt , lsng dijual deh.. hehehe..

  9. samier nasir
    27 February 2012

    i like it … unik kreatif .. udh jarang dan langka spd mtr ini harap di budidayakan ya biar g punah hahahahahaha

  10. Kang Sarmin
    27 February 2012

    Itu kapasitas tankinya berapa liter bro, kok kecil banget nampaknya?

  11. Name Arapro
    24 February 2012

    Mantaaaap bro unyilnya…… Kalo boleh tahu udah ada blm ya OWNER CLUB HONDA UNYIL di Jakarta?

  12. fisha aceh
    11 February 2012

    salam kln gan

  13. Name...bayoe_classic
    9 February 2012

    Salut bro unt perjuangan membangun kembali honda unyilnya dan sedikit koreksi unt no rangka semua kendaraan pasti ada mungkin terkubur sama dempulnya.

  14. aro
    6 February 2012

    mesinnya udah ga asli mas gan.., itu mesin punya pispot 50 or 70.., maaf no offence, dari dulu nmnya motor ya ada nmr rangkanya… ckckckc, tp manis kok di liat…, sayang unyil saya blm jadi2 hehe…

  15. rootdiesomec
    6 February 2012

    Mantaps gan, keren banget tuch motor’nya………………… Top Markotop :D