Test Drive: Toyota Avanza Veloz AT 2012

Test Drive: Toyota Avanza Veloz AT 2012
/

JAKARTA (DP) — Toyota Avanza Veloz menjadi varian tertinggi dari keluarga Avanza terbaru yang muncul akhir tahun lalu. Kehadirannya sangat dinanti para konsumen di Tanah Air. Julukan sebagai mobil paling laku di Indonesia membuat khalayak umum sangat menanti generasi kedua Avanza.

Medio Januari, Dapurpacu.Com berkesempatan menjajal Avanza Veloz dengan transmisi otomatis berkelir putih. MPV yang dibanderol Rp 182,9 juta tampil dengan paras baru yang lebih atraktif dari versi Avanza standar. Perbedaan mencolok dengan Avanza E dan G terlihat pada bumper depan dengan air scoop lebar, velg, dan body kit samping bawah.

Tenaga Diperkecil, Suspensi Direvisi
Avanza Veloz tetap menggendong mesin VVTi 1,5-liter yang tenaganya diperkecil 0,3 hp. Versi sebelumnya menghasilkan tenaga 107 hp diperkecil menjadi 104 hp. Tujuannya untuk mendapatkan emisi yang lebih baik dari versi sebelumnya serta lebih ekonomis, namun performanya relatif tidak berubah.

Benar adanya, ketika pedal gas mulai ditekan dan tuas transmisi di ‘D’ dengan gesit mobil bergerak. Melintas di salah satu ruas jalan tol di Jabodetabek dengan agresifnya jarum speedometer menyentuh angka 130 kpj. Suaranya tetap halus dan cukup hening di dalam kabin.

Sebenarnya perubahan yang paling signifikan adalah pada sektor kaki-kaki. Setting baru suspensi depan yang menganut sistem McPherson strut dengan coil spring dan 4 link lateral dengan coil spring di belakang, membuat Avanza Veloz lebih stabil dan nyaman.

Ayunan-ayunan di kecepatan tinggi juga berkurang cukup signifikan. Penyempurnaan ini membuat rebound atau pantulan balik suspensi lebih baik ketimbang Avanza generasi sebelumnya. Dengan kata lain, gejala limbung saat berbelok di kecepatan tinggi bisa diminimalisir.

Inilah jawaban Toyota terhadap keluhan yang kerap dilontarkan banyak pengguna Avanza saat berkendara di kecepatan tinggi.

Desain Aerodinamis dan Fitur Terkini
Paras barunya tidak hanya menyiratkan aura yang lebih atraktif dan sportif. Dikonsep lebih aerodinamis untuk mendapatkan stabilitas yang lebih baik dan tentunya akan irit BBM.

Dalam catatan Toyota, Avanza 1,5 L 2012 meminum bensin 12 km/liter – model sebelumnya 11,2 km/liter. Akselerasinya lebih cepat 0,2 detik.

Tidak ketinggalan aura interior mendapat sentuhan baru. Desain dashboard terlihat lebih mewah dengan lekuk baru yang lebih menarik. Kabinnya pun diklaim lebih lapang pasalnya memiliki dimensi yang lebih luas dari varian terdahulu.

Yang menarik lainnya dari Avanza Veloz adalah semakin memanjakan pengemudi. Kemudi dilengkapi Electronic Power Steering, akan memudahkan untuk bermanuver dengan lincah plus fitur ini juga bisa berfungsi untuk menekan penggunaan konsumsi BBM.

Pengendaraan
Berada di balik kemudi Veloz sangat menyenangkan. Aura kelir hitam yang menjadi dominasi pada dashboard terlihat enak dipandang. Desain tripmeter dan indikator transmisi yang sekarang tampil semakin mewah dan sporty.

Pilar A yang dibuat lebih melandai membuat pandangan mata menjadi lebih leluasa untuk melihat sekitarnya terutama kondisi di depan.

Ketika berada di atas kecepatan 120 kpj terasa lebih stabil, hal ini membutikan penyempurnaan yang dilakukan pada suspensi terjawab dengan baik. [dp/Wyu]

© 2014, Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com. All rights reserved.
20 Komentar


CAPTCHA Image
*

  1. Actgiant

    Baru Avanza type E, lama tahun 2008 Km 250 ribuan, stiap hari perjalanan 270 Km, jln di daerah siantar simalungun lumayan hancur, setiap hari hajar lobang, kerusakan hanya 1x ganti karet shock belakang, ganti ban dan kanpas rem, setiap klipatan 50 ribu Km,ganti oli 4 ribu Km dgn Filter oli, isi bensin, ganti wiper depan 2x, service AC 1x tdk ada sparepart yg diganti, oli transmisi ganti tiap 8 ribu kilo, semua original, krn saya suka tipe E krn memang kontur jalan yg amat jelek dr Pematangsiantar simalungun sampai berastagi, parapat, haranggaol, seribu dolok, sidamanik, jln kebon..
    Nih mobil bukan sembarang mobil, Saya pakai 4 tahun saya jual masih mantap tarikannya tol medan top speed full standard 175 kph, dalam waktu sebentar, saya berani adu sama ford everest, pajero untuk jln di rute diatas.. saya jamin avanza pemenangnya.. gaya mengemudi agresif dan liar…
    Saluteeeee Buat Avanza
    Saya jual ganti New Avanza tipe E 2013 bulan februari skrg Km 60 ribu, baru ganti ban sama oli dan isi bensin, kampas rem..
    Masalah yg saya alami pake avanza new hanya blower ac baris 2, krn sering mengemudi agresif dan hajar lobang, sering bunyi, spt ada yg patah didalam blowernya, tp saya cuekin, krn jrg pakai, ac depan aja dah dingin menggigil pada hal masih 1/3 setelannya..
    Mantap Avanza..kau idolaku walau kata org suspensimu ajrut ajrutan, mau mobil apapun klo dah jalan hancur, dan jalan kebun, mobil hummerpun pasti ajrut ajrutan.. ada yg mau adu ketahanan mobil, dgn avanza aku.. 8-)

  2. Actgiant

    Avanza lama tahun 2008 Km 250 ribuan, stiap hari perjalanan 270 Km, jln di daerah siantar simalungun lumayan hancur, setiap hari hajar lobang, kerusakan hanya 1x ganti karet shock belakang, ganti ban setiap klipatan 50 ribu Km,ganti oli 4 ribu Kmi, isi bensin, ganti wiper depan 2x, service AC 1x tdk ada sparepart yg diganti,x, oli transmisi stiap 8 ribu kilo

  3. kanapa memilih avanza??

    karena mobil paling gampang dijual dan paling banyak di curi oleh oranggg

    bangsat toyotta!!

    mobil gw hilanggg diambil orangggg taik! :no:

  4. betterinbulk.net

    You’ll be in point of fact a superb internet marketer. The internet site running quickness is definitely incredible. It appears that what you are doing every exclusive secret. Additionally, The articles are usually masterwork. you will have completed fantastic action on this topic!

  5. yahhhhh kalau r3 emg murah cuman r3 gak pakai gardang kan….
    mending veloz aje…,

  6. ane dah beli ertiga matic, setelah dibandingin ama veloz punya kantor,
    1. Ertiga lebih senyap
    2. transmisi matic ertiga lebih alus
    3. ertiga lebih mewah interiornya
    4. tapi kok ertiga lebih murah ya?

    test drive aja klo gk percaya

  7. ayo yang mau beli avanza veloz 2013 cepat hubungin tunas toyota bintaro, harga bersaing proses cepat.

  8. Bandung

    Realistis nya Avanza Veloz masih pilihan yg rasional dan terbaik. Improvement yg di lakukan pada Veloz, menjadikan mobil ini berkelas, dengan harga yang pantas.

    Tinggal fitur keselamatan seperti dual air-bag, maka Avanza Veloz bisa masuk dalam hitungan high performace small MPV.

  9. donald

    lampu indikator bbmn veloz saya bermasalah masa range nya 253 kotsk bbmn nya ke isi 3..

  10. Saya sempat bingung memilih suzuki ertiga ato avanza veloz. Tp setelah berpikir” akhirnya saya memilih avanza veloz karena harga jualnya tinggi

  11. Name...wiwi

    Jd bingung aye liat2 mbl biasa sihh pake avanza 2008 tpi kmrn sdh ter drive evalia XV lengkap luas cm krg sregg sm body aja kr veloz gmn ya???

  12. Awalnye aye bingung, milih ertiga apa veloz. Berhubung saya cari mobil matik ฯ​​α̇̇ηğ stabil harganya dan kenyamanannya gak jauh beda ama ฯ​​α̇̇ηğ lain, akhirnye aye pilih veloz.

  13. HENDRA MARTANA SUHAD

    sy ingin share ttg veloz 1,5 matic baru yg kami beli awal bln April’12..bbrp bulan kami pakai konsumsi BBMnya dlm kota hanya 6,5km/L…AVG di spidometer pun hampir sama dg perhitungan manual…saat service 1.000km kami ajukan keluhan kami..hasilnya sedikit ada perubahan mjd 7,5km/L…menurut teman2 apakah wajar konsumsi BBM Veloz kami? sdgkan sy baca survei/test drivenya antara 9-11km/L konsumsi BBMnya?? Mohon pencerahannya…Tks.

  14. mantab

    akhirnya saya meilih Ertiga, setelah tes drive ke 2nya, eertiga jauh lebih mantab, dan kaya fitur, terutama fitur keselamatan, veloz, menag di tampang saja, tapi mobil kurang nyaman, dan aman, serasa kemahalan untuk mobil yg kurang nyaman

  15. henry soehendro

    Akhirnya says memilih veloz,tetapi saya ambil di Jakarta ketimbang solo,beda harga cukup lumayan

  16. Julian

    New avanza yang sekarang suspensinya sudah lebih baik dari versi lama. Saya sendiri pengguna avanza baru & pernah menggunakan avanza lama. Intinya sih kualitasnya lebih baik dari versi lamanya.

  17. henry soehendro

    saya bingung nih pilih veloz atau evalia,pernah lake avanza2004 agak payah terbanting-banting,dibanding Serena lama 97 matic saya jauh stabilitasnya,hanya setelah lihat Dan test drive evalia SV Bagus tapi interior kasar sekali kesannya kurang kelas pdhal Nissan nama yg besar

  18. Name...ateng

    Skrg pada melirik pada suzuki ertiga

  19. nunggu facelift-nya aja

  20. untuk saat ini mungkin AV/AX lom ada tandingan, biar di patok dengan harga segitu masih banyak peminat nya.
    tapi misal pesang nya udah muncul kira2 harga velos bisa bersaing apa gk ya?