Isuzu Bangun Pabrik Baru di Karawang

Isuzu Bangun Pabrik Baru di Karawang
/

SLEMAN (DP) – Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) sedang membangun pabrik baru di kawasan industri Surya Cipta Karawang. Pabrik baru akan memiliki kapasitas produksi 80 ribu per tahun.

Pembangunan pabrik Isuzu dalam rangka merespon perkembangan segmen kendaraan komersial di Indonesia. Menurut Isuzu, sepankang 2011, segmen komersial naik 30,1% menjadi 291 ribuan unit. Kue kendaraan komersial sendiri menguasai sekitar 32,6% total pasar otomotif nasional.

Di medium truk, hanya menguasai 3,2% dari 24585 unit yang terjual secara nasional pada 2011. Segmen medium truk sendiri naik 13,3% dari tahun sebelumnya.

Saat ini IAMI memiliki fasilitas produksi di Pondok Ungu, Bekasi. Kapasitas pabrik ini mencapai 35-40 ribu unit per tahun. Isuzu Elf dan Isuzu Giga dilahirkan di pabrik Pondok Ungu. Sementara Isuzu Panther dirakit di PT Gaya Motor, Jakarta Utara.

“Dengan berkembangnya pasar kendaraan komersia, pabrik di Bekasi tidak memungkinkan lagi untuk ditambah kapasitas produksinya,” kata Yohannes Nangoi, Presiden Direktur IAMI.

Pabrik Karawang disiapkan untuk memproduksi kendaraan-kendaraan komersial. “Produk-produk dari Karawang tidak hanya untuk konsumsi domestik. Kami akan ekspor,” imbuhnya.

Pabrik Karawang akan berdiri di lahan seluas 300 ribu meter persegi. Dana pembelian lahan diambil dari IAMI. “Namun, kami  belum putuskan dari mana dana pembangunan untuk pabrik. Masalah ini masih dalam tahap pembicaraan dengan Isuzu Motors. Total investasi di atas Rp 1 triliun.” [dp/Ind]

© 2014, Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com. All rights reserved.
5 Komentar


CAPTCHA Image
*

  1. kalo ada lowongan buat methenen,las saya sudah pengalaman,dah kalo ada buat operator forklif,cran,dan wheelloder saya juga sudah ada shio y.

  2. Name...haris

    saya siap jadi operator
    saya pengalaman dibidang otomotip

  3. enu suharna

    kalau butuh buat painting sy siap ..sy pengalaman painting 6 thn..jabatan leader ..email aja y..makasih

  4. asik lowongan kerja baru untuk karawang,

  5. wilson

    Benar…saya yg lagi buat kavling nya seluas 30HA