Mesin V12 Terkecil di Dunia Karya Enjiner Spanyol

Mesin V12 Terkecil di Dunia Karya Enjiner Spanyol
/

MADRID (DP) — Memanfaatkan aluminium, perunggu dan baja, Paleto telah menghabiskan waktu sekitar 1.200 jam untuk membuat mesin V12 yang mungkin terkecil di dunia. Para mekanik atau insinyur yang mengaku sangat mencintai mesin tampaknya pantas melihat karya enjiner Spanyol ini.

Mesin karya Paleto jelas sangat mengagumkan. Paleto tak hanya hafal teknis mesin. Jauh dari itu, dia sanggup mencurahkan nilai seni pada mesin buatannya.

Bertenaga kompresi injeksi udara, Paleto membangun mesin V12 dengan total volume silinder 12cc. Setiap piston yang dibuatnya hanya berukuran 11,3 mm. Hebatnya, walau berukuran supermini mesin tersebut bisa hidup.

Menurut Paleto mesin kerdil buatannya hanya untuk kebutuhan edukasi. Dia pun tidak berencana menjual mesin itu, kendati banyak pecinta otomotif yang akan menawarnya.

Paleto mengaku membuat mesin itu karena kecintaannya yang tinggi terhadap rancang bangun mesin. Dikatakannya, mesin ini dibuat untuk dipersembahkan keada cucunya agar bisa belajar sepertinya.

Untuk membuat mesin tersebut Paleto membubut satu per satu komponen secara presisi. Dia pun berhasil menciptakan 261 komponen serta 222 baut.

Pekerjaan belum selesai sampai di situ. Dia kemudian merakitnya sendiri dengan waktu yang tak kalah lama. Selain butuh keterampilan, merangkai mesin sekecil itu tentulah membutuhkan kesabaran tinggi.

Di bawah ini adalah video proses pembuatan mesin V12 12cc karya Paleto yang telah diunggah ke Youtube. [dp/GRG]

© 2014, Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com. All rights reserved.
5 Komentar


CAPTCHA Image
*

  1. her Brother

    itu lain untuk mobilan RC mas….
    klo ini sistemnya kaya kompresor, tp ini kbalikannya… bukannya menghasilkan angin, tp ni msin digerakan angin(di semprotkan angin) ky mesin uap kereta api……
    klo mesin terkecil yg V8 sampean liat, tu asli menggunakan bahan bakar And karburator.. tp ad jg yg udah pakai fuel injeksi

  2. supria pecinta mesin

    Tuh jalaninnya pake apa elektrik apa bahan bakar premium ..

  3. najmi zaidan arif

    harga V12 berapa?

  4. JonKemot

    Data di Youtube “Uploaded by yesuswilder10 on Nov 9, 2011″
    Kok bisa udah 3 tahun bro???

    Gw sih baru liat… Cakep nih!

  5. saya sudah melihat 3 tahun lalu,. mesin ini untuk mobil remote RC… sebelumnya sudah ada yg memakai mesin V8, jd info ini ngga up2date.