Titik-Titik Perubahan All New Honda CR-V 2012

Wisnu Guntoro Adi | 29-Nov-2011
Titik-Titik Perubahan All New Honda CR-V 2012
POPULER
Sensualitas 'Gadis Payung' dari Negeri Pizza (Galeri Foto)Suzuki akan Investigasi Mendalam VinalesPenyebab Motor Rossi 'Kelabutan' di MotoGP MugelloHonda Supra GTR Mengaspal di Harga Rp 21,3 JutaValentino Rossi : Saya Malu Balapan di Mugello

TOKYO (DP) — Bisa dipastikan Honda akan melepas all new Honda CR-V 2012 ke pasar Indonesia pada tahun depan setelah Jepang memulai penjualan pada Desember 2011.

Kini publik nasional sangat menanti kehadiran SUV yang telah terjual sebanyak 5 juta unit di seluruh dunia sejak generasi pertama 1995 itu. Publik mungkin telah mengetahui bentuk generasi keempat CR-V, meski secara detil spesifikasi masih banyak dipertanyakan.

Seperti generasi sebelumnya, untuk pasar Jepang CR-V 2012 tetap mengandalkan dua pilihan mesin bensin, yaitu 2.4-liter i-VTEC dan 2.0-liter i-VTEC.

Nah, seperti apa fitur kunci pada all new CR-V 2012, berikut poin-poinnya:

  • Gaya eksterior mengilustrasikan kekuatan dan fungsionalitas CR-V. Bumper depan dibuat lebih aerodinamis, sementara jendela belakang lebih melengkung agar tercipta ruang kargo lebih luas. Desain belakang seperti itu juga bertujuan memperkuat desain CR-V secara keseluruhan.
  • CR-V terbaru mendemonstrasikan perhatian baru di dalam berkendara. SUV ini juga memberikan fitur-fitur tambahan guna meningkatkan kenyamanan mengemudi, dan memiliki fungsionalitas serta kontrol lebih canggih.
  • CR-V meletakkan layar pusat (di dashboard) yang bisa memberikan fungsi informasi terbaru, serta mememperlihatkan data-data dalam format yang nyaman dan mudah dibaca. Tombol-tombol kontrol pada layar monitor dibuat lebih halus dengan posisi dan desain yang mudah diraih, sehingga tidak mengurangi fokus pengemudi ketika berkendara.
  • Dengan dimensi bodi lebih kompak dari generasi sebelumnya, CR-V terbaru memiliki interior lebih panjang 225 mm dan area kargo lebih besar 65 liter, sehingga tingkat kenyamanan dan fungsinya bertambah.
  • Mesin versi 2.0-liter masih berkarakter kuat menyakurkan torsi ke roda depan dari putaran mesin bawah dan menghasilkan penghematan bahan bakar. Faktor ini diuntungkan oleh penerapan teknologi mesin i-VTEC dan transmisi CVT. Dengan tingkat akselerasi sejajar dan akselerasi keseluruhan sama seperti mesin 2.4-liter, mesin 2.0-liter menghasilkan gesekan lebih rendah yang membuatnya mampu mengonsumsi bensin 14,4 km/liter.
  • Mesin 2.4-liter kini lebih canggih dan menggunakan transmisi otomatis 5-speed. Dibandingkan model sebelumnya, CR-V 2012 menghasilkan tenaga 20 PS lebih besar. Ini terjadi akibat peningkatan rasio kompresi dan beberapa sistem mekanis lainnya. Mesin i-VTEC ini juga lebih hemat bahan bakar karena rendah gesekan.
  • Untuk versi Real Time AWD (all-wheel drive) pada varian 24G telah dibekali fitur Intelligent Control System guna mendeteksi akselerasi di permukaan licin atau bersalju. Fitur ini juga berfungsi menambah keseimbangan ketika manuver di tikungan.
  • Lipatan bangku belakang dalam format 60/40 menguntungkan dalam akses barang dan memerluas fungsi kargo. Kursi ini juga lebih mudah ditekuk ketimbang kursi lipat tradisional. Setiap kursi belakang dapat dilipat ke depan hingga menciptakan lantai datar. Selain itu, berkat desain area kargo yang rendah bongkar muat barang menjadi lebih mudah. [dp/GRG]
© 2016 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR

  1. Penghemat BBM
    11 January 2013

    Sama2 menunggu :)

  2. Sg
    7 August 2012

    Denver ya Akan launching sept ini. Ditunggu NIH

  3. Hanna Li
    24 July 2012

    Kalo kelamaan datang ke indonesia, nti namanya jadi berubah All new CRV 2013…..wkwkwkwk…

  4. b.widjanarko
    22 July 2012

    sudah Juli 2012 belum tampak CRV 2012. Kapan CRV’12 meramaikan otomotif Indonesia? Benarkah sudah bisa inden di salah satu dealer di Jakarta?

  5. Bismara
    11 June 2012

    Yang di launching kmren rupanya
    Generasi ke tiga belum ada perubahan
    Eksterior yg signifikan./
    Kayanya belum ada kepastian
    Pihak Honda untuk crv generasi
    Ke empathy ni yah.//
    Tlg info.//..

  6. Ken
    1 April 2012

    Looks good, more detail for launching

  7. M. Sabar
    17 February 2012

    Kapan pastinya masuk ke Indonesia,..?jangan lama-lama apalagi lewat tahun 2012 sebab dari beberapa merek mobil sedang menlunjurkan generasi terbaru…

  8. Indra Patrianto
    4 February 2012

    info dari beberapa dealer honda tidak pasti … membingungkan … mohon infonya … kehadiran all new CR-V

  9. tika chairul
    23 January 2012

    Masuk indonesia kapan ya?