Test Drive All New Avanza Serasa dalam Kabin Innova

Test Drive All New Avanza Serasa dalam Kabin Innova
/ 27 November 2011

PADANG (DP) — Keinginan menjajal performa Toyota All New Avanza pada acara test drive bertajuk ‘Sejuta Impian’ di Ranah Minang (22 – 24 November) lalu, terpaksa harus ditunda dulu. Kali ini dapurpacu.com, hanya duduk manis sebagai penumpang selama ujicoba rute Padang – Bukit Tinggi dan Bukit Tinggi – Padang.

Sejak tiba di Padang, kondisi kesehatan saya agak terganggu,  daripada bermasalah di jalan,  saya lebih memilih menjadi penumpang. Dari Bandara International Minangkabau menuju rumah makan Lamun Ombak, saya langsung duduk di baris kedua Avanza Veloz, salah satu kasta tertinggi dari sekian banyak varian All New Avanza.

Kesan pertama langsung menggoda. Meski rute menuju rumah makan Lamun Ombak sangat dekat, namun saat pengemudi mulai menggenjot pedal gas Avanza Veloz, terasa ada perbedaan yang cukup signifikan dibanding varian sebelumnya.

Saya pun dengan cermat mengamati ruang kabin, mulai dari dasbor yang kini tampil dengan desain baru dan two tone colour hingga posisi pengemudi,  sepertinya lebih nyaman karena setir bisa diatur  sesuai keinginan. Audionya pun bisa dikontrol dari palang kemudi.

Pandangan beralih ke desain tripmeter dan indikator transmisi yang sekarang tampil semakin mewah dan sporty. Kenyamanan dan keselamatan semakin lengkap, dengan adanya AC double blower pada baris kedua, dan sabuk pengaman pada seluruh kursi.

Lebih dari itu, kaki dengan tinggi badan lebih dari 170 cm menyisahkan ruang yang lebih, sehingga duduk lebih lama di baris kedua untuk sebuah perjalanan Padang – Bukit Tinggi tidak terasa cepat lelah, bahkan bisa tertidur pulas.

Pemilihan lokasi test drive Padang – Bukit Tinggi, semula mengundang banyak pertanyaan, apakah All New Avanza akan kuat nanjak, maklumlah, rute di daerah Ranah Minang ini sangat terkenal dengan tanjakan dan turunan bahkan berkelok-kelok.

“Kita lihat saja,” kata bro Rouli Sijabat, Manager PR Toyota Astra Motor yang berada satu mobil dengan dapurpacu.com.

Start dimulai dari rumah makan Lamun Ombak, menempuh rute Pariaman melewati Lembah Anay. Iring-iringan All New Avanza pun langsung mengundang perhatian pemilik mobil lain. Maklumlah, pemakai Avanza di daerah ini lumayan banyak. Bahkan tak jarang kami berpapasan dengan Avanza varian lama, yang membuat pemiliknya mendelik saat memandang Avanza Veloz . Varian ini memang terlihat lebih sporty, mampu melahap  tingkungan-tikungan tajam dan terjal sehingga mampu menyalip mobil-mobil lain yang terseok-seok.

Avanza Veloz menggendong  mesin 1.495 cc, empat silinder, 16 V, DOHC VVT-i. Mesin ini mempunyai daya maksimum 104ps/6.000 rpm dengan torsi maksimal 13,9 kg-m ada 4.400 rpm. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi manual lima percepatan dan otomatis 4-speed.

Hebatnya, dengan kondisi jalanan yang bergelombang serta berlubang tak membuat kenyamanan penumpang terganggu. “Suspensi dan bagian kaki-kaki sudah disempurnakan Toyota,” kata Rouli.

All NewAvanza dibekali suspensi depan Mac-Pherson Struts dan suspensi belakang per keong yang meningkatkan kestabilan dan kenyamanan. Toyota juga melengkapi mobil sejuta umat ini  dengan Spring Upper Insulator untuk menambah kesenyapan pada kabin.

Tidak hanya itu, Veloz juga semakin mudah dikontrol kendali stirnya oleh pengemudi berkat adanya fitur baru, yakni Electronic Power Steering (EPS). Selain memudahkan mengendalikan kemudi, EPS juga dapat membantu konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.

Fitur EPS begitu terasa ketika berjalan di rute berkelok-kelok, seperti yang dilakukan rombongan Avanza  saat menuju Lembah Harau, Payakumbuh. Stir  lebih ringan saat berbelok di tingkungan tajam, dan dengan sangat mudah berbalik ke posisi semula saat dilepas.

Perjalanan test drive All New Avanza kali ini tak hanya sekadar  menikmati performa dan kelincahan mobil laris  manis sepanjang masa ini. Perjalanan ke Bukit Tinggi, ini juga diselinggi dengan wisata kuliner dengan mencicipi hidangan khas Sumatera Barat dan keindahan pemandangan air terjun dan hamparan tebing-tebing kapur di sepanjang perjalanan menuju Lembah Harau.

Puas menikmati keindahan Lembah Harau dan mengambil foto-foto All New Avanza berlatar air terjun, rombongan bersiap-siap kembali ke Bukit Tinggi, dan akan menginap di Hotel Hills.

Setelah merasakan nyamannya Avanza Veloz, dari Bukit Tinggi ke Padang, dapurpacu.com kembali menjadi penumpang, kali ini dengan  All New Avanza 1.5 G manual dengan  5-percepatan.  “Ini merupakan varian terbaru Avanza, dan varian 1.5 G ini tak memiliki pilihan transmisi otomatis,” ujar Rouli.

Saya memilih duduk di baris kedua dalam perjalanan Bukit Tinggi – Padang yang akan menempuh perjalanan sepanjang 150 km. Tak ada perbedaan posisi jok Veloz dengan All New Avanza G 1.5l.  Keduanya bisa digeser maju-mundur.

Sebelum meninggalkan Bukit Tinggi, rombongan melakukan sesi foto di Jam Gadang. Perjalanan dimulai dengan tujuan awal Minangkabau Village, Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau, Padang Panjang.

Kondisi lalu lintas Bukit Tinggi  – Minangkabau Village terbilang macet, antrian kendaraan umum maupun pribadi cukup panjang.  Namun, berkat driver yang handal, antrian panjang dapat dipersingkat dengan cara menyalip paling sedikit empat hingga lima mobil. Tak perlu khawatir, karena akselerasi Avanza G 1.5l sangat agresif apalagi dibanding dengan varian matic.

Hanya dalam waktu 1 jam lebih, rombongan sudah tiba Minangkabau Village. Di kawasan wisata ini, disajikan makanan khas Padang Panjang, Sate Mak Syukur, yang maknyus rasanya. Tak lupa meninjau  Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau. Disini, merupakan pusat penyimpanan artikel dan foto-foto bersejarah tentang dokumentasi kebudayaan Minangkabau.

Usai menikmati sejarah dan kebudayaan di Minangkabau Village, rombongan beranjak menuju Kota Padang. Perjalanan menuju Kota Padang bisa ditempuh lebih dari satu jam, tergantung kondisi lalu lintas. Maklum rute ini, selain padat dengan kendaraan pribadi, juga bercampur dengan bus, truk dan kendaraan umum lainnya.

Sementara jalurnya terbilang sempit, jadi jangan berharap bisa mengembangkan kecepatan kalau pengemudinya tidak menguasai rute, kapan harus menyalip dan kapan harus menyelip diantara truk, bus, dan mobil pribadi. Seringkali kami harus berhadap-hadapan dengan kendaraan yang berlawanan arah. Namun, berkat All New Avanza, yang lain siap mengalah.

Perjalanan All New Avanza berakhir di Pangeran Beach Hotel yang berlokasi di bibir Pantai Padang.  Meski hanya menjadi penumpang,  saya bisa merasakan kenyamanan All New Avanza seperti duduk dalam kabin Innova.  [DP/Gus]

© 2014, Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com. All rights reserved.
19 Komentar


Click to Insert Smiley

SmileBig SmileGrinLaughFrownBig FrownCryNeutralWinkKissRazzChicCoolAngryReally AngryConfusedQuestionThinkingPainShockYesNoLOLSillyBeautyLashesCuteShyBlushKissedIn LoveDroolGiggleSnickerHeh!SmirkWiltWeepIDKStruggleSide FrownDazedHypnotizedSweatEek!Roll EyesSarcasmDisdainSmugMoney MouthFoot in MouthShut MouthQuietShameBeat UpMeanEvil GrinGrit TeethShoutPissed OffReally PissedMad RazzDrunken RazzSickYawnSleepyDanceClapJumpHandshakeHigh FiveHug LeftHug RightKiss BlowKissingByeGo AwayCall MeOn the PhoneSecretMeetingWavingStopTime OutTalk to the HandLoserLyingDOH!Fingers CrossedWaitingSuspenseTremblePrayWorshipStarvingEatVictoryCurseAlienAngelClownCowboyCyclopsDevilDoctorFemale FighterMale FighterMohawkMusicNerdPartyPirateSkywalkerSnowmanSoldierVampireZombie KillerGhostSkeletonBunnyCatCat 2ChickChickenChicken 2CowCow 2DogDog 2DuckGoatHippoKoalaLionMonkeyMonkey 2MousePandaPigPig 2SheepSheep 2ReindeerSnailTigerTurtleBeerDrinkLiquorCoffeeCakePizzaWatermelonBowlPlateCanFemaleMaleHeartBroken HeartRoseDead RosePeaceYin YangUS FlagMoonStarSunCloudyRainThunderUmbrellaRainbowMusic NoteAirplaneCarIslandAnnouncebrbMailCellPhoneCameraFilmTVClockLampSearchCoinsComputerConsolePresentSoccerCloverPumpkinBombHammerKnifeHandcuffsPillPoopCigarette

  1. bagindo

    Avanza tipe S 2009 cangkok turbo. Maap sekelas inopa lewat gan heheheeee

  2. briant jones

    saya pemilik dan pengguna avanza dari new sampai all new ternyata gak ada bedanya ajrut2an kecepatan diatas 100 udah ngeri..ah.. kalo seenak innova gak lah…

  3. artikelnya ASTRA banget, mirip kaya artikel AHM tiap ngeriview motor bebek baru.

  4. papanagladies

    Aku lebih senang naik sepeda onthel… Lebih irit bahan bakar. Bahan bakarnya cuman segelas es teh manis plus pecel lele…..xixixixixi

  5. dear pembaca. artikel ini ngawur dan tak bs dipercaya. beda bgt kenyamanan Innova sama Avanza, jauh lebih nyaman Innova kemanamana. saya baru nyobain sendiri.
    Penulis artikel ini sangat jelas belum pernah naik keduanya.
    Mohon kpd penulis agar jangan memberikan informasi yg ngawur

    trims

  6. banyak hal yg gua ga suka jadi bangsa indonesia. orangnya pada belagu..miskin aja belaga kaya, bikin produk ga bisa, bisanya bikin tai doang, produk orang di hina… dasar otak udang, loo pada belajar coba supaya bisa bikin mobil yg loo semua banggain.. jangan jadi pengecut.. bego loo..!!

  7. lo.. semua orang indonesia banget.. miskin aja belaga kaya.. malu maluin bangsa aja.. loo.. emang sudah bisa bikin apa ? paling loo bisa bikin iler doang..

  8. kasian lo.. semua pada pengen mobil baru.. kagak kebeli, akhirnya lo.. jelek jelekin orang.. dasar lo…!!

  9. saya yakin tidak semua yg koment punya mobil.. kasian deh..

  10. Gw baru beli all new avanza 1,5 G…awalnya gw kira rasanya bakal ga beda jauh dgn avanza yg lama tp.stlh dicoba bodinya agak kokoh skrg dr buka pintu sj trasa beda tdk seringan versi lama. Kalo soal nyaman spt inova hampir sama tp lbh nyaman inova tentunya. Overall kualitas all new lbh baik dr sblmnya wajar hrg lbh mahal tp performance agak kurang rasanya entah apa krn bodinya da ga trasa kaleng x? Soalmya beda dgn avanza gw yg lama 1,5 type S lbh gesit.

  11. Si pengoleksi semua

    All new avanza memang benar2 nyaman di pakai, cantik di pandang, co2k untuk mobil keluarga, jg co2k untuk mobil bergaya buat anak muda masa kini.. Avanza memang laris manis.. Wawww..!?

  12. master

    Sabar komentar kok pada gatheli kabeh kuatnya beli Avanza ya udah , kan avanza juga nyaman dari pada Inova Rental , Taex kabeh

  13. orang orang munafik semua , bisanya cuma menghina , penulis artikel ini hanya menjalankan tugas liputannya sebagai jurnalis sebagai mata pencaharian , gitu aja kok dmaki maki , dasar orang tolol semua , semoga maju terus dapurpacu.com untuk dunia otomotif nasional

  14. Harri BP

    Wah.. masak tho apanja senyaman innopa.?
    Dari Harga seja cuma separo innopa..

    Kaleng gitu mau dibandingin dengan innopa.
    Bandingin dengan xenia atau grand lipina aja bro,, sebanding tu

  15. cybergod

    maklumlah sodara2, yg nulis belom tentu punya mobil, jadi sekali naik new apanjah langsung seperti naik mercy hehehe

  16. Info Harga OTR wil Surabaya & sekitarnya :

    AVANZA E 1300 MANUAL Rp 152.900.000
    AVANZA E 1300 AUTOMATIC Rp 163.700.000
    AVANZA G 1300 MANUAL Rp 167.900.000
    AVANZA G 1300 AUTOMATIC Rp 179.100.000
    AVANZA G 1500 MANUAL Rp 175.200.000
    AVANZA VELOZ 1500 MANUAL Rp 180.700.000
    AVANZA VELOZ 1500 AUTOMATIC Rp 190.800.000

    For further information visit:
    http://bit.ly/vAF0Px

  17. scaniverz

    walah, kalengnya masak seperti naik innova, gombal amat tu

    suspensinya masih bikin mual gk yah….

  18. SABETSANA

    Mas, nek ngasih komentar jangan2 macem2, masak avanza se nyaman innova, gombal po, dosa ngapusi bangsa sendiri .. kagak malu rakyat, lu japang atau ina sih, dari namanya sdh ketahuan … avanza veloz= avanza pelo …. gak cetho omongane … kaya mase iya to. oh Ngapusi bangsa sendiri ..malah jadi jongose jepon. hech

  19. halak hita

    ah, taik kucing lah !!…. pernyataan bodoh = “saya bisa merasakan kenyamanan All New Avanza seperti duduk dalam kabin Innova” mana bisa begitu??? dasar goblok, kalau mau kasih komentar jangan membabi buta mentang-mentang dibayar, tapi yang realistis dan masuk akal, avanza berasa naik gerobak dari dulu termasuk juga yang baru. jujur saja, kenyamanan innova jauh kemana2, gw punya dua mobil ini, jadi gw exactly paham banget. dasar otak udang!!