All New Sirion Deluxe Test Drive di Malaysia

All New Sirion Deluxe Test Drive di Malaysia
/ 24 October 2011

Kuala Lumpur (DP) — Daihatsu All New Sirion memang tidak sepopuler Honda Jazz di Indonesia. Tapi, di negeri jiran, sebaliknya. Dikenal sebagai Perodua MyVi, city car  ini laris manis di pasar Malaysia. Harganya murah, bahan bakar irit,  nyaman dan lincah saat dikendarai di jalanan ibukota, maupun luar kota.

Fakta inilah yang ingin disampaikan Astra Daihatsu Motor (ADM) saat mengundang wartawan Indonesia dalam sebuah acara  bertajuk  All New Sirion Journalist Test Drive in Malaysia  (18 – 20 Oktober).

Usai pengarahan di Hotel Pan Pacific Kuala Lumpur, Selasa (18/10) delapan unit Sirion (matic dan manual) siap diajak bermanuver ke Kota Melaka. Satu mobil diisi dua wartawan. Dapurpacu berpasangan dengan oto.co.id mengendarai Sirion Deluxe Matic.

Dari lobby Hotel Pan Pacific, Kuala Lumpur, satu persatu All New Sirion meluncur, menempuh rute pertama Kuala Lumpur – Kota Pelabuhan Melaka sejauh 130 km.

Sempat tertinggal, All New Sirion Deluxe langsung di geber untuk segera bergabung dengan tujuh Sirion lainnya. Setelah itu, kejar-kejaran pun  tak bisa dihindari, masing-masing ingin mendahului. Maklumlah, jalan kampung yang dilalui mirip jalan tol di Indonesia, mulus, lurus dan tidak bergelombang apalagi berlobang.

All New Sirion Deluxe pun melesat. Dapurpacu yang duduk sebagai penumpang merasakan hentakan mesin 1.3l  cukup galak. “Seperti ada turbonya mas,” ujar teman yang duduk di balik kemudi.

Hebatnya, mesin 1.300 cc-nya tak mengeluarkan suara gemuruh,  meski angka pada speedometer sudah berada di posisi 100 km per jam. “Pedal gasnya masih nyisa banyak nih,” tambah wartawan senior yang sudah tak terhitung melakukan test drive berbagai merek mobil ini.

Setelah melewati jalan lurus tanpa hambatan di daerah Sepang, rombongan Sirion mulai memasuki perkampungan Lukut. Jalan mulai berkelok-kelok, terkadang naik lalu turun, namun kecepatan Sirion masih bisa dikembangkan di atas 70km per jam. Sama seperti jalanan di daerah Sepang, sepanjang jalan Lukut, Rantau, Linggi,  di kiri kanan jalannya berjajar puluhan ribu tanaman sawit yang tampak hijau menyejukkan mata. Sesekali kami juga melihat rumah penduduk bergaya khas melayu.

Teman yang duduk di belakang kemudi tak henti-hentinya membandingkan dengan Indonesia. Mulai dari infra struktur sampai masalah korupsi habis dikritiknya. Mungkin, kalau para pembaca menjadi kami berdua saat itu, Anda pun akan berbicara yang sama dan kagum bagaimana Malaysia membangun negerinya, mulai dari kota hingga pelosok desa.

Pengalaman melakukan test drive di Indonesia dengan Malaysia memang terasa bedanya. Untuk jarak 130 km, kalau tanpa berhenti dengan rata-rata kecepatan di atas 80km per jam hanya butuh waktu paling satu setengah jam saja. Bayangkan kalau anda melewati jalan tol Cipularang atau jalur puncak.

Sedang asyik berbincang soal Malaysia dan Indonesia, tiba-tiba rombongan sapi menyebrang. Dengan sigap,  pedal rem Sirion pun ditekan dalam-dalam, mobil pun berhenti mendadak, namun tak ada gejala limbung meski jalanan basah akibat turun hujan.

Sebelum berangkat, kami memang sudah diingatkan teman-teman dari Perodua Malaysia, agar berhati-hati melewati perkampungan di sepanjang jalan menuju Kota Pelabuhan Melaka karena banyak sapi milik penduduk yang melintas tiba-tiba. Beruntung teman saya sigap, saat sapi-sapi itu melintas.

Sisa waktu tempuh untuk sampai di Kota Pelabuhan Melaka tinggal separoh lagi, kurang lebih menyisahkan jarak sekitar  50-an kilometer, saat rombongan beristirahat di sebuah SPBU. Setelah itu, giliran dapurpacu yang duduk di belakang kemudi.

Rute selanjutnya menuju Lubok Cina, melewati perkampungan Brisu, Alor Gajah dan terakhir Kota Pelabuhan Melaka. Sama seperti jalan-jalan perkampungan sebelumnya, di sisa perjalanan ini cukup bervariasi. Terkadang kami melalui jalanan lurus, menanjak dan menurun tak terkecuali tikungan tajam.

Speed All New Sirion sudah mendekati 100 km per jam, namun city car ini masih nyaman dikendarai. Menanjak tinggal menggeser tongkat persneling ke posisi 3 agar mendapat power yang lebih besar.  Sekali lagi, tak ada gejala limbung saat melahap tikungan tajam di daerah Lubok China, yang terkenal dengan medan yang   meliuk-liuk.

Mobil dari arah berlawanan pun semakin banyak yang berseliweran. Butuh konsentrasi prima saat menghadapi kondisi lalu lintas seperti itu, apalagi ini pengalaman pertama melintas jalan dari Kuala Lumpur ke Kota Pelabuhan Melaka.

Tak terasa, rombongan All New Sirion sudah memasuki pelataran parkir Casa Del Rio Hotel – Melaka, tempat kami menginap selama berada di kota pelabuhan ini.

Top Speed di Jalan Tol

Hari kedua di Kota Pelabuhan Melaka sebelum meluncur ke Kuala Lumpur, rombongan diajak melihat obyek wisata peninggalan masa lalu, seperti rumah panggung Kampung Melayu, benteng tua dan gereja peninggalan jaman Portugis.

Selesai keliling Kota Pelabuhan Melaka, perjalanan menggunakan All New Sirion akan dilanjutkan ke Kuala Lumpur  melalui jalan bebas hambatan sepanjang 160 km dengan tujuan akhir Putrajaya.  Rombongan akan melewati daerah Bukit Beruang, Ayer Keroh, Alor Gajah, Tampin, Linggi, Senawang, Seremban, Nilai, Sepang, Cyberjaya dan Putrajaya.

Setelah menjajal Sirion matic, kali ini dapurpacu bersama pasangan yang sama kebagian All New Sirion manual. Memilih duduk sebagai penumpang, perjalanan menuju Kuala Lumpur dimulai dari Casa Del Rio Hotel, melewati jalan-jalan sempit di Kota Melaka.

Mobil, trishaw (becak), motor berbaur di jalan-jalan utama kota pelabuhan ini, namun bukan masalah bagi Sirion.  City car ini mampu bermanuver dengan lincah melewati jalan-jalan utama di Kota Melaka sebelum sampai di pintu gerbang tol.

Kurang dari setengah jam, rombongan All New Sirion memasuki pintu gerbang tol.  Rekan dari Perodua segera mengingatkan kami untuk menyiapkan kartu tol dan jangan salah masuk gerbang.  “Tempelkan saja kartunya, palang pintu tol akan terbuka,” ujar teman dari Perodua melalui handy talky.

Lepas dari gerbang tol, tanpa aba-aba,  para peserta test drive All New Sirion langsung menggeber tunggangannya. Rekan dapurpacu pun tak mau ketinggalan, malah dia sangat agresif menggenjot pedal gas dan memindahkan persneling dengan sangat cepat untuk mendapatkan performa maksimal.

Hasilnya, All New Sirion manual 1.3l melesat dengan cepat meninggalkan peserta lain bahkan sempat menyalip mobil-mobil premium sekelas Mercedes, Nissan Fairlady dan beberapa merek lain. “Wow! asyik nih,” kata saya. Top speednya bisa mencapai 160km per jam. Bisa sih digenjot lebih cepat lagi, namun lagi-lagi kami diingatkan untuk tidak melampaui batas kecepatan maksimal, kalau tidak ingin ditilang. Batas kecepatan maksimalnya hanya 110km per jam.

Lagi pula, saat mencapai kecepatan 160km per jam, kami mulai merasakan mobil terasa kurang stabil, sehingga kecepatan pun langsung dikurangi hingga 100km per jam, selain itu juga sudah mendekati rest area.

Separuh perjalanan sudah dilalui, semua peserta diingatkan untuk masuk rest area. Saatnya saling berbincang seputar kecepatan Sirion dan topik yang paling hangat adalah jalan tol yang mulus, lengang dan tanpa macet. Semuanya mencoba untuk membandingkan dengan fasilitas jalan tol di Indonesia, yang mahal dan yang nggak nahan macetnya itu lho!

Lepas dari rest area, Sirion kembali digenjot untuk mencapai titik akhir perjalanan All New Sirion Journalist Test Drive in Malaysia. Rombongan sempat berhenti di Pusat Pemerintahan Malaysia yang kini berada di kawasan Putrajaya, untuk mengambil gambar berlatar  Istana Kehakiman dan Masjid Utama.

Perjalanan kami dari Melaka selama kurang lebih 2,5 jam berakhir di Putrajaya disambut Deputy General Manager Export Planning and Promoting Division Perodua Abidullah Mohd Omar. Perodua adalah produsen MyVi, Sirion versi Malaysia.

“Semoga kawan-kawan menikmati perjalanan selama di Malaysia dan bisa berbagi dengan konsumen All New Sirion di Indonesia,” jelasnya.

Bagaimana, apakah Anda tertarik dengan All New Sirion Deluxe yang kini sudah dipasarkan Daihatsu di Indonesia? [DP/Gus]

 

© 2014, Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com. All rights reserved.
5 Komentar


Click to Insert Smiley

SmileBig SmileGrinLaughFrownBig FrownCryNeutralWinkKissRazzChicCoolAngryReally AngryConfusedQuestionThinkingPainShockYesNoLOLSillyBeautyLashesCuteShyBlushKissedIn LoveDroolGiggleSnickerHeh!SmirkWiltWeepIDKStruggleSide FrownDazedHypnotizedSweatEek!Roll EyesSarcasmDisdainSmugMoney MouthFoot in MouthShut MouthQuietShameBeat UpMeanEvil GrinGrit TeethShoutPissed OffReally PissedMad RazzDrunken RazzSickYawnSleepyDanceClapJumpHandshakeHigh FiveHug LeftHug RightKiss BlowKissingByeGo AwayCall MeOn the PhoneSecretMeetingWavingStopTime OutTalk to the HandLoserLyingDOH!Fingers CrossedWaitingSuspenseTremblePrayWorshipStarvingEatVictoryCurseAlienAngelClownCowboyCyclopsDevilDoctorFemale FighterMale FighterMohawkMusicNerdPartyPirateSkywalkerSnowmanSoldierVampireZombie KillerGhostSkeletonBunnyCatCat 2ChickChickenChicken 2CowCow 2DogDog 2DuckGoatHippoKoalaLionMonkeyMonkey 2MousePandaPigPig 2SheepSheep 2ReindeerSnailTigerTurtleBeerDrinkLiquorCoffeeCakePizzaWatermelonBowlPlateCanFemaleMaleHeartBroken HeartRoseDead RosePeaceYin YangUS FlagMoonStarSunCloudyRainThunderUmbrellaRainbowMusic NoteAirplaneCarIslandAnnouncebrbMailCellPhoneCameraFilmTVClockLampSearchCoinsComputerConsolePresentSoccerCloverPumpkinBombHammerKnifeHandcuffsPillPoopCigarette

  1. Bagus

    Perbedaanya : All new SIRION SERBA TOMBOL, N SPLASH Masih ada manualnya. Tapi semua kembali kepada anda, Semua punya kelebihan n kekurangan. saya jg pernah mengalami kayak saudara, Bingung… tp saya pilih All new SIRION.

  2. Name...agus.sp

    Kalau saya baca artikel ini tertarik untuk membelinya khusunya sirion duluxe .sporty ring 16″

  3. Kalo sy kurang tertarik dngn mbl ini soalnya yg baru cuman bodinya doang, mesin teknologi msh vvt-i sama dgn avanza , kalo dibanding dgn all new picanto mesin sdh dual cvvt atau dual vvt-i plus ada air bagnya lagi harga nyaris sama teknologi mesin jauh berbeda . masa ganti baju doang disebut all new sirion?

  4. Louis Albert

    klo gw ga salah liat, itu no platnya ngikutin indonesia, khan? apa smua mobil di malaysia kyak gitu? atau khusus utk all new sirion aja?

  5. joko disini saja

    klo dibandingan ama suzuki splash, kira-kira gimana ya ?
    apa kelebihan dan kekurangannya ?
    pengen beli nih salah satu dari keduanya.