Test Drive Hyundai Grand Avega 2012

/ 29 September 2011

JOGJAKARTA [DP] — Sejak pertama kali diperkenalkan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011, Hyundai Grand Avega 2012 menarik perhatian konsumen Indonesia. Memiliki tampang sporty, stylist dan dinamis akan membuat orang kepincut begitu melihat Avega generasi keempat ini. 

Dapurpacu.com bersama sejumlah jurnalis berkesempatan mencoba kenyamanan dan performa mobil perkotaan ini sejauh 480 km, dengan  rute Jakarta – Cirebon – Purwokerto – Jogjakarta.

PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) menyiapkan 10 unit kendaraan dalam perjalanan yang melintasi berbagai medan. Dan dapurpacu.com mencoba Hyundai Grand Avega 2012 dengan transmisi manual bersama rekan jurnalis media kaum muda.

Perjalanan dimulai ke arah Cirebon melalui Pantura. Berada di dalam kabin jok penumpang depan terasa lapang. Dengan alunan music dari head unit menambah kenyamanan kami dalam menikmati perjalanan, namun sayang kami tidak membawa koleksi lagu perjalanan dalam bentuk USB, padahal fitur USB telah disematkan pada head unit. Kekecewaan kami sedikit terhibur dengan disiapkannya CD music dari HMI.

Hyundai Grand Avega yang dikemudikan rekan jurnalis melesat bagaikan anak panah tanpa halangan yang berarti. Ini berkat 2 unit mobil polisi yang mengawal konvoi kami dalam perjalanan. Jalur Pantura yang dipenuhi jalan bergelombang tidak mengganggu kami dalam mengoperasikan Galaksi Tab hingga tiba di Cirebon untuk makan siang.

Setelah makan siang perjalanan dilanjutkan menuju Purwokerto. Kali ini dapurpacu.com duduk manis di jok penumpang belakang. Sementara mobil yang kami tumpangi ditambah satu rekan jurnalis lagi. Walaupun diisi 3 orang, kenyamanan dan kelapangan didalam kabin Hyundai Grand Avega 2012 masih mumpuni.

Untuk ukuran badan seperti kami dengan tinggi 170 cm dan berat 83 kg, dapat dengan leluasa menjulurkan kedua kaki sambil menikmati pemandangan alam perbukitan. Cuaca panas yang menyengat selama perjalanan tidak mampu menembus ke dalam kabin, pasalnya semburan AC  terasa menyejukkan sampai ke jok belakang.

Memasuki kota Purwokerto rombongan merapat ke pom bensin untuk mengisi bahan bakar Pertamax. Indikator bahan bakar di mobil kami menyisahkan 2 strip. Jarak tempuh yang tercatat di odometer 280 km. Sore hari kami sampai di Purwokerto untuk beristirahat dan bermalam.

Setelah sarapan, rombongan bersiap untuk perjalanan menuju Jogjakarta melalui jalur selatan. Jalur yang akan kami lalui ini terbilang eksotis, dengan tikungan tajam di perbukitan.

“Dibutuhkan keterampilan mengemudi untuk mendapatkan momen dalam melintasi jalur ini,” ujar Bebin Djuana, Wakil Presiden Marketing Hyundai Indonesia.

Rasa penasaran untuk mencoba  akselerasi dan performa Hyundai Grand Avega 2012 makin menggelora. Duduk di balik kemudi dengan pandangan luas ke depan menambah semangat dalam berkendara melintasi perbukitan.

Jarak antara pedal gas, rem serta kopling yang tidak sempit memudahkan kami dalam melibas setiap tikungan. Foot rest yang lebar juga memberikan kenyamanan saat kami melesat pada kecepatan tinggi di  jalan lurus.

Panorama alam pegunungan yang kami lalui pada jalur ini menambah kenikmatan dalam berkendara. Namun sangat disayangkan kami hanya dapat mengabadikan foto pada dua tempat. Hal ini disebabkan karena waktu yang sempit pada perjalanan ini.

Memasuki pesisir pantai Ayah menuju Gombong, jalan perbukitan yang eksostis  sudah menghadang di depan mata.

Dapurpacu.com pada tahun 2008 pernah melalui jalur ini, tikungan tajam dengan tanjakan serta turunan curam menjadi santapan empuk. Saat itu dapurpacu.com dapat dengan mudah melahap jalur eksotis ini dengan mengendarai SUV asal Amerika.

Hyundai Grand Avega 2012 yang dipersenjatai mesin 1.4 liter DOHC, diklaim mampu menyemburkan tenaga sebesar 108 ps pada 6300 rpm dan torsi 13,9 Kg.m pada 5000 rpm.

Ketika melalui jalur yang perbukitan yang eksostis. Kami menggunakan transmisi pada posisi 1, raungan mesin terdengar hingga dalam kabin, saat kami berusaha keras melewati tikungan tajam menanjak. Bahkan mobil di depan kami terlihat tersendak karena kehilangan momen saat mencoba melibasnya.

Turunan menikung tajam mampu kami atasi berkat engine break dan rem Ventilated Disk (depan) serta Drum (belakang) yang kami gunakan. Akhirnya jalur eksotis di perbukitan ini dapat kami lalui, dan kami pun beristirahat di pantai Suwuk, Gombong.

Perjalanan  menuju  Jogjakarta kami lanjutkan melalui pesisir pantai selatan, jalan pedesaan yang sempit dan kanan kiri jalan dipenuhi anak sekolah yang bersepeda kami lalui tanpa hambatan berarti.

Handling yang ringan memudahkan kami dalam mengendalikan mobil untuk menghindari lalulintas sepeda di kanan kiri jalan dengan kecepatan sekitar 80 km/ jam.

Empuknya suspensi McPherson Strut w/ Stabilizer (depan) dan Coupled Torsion Beam Axle (Belakang) yang ditanamkan pada mobil ini, kami rasakan saat melalui jalan berlubang dan berkerikil sepanjang 14 km dengan kecepatan hingga 100 km/ jam.

Perpidahan transmisi 5-speed yang halus memudahkan kami untuk berakselerasi di jalan lurus. Menjelang Bantul, kami dapat melaju hingga 150 km/ jam tanpa harus bersusah payah menginjak pedal gas.

Karena peraturan konvoi yang tidak boleh menyalib mobil didepannya, kami pun harus mengurangi pijakan pedal gas. Dari kaca spion kami lihat mobil yang berada dibelakang dengan lincahnya berusaha melalui kami.

Memasuki kota Jogjakarta kami disambut dengan kemacetan. Sambil memainkan audio kontrol yang ada di kemudi, memudahkan kami untuk mencari lagu yang diinginkan.

Kami pun mencoba fitur Eco Drive yang menjadi kelebihan pada mobil seharga Rp 159, 8 juta. Dengan cukup menekan tombol trip. Hyundai mengklaim Eco Drive yang aktif akan memaksimalkan pemakaian bahan bakar. Tinggal mengikuti panduan posisi transmisi yang dapat dilihat pada panel odometer. (dp/ CUP)

© 2014, Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com. All rights reserved.

14 Komentar


Click to Insert Smiley

SmileBig SmileGrinLaughFrownBig FrownCryNeutralWinkKissRazzChicCoolAngryReally AngryConfusedQuestionThinkingPainShockYesNoLOLSillyBeautyLashesCuteShyBlushKissedIn LoveDroolGiggleSnickerHeh!SmirkWiltWeepIDKStruggleSide FrownDazedHypnotizedSweatEek!Roll EyesSarcasmDisdainSmugMoney MouthFoot in MouthShut MouthQuietShameBeat UpMeanEvil GrinGrit TeethShoutPissed OffReally PissedMad RazzDrunken RazzSickYawnSleepyDanceClapJumpHandshakeHigh FiveHug LeftHug RightKiss BlowKissingByeGo AwayCall MeOn the PhoneSecretMeetingWavingStopTime OutTalk to the HandLoserLyingDOH!Fingers CrossedWaitingSuspenseTremblePrayWorshipStarvingEatVictoryCurseAlienAngelClownCowboyCyclopsDevilDoctorFemale FighterMale FighterMohawkMusicNerdPartyPirateSkywalkerSnowmanSoldierVampireZombie KillerGhostSkeletonBunnyCatCat 2ChickChickenChicken 2CowCow 2DogDog 2DuckGoatHippoKoalaLionMonkeyMonkey 2MousePandaPigPig 2SheepSheep 2ReindeerSnailTigerTurtleBeerDrinkLiquorCoffeeCakePizzaWatermelonBowlPlateCanFemaleMaleHeartBroken HeartRoseDead RosePeaceYin YangUS FlagMoonStarSunCloudyRainThunderUmbrellaRainbowMusic NoteAirplaneCarIslandAnnouncebrbMailCellPhoneCameraFilmTVClockLampSearchCoinsComputerConsolePresentSoccerCloverPumpkinBombHammerKnifeHandcuffsPillPoopCigarette

  1. In Love cakeeep bgt.. Stylist of my dream

  2. Smart Desain and style

  3. Ini mobil udh dambaan gw bngt pas prtama kli kluar..klo ni udh bagus ngapain u djual lgi..

  4. om tata

    a dream car

  5. nazarulah

    Keren sih Keren tapi pengalaman memakai hyundai trajet versi Bulit up thn 2002,, kelemahan pada lampu nya yang cepat buram, kualitas jelek, lalu harga jual kembali atau resale value yang jatuh…. duhhh sampe sakit jatuhnya apalagi kalu beli nya pake kredit , bisa mampuss deh… bisa tekor banyak.. bunga leasing juga lebih mahal dr pada mobil jepang.. hyundai terlalu sering berganti model dg cepat sehingga rsale valuenya jatuh… buat para pembaca… silakan dipertimbangkan kembali sebelum membeli kalau uangnya banyak dan berlebih sih tdk masalah tapi kalu pas pasan saya sarankan jangan ambil hyundai apalagi maksain kredit, bisa menyesal banget

  6. kang djon

    cocok juga nech dg kondisi sekarang

  7. belajar bahasa korea

    Siiip…. Layak diagendakan untuk Test Drive

  8. bisnis syariah

    Stylist Car…. Irit, layak untuk mengisi garasi rumah.

  9. umrah haji

    Wah mantap nih…. naiknya harga bbm akan terjawab dengan mobil jenis ini, avega yg facelift tambah stylist aja….

  10. Styling super keren dan praktis. Good work Hyundai !

  11. Sii abis pokoke…tiada banding! Kpn ya ak bisa punya new avega?

  12. Hyundai Grand Avega untuk pemesanan Hub : 02160399099

  13. keren…yang AT belum di cobain yah?

  14. kang deny

    good car….patut di acungi 5 jempol..