Yamaha Xeon Adopsi AHO untuk Kurangi Angka Kecelakaan

Yamaha Xeon Adopsi AHO untuk Kurangi Angka Kecelakaan
/

JAKARTA (DP) — Yamaha Xeon yang diluncurkan April 2011, kini, dilengkapi Automatic Headlight On (AHO) — lampu depan menyala secara otomatis ketika mesin dihidupkan.

Selain itu mika oranye lampu sein (penunjuk arah) depan dan belakang berubah menjadi putih bening.

“Perubahan mika lampu menjadikan Xeon lebih sporty tetapi tidak menyalahi aturan karena nyala lampu tetap kuning sebagaimana mestinya,” jelas Indra Dwi Sunda, PR Corporate & Communication Head Yamaha Indonesia.

Sedangkan aplikasi AHO tanpa perubahan harga ini merupakan bentuk kepedulian Yamaha terhadap keselamatan pengendara seepda motor. Penerapan AHO mendukung program safety riding yang diatur dengan Undang-Undang No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 107, di mana menyebutkan pengendara diwajibkan menyalakan lampu pada siang hari.

Selain Xeon, Vixion dan Vega ZR serta Jupiter Z keluaran terbaru dilengkapi AHO. Pengaplikasian AHO sangat penting dalam berkendara untuk menjaga keselamatan pengendara. Keberadaan AHO diharapkan ikut membantu menekan jumlah kecelakaan di Indonesia. Sepanjang enam bulan pertama tahun ini tercatat rata-rata kecelakaan lalu lintas mencapai 660 kali per bulan atau 165 kali per minggu. Tahun lalu angka kecelakaan lalu lintas mencapai 61.606 kasus atau naik 6,72 persen dibandingkan di 2009.

Skutik Xeon ditawarkan dalam lima warna; Atomic White Flash, Tron Rapid Black, Dynamic Blue Zoyd, Transmatic Red Alpha dan Ducleus Greenoid. Harganya tetap Rp 15,79 juta. [dp/Ind]

© 2014, Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com. All rights reserved.
6 Komentar


CAPTCHA Image
*

  1. agoes to school

    ahoooo…. yang bner aja …..mlah nmbah angka kcelakaan aja kyaknya? abis bkin mta silau d siang blong d sorot lampu plus matahari. bisa bisa lma lama orang orang jadi rabun siang bolong….

  2. husen nugraha

    Pake AHO atau tidak ,tidak akan mengurangi angka kecelakaan dijalan raya jadi sebetulnya undang2 jitu ada karena masyarakat kita itu tidak tertib berlalu lintas,kalau kendaraan dijalan itu pastinya sedang jalan bukan sedang nongkrong jadi buat pengendara ya harus waspada bukan lengah,kalaupun mau pake system ini kenapa tidak lampu senjanya aja yang di AHO kan bukan lampu utamanya.JAdi buat pabrikan motor yang mau berinovasi bukan memangkas sklar ,itu mah kembali ke jaman dulu alias jadul motor tanpa saklar ,nanti akan ada kejadian ribut dikampung orang kesilauan gara2 pengemudi tidak bisa mematikan lampunya siapa yang mau disalahkan..pemerintah mau..??

  3. Ymh xeon semakin ketinggalan dgn H VARIO…N…semakin mahal..

  4. daytona

    AHD ada kelebihan dan kelemahannya, kelebihannya yaitu orang tidak akan lupa untuk menghidupkan lampu tapi kelemahannya bohlam jadi cepet putus dan kadang pas terjadi konsleting tidak dapat dimatikan.

  5. robert

    sebetulnya penyebab kecelakaan bukan tidak pake AHO tapi karena faktor manusianya dalam berkendara…misal ugal-ugalan,kebut-kebutan!!

  6. “Sedangkan aplikasi AHO tanpa perubahan harga ini merupakan bentuk kepedulian Yamaha terhadap keselamatan pengendara seepda motor”
    hehehehe….bukan peduli tapi cost down, harusnya harga juga ikut turun.