Test Drive Daihatsu Sirion 2012

Test Drive Daihatsu Sirion 2012
/

JAKARTA (DP) — Sebagai kota metropolitan Jakarta terkenal dengan kemacetannya. Antrian panjang baik di jalan protokol maupun di jalan tol pada hari kerja tentu menjadi pemandangan yang tidak luput dari mata. Memang sulit untuk menghidari kemacetan di Jakarta, tapi mau tidak mau kita tetap harus melaluinya. Tinggal bagaimana kita menikmati berkendara, tentunya dengan mobil yang bisa memberikan kenyamanan  dalam menjalani aktifitas sehari-hari.

Dapurpacu.com bersama sejumlah jurnalis berkesempatan menelusuri kemacetan Jakarta dengan mengendarai Daihatsu Sirion 2012 pada Rabu (7/6). PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyiapkan 12 unit test drive Daihatsu Sirion 2012 yang rencananya akan diperkenalkan kepada publik di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011.

Rute yang ditempuh terbilang macet. Mengambil start di Vehicle Logistic Center ADM, Sunter, dapurpacu.com mengendarai Daihatsu Sirion 2012 dengan transmisi manual. Memasuki kabin city car yang diimpor dari Malaysia ini terasa lapang untuk ukuran badan seperti kami dengan tinggi 170 cm dan berat 83 kg. Berada di bangku pengemudi dengan jarak antara kaki dan pedal gas yang cukup, kamipun bergerak menuju Bintaro.

Memasuki Tol Wiyoto Wiyono kami langsung dihadapkan dengan padatnya lalulintas ke arah tol Pondok Indah. Namun berkat Electric Power Steering (EPS) yang dibenamkan pada kemudinya, meringankan kami dalam meliuk-liukan city car ini pada kecepatan 40 km/jam. Antrian panjang sudah terlihat dari kejauhan begitu memasuki tol lingkar luar. Akibat banyak truk dan kendaraan berat yang melewati jalur ini, karena pada jam kerja truk dilarang  masuk  tol dalam kota.

Kamipun harus rela melalui kemacetan ini selama lebih dari 20 menit. Instrumen panel pada dashboard dengan warna 2-tone yang terkesan mewah dan head unit yang dilengkapi dengan MP3, USB, Ipod dan Bluetooth yang dimiliki Daihatsu Sirion 2012, menghilangkan rasa bosan saat berada dalam kemacetan ini dengan alunan musik.

Begitu melihat ada celah kosong kami mencoba city car yang dipersenjatai mesin 16-valve DOHC, VVTi dengan bore X stroke 72.0×79.7 berkapasitas 1.298 cc ini dengan membejak pedal akselerator. Klaim Daihatsu, mobil ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 60 PS di 6.000 rpm dengan torsi 11.9 di 4.400 rpm bukan cuma omong kosong, bahkan jarum odometer menunjukan angka 120 km/jam. Perpindahan gear 1 hingga 5 terasa smooth, namun pada posisi gear 5 kemudi terasa sangat ringan dan kami harus mengurangi kecepatan.

Selepas dari kawasan Bintaro, rombongan diarahkan menuju kawasan Centrak Park di Jakarta Barat. Keluar pintu tol Pondok Indah,  langsung disambut dengan kemacetan sepanjang jalan arteri Pondok Indah hingga perempatan Slipi. Bentuk mungil dengan dimensi yang lebih compact menjadi pusat perhatian pengendara lain saat Daihatsu Sirion 2012 yang dikemudikan rekan jurnalis di belakang kami mencoba mencari celah yang tidak bisa dimasuki kendaraan lain. Dari kaca spion terlihat jelas dengan lincahnya city car ini menerobos kemacetan.

Selepas makan siang kami menuju Mall Kelapa Gading melalui tol dalam kota, Sudirman, Thamrin, Merdeka Barat, Cempaka Putih. Sepanjang perjalanan menuju Mall Kelapa Gading tempat berakhirnya acara test drive ini, kami lalui dengan kemacetan yang sudah menjadi santapan warga Jakarta setiap harinya. Kenyamanan mengendarai city car ini tidak hanya kami rasakan sebagai pengemudi. Rekan jurnalis yang berada di bangku belakang terlihat dengan asyik mengoperasikan Blackberrynya, dan terdengar sekali-sekali tertawa sendiri tanpa peduli dengan macetnya lalulintas.

Daihatsu Sirion 2012 akan semakin meramaikan pasar city car di tanah air. Dengan 2 pilihan, model transmisi manual dan otomatis, ADM akan menjualnya dikisaran Rp 140 juta – Rp 150 juta. Daihatsu mengklaim city car ini irit bahan bakar dengan konsumsi 13,97 km/ liter. Jaringan after sales yang dimilikii Daihatsu patut diperhitungkan, sebelum anda menjatuhkan pilihan . (dp/ CUP)

 



 

© 2014, Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com. All rights reserved.
0 Komentar


CAPTCHA Image
*