Test Drive: Chevrolet Captiva 2012

Test Drive: Chevrolet Captiva 2012
/ 5 July 2011

LOMBOK (dp) — Chevrolet Captiva 2012 akhirnya diperkenalkan PT General Motors Indonesia (GMI) akhir pakan lalu (1/7). Tidak seperti biasa, kemunculan Captiva terbaru dilakukan dalam sebuah acara khusus bertajuk Captiva Anniversary Expedition di Pantai Senggigi, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Bagi Dapurpacu.com penampilan Captiva terbaru tidak terlalu mengejutkan. Maklum, mengingat raut New Captiva sudah begitu akrab di internet.

Tapi melihat sosok Captiva terbaru secara langsung tetap saja terasa berbeda. Bagi kami penampilan depan SUV tujuh penumpang ini jauh lebih ideal ketimbang model terhadulu.

Captiva kini tampil dengan DNA desain Chevorlet terbaru. Dual-port grille menjadi ciri khas utama yang membedakan identitas Captiva 2012 dengan pendahulunya. Kap mesin aluminium ringan berlekuk baru juga ikut menyegarkan wajah Captiva 2012 secara keseluruhan. Selain itu, desain bumper depan dan lampu utamanya kini juga semakin menawan.

Mungkinkah model terbaru ini akan melanjutkan sukses penjualan Captiva di Indonesia? Bisa saja begitu. “Captiva telah sukses di segmen SUV berkat kecanggihan, kemewahan, desain, dan pengendaliannya,” kata Presiden Direktur GMI Marcos A. Purty.

“Kami yakin New Captiva akan lebih sukses karena kendaraan ini lebih baik dalam segala aspek,” imbuh Marcos.

 

Performa dan Pengendalian

Membuktikan ucapan Marcos, kami pun diberi kesempatan menguji performa Captiva 2012, walau sebenarnya Lombok bukanlah tempat yang tepat untuk menguji performa mobil.

Bagi kami, sangat riskan memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi di daerah yang rata-rata lebar jalannya hanya 6 meter. Apalagi sebagian besar permukaan aspal di pulau itu tidak rata, dan terlalu banyak kelokan serta persimpanan.

Itu belum termasuk kendaraan roda dua dan hewan ternak yang acap kali melintas tanpa bisa diprediksi.

Namun, seberapa pun kacaunya kondisi tersebut, test drive harus tetap dijalankan. Tapi masalah rupanya belum juga tuntas. Kali ini pengujian harus dilakukan dalam kawalan Polisi Lalu Lintas.

Tak masalah sesungguhnya jika saja kecepatan bisa dikembangkan. Namun harapan kami cuma isapan jempol. Ketika berusaha melepaskan Captiva model transmisi manual untuk mencapai kecepatan 80 km/jam, suara teguran dari radio langsung tertuju kepada kami.

“Mohon Captiva nomor tiga tidak mendahului line-up. Kita harus tetap berjalan sesuai iringan,” begitu bunyi suara radio. Ok, saya patuhi perintahnya. Kami pun berjalan bagai iringan pengantin Jawa dalam kecepatan rata-rata 60 km/jam.

Saya jadi tertawa dalam hati, membayangkan betapa minggu sebelumnya saya bersama beberapa jurnalis membesut micro car smart fortwo (1.0-liter) hingga kecepatan 160 km/jam di tol Cipularang.

Kecepatan 60 km/jam bukanlah lesatan yang ideal untuk merasakan pengalaman berkendara baru dengan Captiva yang dibekali mesin 4-silinder 2.4-liter DOHC. Terlebih SUV bertenaga 171 ps pada 6.400 rpm dan torsi 225 Nm pada 4.800 rpm ini memiliki sistem transmisi 6-speed.

Untuk diketahui mesin DCVCP Point Injection pada Captiva 2012 merupakan unit baru. Performa yang dihasilkan dapur pacu ini jauh lebih baik ketimbang mesin versi sebelumnya. Bahkan mesin 2.0-liter diesel VCD yang selama ini dinilai lebih performa dibandingkan versi bensin patut mengalah padanya.

Pada kecepatan 60 km/jam Captiva tentu hanya membutuhkan gear ke-3 atau ke-4. Masih ada sisa tiga atau dua gear atas yang sulit diimplementasi dalam kecepatan itu.

Namun saya tidak kehabisan akal. Beberapa kali saya melakukan trik mengulur jarak, lalu membejak pedal akselerator seolah-olah ingin merapat ke barisan. Dalam situasi ini saya sempat memasukkan gear ke-6 dalam beberapa detik saja.

Rasio gear Captiva sendiri begitu rapat mulai gear ke-4, 5, dan 6. Dengan teknis ini, serta dukungan kopling dry spring single plate, perpindahan gear transmisi menjadi halus, sehingga memberi kontribusi pada penghematan bahan bakar. Sementara itu, gear ke-1 hingga ke-3 menghasilkan kontribusi penting pada kemampuan Captiva berakselerasi dari kecepatan rendah.

Kenikmatan berkendara dengan Captiva–kendati terbatasi kecepatan–secara umum mengasikan. Bila Anda merasa performa agak lambat, itu hanya karena Anda kurang berani menekan agresif pedal akselerator.

Tak perlu khawatir pula dengan kelincahan mobil sepanjang 4.673 mm dengan lebar 1.849 mm ini. Sistem kemudi Captiva cukup ringan dan akurat berkat power steering hidrolik.

Dibantu visibilitas yang tinggi, baik ke depan dan sudut, serta suspensi McPherson strut (depan) dan independent 4-link (belakang), Captiva bisa menjadi mobil yang lincah. Saya sudah membuktikan sendiri, bahkan beberapa rekan jurnalis lain ikut mempercayainya.

Berkendara dengan Captiva–sekalipun pada kecepatan tinggi–sesungguhnya bisa tetap terasa aman. Sistem pengereman 4-channel ABD dengan EBD berikut cakram pada keempat roda, setidaknya cukup untuk menggaransikan hal tersebut.

 

Kenyamanan Interior

Bolehlah bila kabin Captiva terbaru dikatakan menyimpan atmosfir kemewahan dan kenyamanan. Desain dashbord dan trim-trim pintu yang dirancang sedemikian rupa telah menghasilkan impresi modern.

Ruang kaki untuk pengemudi, penumpang depan, serta penumpang bangku baris kedua cukup lapang. Lutur orang dewasa tak bersentuhan dengan kursi depan. Sementara untuk penumpang tengah di bangku baris kedua telah tersedia head rest. Fitur ini memberikan kenyamanan dan peningkatan keselamatan leher saat terjadi benturan.

Sebagai SUV tujuh penumpang, Captiva juga menyediakan berbagai fitur yang akan berguna bagi keluarga yang ingin pergi jauh. Salah satunya adalah bagasi luas di belakang (ketika bangku baris ketiga dilipat) serta cup holder dan stirage compartment.

Bahkan Captiva terbaru coba meningkatkan kesenangan pengguna dengan memberikan sistem hiburan berupa head unit double-DIN yang bisa memutar CD, MP3 player, dan radio. Sistem ini malah ditopang 6-speaker sehingga penumpang di bangku ketiga bisa ikut mendengarkan suara lagu dengan jelas.

Di samping itu, pada bangku barus ketiga juga terdapat cerobong AC yang dapat menyejukkan. Karena fitur penyejuk kabin ini pula perjalanan kami di Lombok terasa lebih menyenangkan di tengah siraman sinar matahari yang terik di sepanjang siang. [dp/GRG]

© 2014, Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com. All rights reserved.
4 Komentar


Click to Insert Smiley

SmileBig SmileGrinLaughFrownBig FrownCryNeutralWinkKissRazzChicCoolAngryReally AngryConfusedQuestionThinkingPainShockYesNoLOLSillyBeautyLashesCuteShyBlushKissedIn LoveDroolGiggleSnickerHeh!SmirkWiltWeepIDKStruggleSide FrownDazedHypnotizedSweatEek!Roll EyesSarcasmDisdainSmugMoney MouthFoot in MouthShut MouthQuietShameBeat UpMeanEvil GrinGrit TeethShoutPissed OffReally PissedMad RazzDrunken RazzSickYawnSleepyDanceClapJumpHandshakeHigh FiveHug LeftHug RightKiss BlowKissingByeGo AwayCall MeOn the PhoneSecretMeetingWavingStopTime OutTalk to the HandLoserLyingDOH!Fingers CrossedWaitingSuspenseTremblePrayWorshipStarvingEatVictoryCurseAlienAngelClownCowboyCyclopsDevilDoctorFemale FighterMale FighterMohawkMusicNerdPartyPirateSkywalkerSnowmanSoldierVampireZombie KillerGhostSkeletonBunnyCatCat 2ChickChickenChicken 2CowCow 2DogDog 2DuckGoatHippoKoalaLionMonkeyMonkey 2MousePandaPigPig 2SheepSheep 2ReindeerSnailTigerTurtleBeerDrinkLiquorCoffeeCakePizzaWatermelonBowlPlateCanFemaleMaleHeartBroken HeartRoseDead RosePeaceYin YangUS FlagMoonStarSunCloudyRainThunderUmbrellaRainbowMusic NoteAirplaneCarIslandAnnouncebrbMailCellPhoneCameraFilmTVClockLampSearchCoinsComputerConsolePresentSoccerCloverPumpkinBombHammerKnifeHandcuffsPillPoopCigarette

  1. Name...fikri

    Nih 081298063044
    Pin 214d5c41
    Ga mau janji,tpi agan buktiin aje klo ane bsa ngasih penawaran untuk chevrolet best of the best deal

  2. fachruddin

    bagi peminat chevrolet bisa hubungi di dealer resmi chevrolet hubungi saya di 087781144300 atau pin bb 29D68D90

  3. Daniel

    Es una maquina espectacular es para disfrutar en todo tipo de camino solo o con la familia.-
    Daniel – Empedrado Corrientes Argentina

  4. Ngurah

    Kalo boleh tau, harga OTR nya brapaan tuh bos ??? Thx