Toyota FJ Cruiser ‘Raksasa’ yang Akhirnya Datang

Indra Prabowo | 25-Nov-2010
Toyota FJ Cruiser ‘Raksasa’ yang Akhirnya Datang
POPULER
Pebalap Asal Depok ‘Menggila’ di Aragon SpanyolCicilan Rp 1 Juta, Bawa Honda Mobilio dari Tumplek BlekLagi, Honda Sonic Pecundangi Yamaha MX King di MotoprixRio Haryanto akan Manfaatkan Tabrakan Pebalap Lain di MonacoF1 Monaco 2016: Ricciardo Raih Pole Perdana, Rio Kalahkan Wehrlein

TOYOTA CITY (DP) — Setelah ditunggu bertahun-tahun, akhirnya, para maniak SUV raksasa, Toyota FJ Cruiser, di Jepang segera bisa membelinya.

Toyota menjanjikan FJ Cruiser akan berada di showroom-showroom Toyota di Jepang mulai 4 Desember 2010.

Konsep FJ Cruiser muncul pertama kali di Detroit Motor Show 2003. Tiga tahun kemudian offroader berdesain ‘kolot’ ini dirilis untuk pasar Amerika Utara.

Meski berdesain konvensional — dicirikan pula dengan hadirnya kaca depan tegak — FJ Cruiser berusaha tampil sporty dengan dua pintu bergaya sebuah coupe. Karena didesain untuk menaklukkan medan offroad, Toyota membenamkan chassis frame dan sistem 4×4 dengan transfer knob.

Interiornya terlihat sederhana dan tidak rumit, namun lega. Handle pintu, tuas transmisi dan kontrol-kontrol dibuat besar. Kontrol-kontrol AC didesain konvensional dengan sistem putar. Jok fabrik anti-basah tak membuat Anda canggung untuk mendudukinya.

Meski diciptakan sebagai raja offroad, Toyota membuat FJ Cruiser senyaman mungkin di jalanan aspal. Suspensi depan double wishbone dan suspensi belakang trailing link rigid axle dipercaya menawarkan manuverbilitas dan stabilitas luar biasa. Shock absorber diracik dengan baik sehingg nyaman di atas permukaan aspal. Namun, jika Anda lebih senang offroad pilihlah shock absorber monotube dari Bilstein.

Dapur pacu yang dibenamkan tipe 1GR-FE, V6, 4.000 liter, dual VVT-i, bertransmisi otomatis 5-speed Super ECT. Konsumsi bensinnya 8,4 km/liter dengan CO2 276 gr/km.

Di Jepang, FJ Cruiser dijual mulai dari Rp 337 jutaan. FJ Cruiser dengan aksesori-aksesori offroad dibanderol Rp 356 jutaan. [dp/Ind]

© 2016 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR

  1. mad
    6 December 2011

    kok nyampe ina hrgnya 2kali lipat ;(
    apes dech….

  2. Yuz
    26 November 2010

    Mungkin kalo masuk Indonesia namanya all new toyota hardtop kali ya.. tampangnya sih mirip.. CMIIW