Saat Bos Toro Rosso Umbar Data Telemetri Tes F1 Sean Vs Kvyat

Saat Bos Toro Rosso Umbar Data Telemetri Tes F1 Sean Vs Kvyat

JAKARTA (DP) – Data telemetri umumnya menjadi hal yang selalu rahasia di dunia Formula 1, sehingga sangat tabu untuk disebarluaskan. Tidak hanya ke antar tim, bahkan tidak jarang ke sesama pebalap dalam tim yang sama.

Namun hal tersebut tampaknya tidak berlaku bagi bos tim Scuderia Toro Rosso, Franz Tost, saat berkunjung ke Jakarta, hari Kamis (20/4) lalu. Dirinya seolah mengumbar data telemetri milik Sean Gelael saat menguji mobilnya di Bahrain beberapa hari lalu.

Data telemetri tersebut menunjukkan perbandingan antara Sean dengan salah satu pebalap Toro Rosso, Daniil Kvyat yang juga tampil pada sesi tes setelah balap seri F1 Bahrain 2017 tersebut.

Data yang ditunjukkan meliputi input pebalap saat melakukan akselerasi, pengereman, putaran setir, serta selisih laptime termasuk G-force.

Tost hadir di hadapan media menerangkan perbandingan Sean dengan Kvyat saat tes di Sirkuit Sakhir, di mana Sean menunjukkan hasil cukup identik dengan pebalap muda asal Rusia yang saat ini melakoni musim keempatnya di Formula 1.

Menurut Tost, cara mengemudi Sean hanya sedikit tertinggal saat melalui tikungan berkarakter kencang, karena dirinya masih beradaptasi dengan mobil F1 yang lebih menuntut fisik di tikungan tersebut. Sementara di sebagian besar lap, antara Sean dan Kvyat hanya terpaut tipis.

Hasilnya, Sean yang memacu mobil STR13 pada hari Selasa (18/4) merampungkan tes dengan laptime terbaik 1:33.729 detik melalui total 78 lap. Sementara Kvyat pada hari berikutnya meraih laptime terbaik 1:32.213 detik dengan total 61 lap.

Biasanya, semakin kompetitif pebalap dan tim, maka akan semakin tertutup mereka mengungkap data telemetri, bahkan dengan sesama pebalap dalam satu tim. [dp/Whr]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR