Toyota Resmikan Program Pinisi Bagi Negeri di Makassar

Toyota Resmikan Program Pinisi Bagi Negeri di Makassar

MAKASSAR (DP) – Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) berbasis lingkungan, hari Jumat (21/4), PT Toyota-Astra Motor (TAM) memperluas cakupan kegiatan Car For Tree ke daerah lain di Indonesia, yaitu dengan meresmikan program Pinisi Bagi Negeri, di Makassar, Sulawesi Selatan.

Setelah sukses meresmikan Toyota Organic Village, program pengembangan desa berbasis pertanian organik dan ramah lingkungan di Desa Mlaten, Demak, Jawa Tengahpada bulan lalu. Kali ini TAM akan berkontribusi terhadap perbaikan lingkungan terumbu karang di kawasan laut Kota Makasar serta kegiatan edukasi budaya maritim dan konservasi lingkungan kepada generasi muda dan masyarakat.

Program ini merupakan bentuk kerjasama TAM dengan Pemerintah Kota Makassar, Kalla Toyota sebagai founder dealer Toyota di Sulawesi Selatan, serta Yayasan Makassar Skalia.

“Bersama masyarakat dan Pemerintah Kota Makassar serta dealer, kami telah merancang berbagai kegiatan dalam payung Pinisi Bagi Negeri untuk menggali potensi generasi muda dalam melakukan perbaikan lingkugan hidup di kawasan pantai Makassar dan dalam bidang kemaritiman,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.

Pinisi Bagi Negeri adalah program terpadu untuk melakukan pelestarian lingkungan dan pendidikan di bidang konservasi lingkungan dan kebudayaan maritim. Dalam program pelestarian lingkungan dilakukan penanaman terumbu karang di pulau sekitar Makassar, yaitu di sekitar Pulau Samalona yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas lingkungan perairan melalui konservasi terumbu karang sebagai ekosistem utamanya.

Selain itu, untuk menjaga kebudayaan tradisional masyarakat Bugis-Makassar, dalam program ini dikembangkan kapal pinisi yang merupakan salah satu icon sejarah bagi masyarakat Bugis-Makassar dan daya tarik kota Makassar, serta dikembangkan program edukasi tentang budaya maritim dan konservasi lingkungan di atas kapal pinisi.

Dalam program pelestarian lingkungan dilakukan penanaman terumbu karang jenis Acropora dengan menggunakan media Spider Reef Structure di pulau sekitar Makassar, yaitu di sekitar Pulau Samalona. Sebagai gerbang Indonesia timur, Kota Makassar memiliki potensi dalam bidang maritim, salah satunya yaitu terumbu karang yang memiliki peran penting dalam mendukung kehidupan ekosistem bawah laut.

Terumbu karang di Makassar termasuk dalam segitiga terumbu karang yang merupakan pusat keanekaragaman hayati laut dunia. Namun, kondisinya saat ini sudah tidak sebaik puluhan tahun lalu. Oleh karena itu, penanaman terumbu karang dilakukan sebagai bentuk konservasi lingkungan perairan dan mencegah kerusakan terumbu karang yang lebih luas lagi di masa depan.

TAM telah melakukan konservasi tahap awal dengan menanam 1800 fragmen terumbu karang dan terus ditingkatkan dengan target 6000 fragmen terumbu karang.

Program ini mencakup tidak hanya penanaman, tetapi juga perawatan dan pemantauan perkembangan dan kesehatan terumbu karang. Kawasan terumbu karang yang sehat tersebut diharapkan dapat menjadi semacam “laboratorium laut” untuk mendukung riset kemaritiman.[dp/Res]

 

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR