Membanding Data All New Honda CR-V, X-Trail dan Santa Fe

Membanding Data All New Honda CR-V, X-Trail dan Santa Fe

JAKARTA (DP) – Sejak tahun lalu, kelas Sport Utility Vehicle (SUV) kian bergairah, tidak saja di pasar global tapi juga hingga domestik. Dimensi kabin lapang, dengan ground clereance tinggi, serta tangguh di medan berat sekaligus nyaman di on-road menjadi alasan utamanya, terutama konsumen keluarga.

Awal tahun ini, momentum pertarungan di kelas urban SUV akan terasa lebih panas menjelang kehadiran All New Honda CR-V. Kendati, aksi reaktif CR-V ini terbilang telat karena All New Nissan X-trail dan Hyundai Santa Fe jauh lebih dulu berbenah.

Terakhir Nissan mengeluarkan varian Xtremer. Sementara brand asal Korea Selatan, sudah dua kali melakukan penyegaran pada tahun lalu, yakni lewat varian Sport dan Limited Edition.

Menjelang peluncuran All New CR-V dalam waktu dekat, dan berhubung Dapurpacu.com sudah mendapatkan bocoran sebagian spesifikasinya. Jadi, tidak ada salahnya kami paparkan perbedaan ketiganya meski hanya lewat data di atas kertas.

Eksterior

Hyundai Santa Fe memang dikenal cukup revolusioner dalam mengubah desain produknya ketika mereka memutuskan menggandeng desainer andal dari Audi. Garis elegan masih kental, grille hexagonal, aksen krom, dan lampu persegi jenis projector, dan tambahan LED. Panoramic sunroof, dual exhaust dan pelek 18 inchi dengan groun clereance 210 mm.

X-Trail terkini juga sudah cukup evolusioner dibanding pendahulunya. Keluar dari kesan kaku, tapi masih minim tarikan panjang dan aksen. Grille model “V” menjadi ciri khasnya di seluruh dunia.

Kesan dinamis dan mementingkan fungsional yang sepertinya dikejar Nissan. Untuk tampilan berkelas bisa pilih varian Xtremer, body Xtremer kit, lampu utama LED dan DRL, serta fitur auto on/off dan follow me home (semua model). Single exhaust with finishing dan pelek 17 inchi dengan ground clereance 210 mm.

Sementara CR-V, jika mengambil wujudnya yang sudah lahir di negeri Gajah Putih dan kemungkinan besar tidak berbeda, maka terlihat perubahan desainnya semakin tegas, dan kesan futuristik ke belakang dari model sebelumnya.

Lampu memakai jenis projector Halogen, dan LED DRL ditambah fitur auto on/off. Shark fin antena, sunroof, dual exhaust (varian turbo) dan pelek 18 inchi. Ground clereance model lama adalah 170 mm, diklaim model terbaru akan bertambah tapi kemungkinan tidak lebih dari rivalnya.

Interior

Jika difokuskan pada akomodasi, maka persaingan ketat akan berlaku bagi Santa Fe, X-Trail dan CR-V. Sedangkan Nissan X-Trail masih belum berani melangkah seperti keduanya. Ketiganya akan menawarkan akomodasi sama membawa 7 penumpang

Di mana, Santa Fe yang lebih dulu mengaplikasikan konfigurasi tempat duduk 5+2, dan juga X-Trail. Nantinya akan disusul CR-V juga akan merilis varian berkonfigurasi 3 baris bangku.

Berpindah ke bagian dasbor, menurut kami Santa Fe desainnya lebih futuristik dengan tarikan lebih berani dibanding dua lainnya. Sedangkan sistem hiburan, semuanya menanamkan head 2DIN yang terintegrasi dengan pemutar audio modern. Hanya varian Nissan X-Trail Xtremer sudah melengkapi layar 10 inch, dan CR-V nantinya dibekali layar 7 inch dan 9 inch.

Mesin

Soal dapur tenaga, Nissan X-Trail lebih advance karena tidak saja memberikan dua pilihan mesin bensin 2.0L dan 2.5L bertransmisi Xtronix CVT, juga ada tawaran varian Hybrid. Soal tenaga, X-Trail memberikan dalam rentang 143 hp hingga 171 hp (2.5L) dan torsi tertinggi 244 Nm.

Berbeda dengan Santa Fe, dibekali dua pilihan mesin yakni 2.4L bensin dan 2.2L diesel. Mesin bensin tenaganya mencapai 176 hp sedangkan diesel sebesar 196 hp.

Jika CR-V hanya menawarkan mesin bensin, namun dalam dua pilihan kapasitas yakni 2.0L dan 1.5L Turbo. Untuk hasil tenaga memang belum ada bocoran, namun versi Turbo kemungkinan besar berbagi paltform dengan mesin sama di Civic, maka tenaganya bisa diperkirakan berkisar di 189 hp dan torsi 243 Nm.

Fitur

Bicara fitur, sampai saat ini All New Nissan X-Trail masih yang paling kaya dibanding Santa Fe, baik dari fitur keamanan hingga kenyamanan berkendara. Kecuali edisi terbatasnya Santa Fe dengan tambahan eagle eye view yang membantu kemudahan bagi pengemudi untuk parkir.

Sementara CR-V, dari informasi bocoran fitur yang kami dapat hampir semuanya ada di pesaingnya saat ini. Kecuali ada perbedaan yang belum terungkap hingga nanti peluncuran resminya.

Harga

Nissan menawarkan 4 tipe X-Trail, mulai dari 2.0 M/T Rp 404,5 juta, 2.0 CVT Rp 429,45 juta, 2.5 CVT Rp 461,85 juta, 2.5 Xtremer Rp 477,15 juta, dan 2.0 Hybrid Rp 645,85 juta.

Santa Fe sendiri dipasarkan dalam 4 tipe juga, antara lain Santa Fe Gasoline AT Rp 495 juta, Santa Fe CRDi AT Rp 539 juta, Santa Fe Gasoline Limited Rp 506 juta, Santa Fe CRDi Limited Rp 550 juta.

Sedangkan All New Honda CR-V berdasar bocoran kisaran harga yang kami dapatkan, ketiga tipe yang dipasarkan dibanderol mulai CR-V 2.0 AT Rp 421 jutaan, CR-V 2.0 AT Prestige Rp 460 jutaan, CR-V 1.5 CVT Turbo (7-seat) Rp 462 jutaan, dan CR-V 1.5 CVT Turbo Prestige (7-seat) Rp 510 jutaan. [dp/Rdo]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR

  1. Jahe
    20 April 2017

    Bukannya xtrail 5+2 om, cb cek deh