Menjajal Akselarasi dan Konsumsi Bahan Bakar Suzuki GSX-S150

Menjajal Akselarasi dan Konsumsi Bahan Bakar Suzuki GSX-S150

PURWOKERTO (DP) — Touring Suzuki GSX-S150 Jelajah Pulau Jawa yang digagas oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) berlangsung sejak 17 April hingga 21 April, telah memasuki hari kedua. Start dari Garut menuju Kota Purwokerto, Jawa Tengah, Dapurpacu.com mengambil kesempatan untuk menguji performa sekaligus konsumsi bahan bakar sport maker bike terbaru Suzuki ini, Selasa (18/4).

Demi keamanan dan keselamatan, perjalanan dilakukan pada siang hari. Beberapa informasi kendaraan cukup jelas terbaca dari panel meter digital. Sepanjang perjalanan menuju Purwokerto, rombongan jurnalis dihadapkan berbagai Medan jalan, mulai menanjak, menurun, berkelok, hingga jalan yang rusak.

Suzuki GSX-S150 yang dibekali mesin  147.3 cc DOHC 4-valve satu silinder, dikawinkan transmisi manual 6 percepatan, GSX-S150 memiliki karakter tangguh. Saat rider Dapurpacu.com mencoba akselerasi di jalan lurus, kecepatan bisa digeber hingga 108 km/jam. Sejatinya masih bisa ditingkatkan, karena rombongan, kami harus menjaga jarak dengan  d riset lainnya.

Tenaga Suzuki GSX-S150 mulai naik diputaran 6000 rpm, dan untuk mendapatkan tenaga tersebut harus masuk ke gigi tiga, karena kalau dipaksakan di gigi dua suara mesin akan berasa kasar.

Sementara saat riding santai, artinya jika tidak membutuhkan kecepatan tinggi, paling enak memang menggunakan gigi 4 atau 5, karena pada transmisi tersebut napasnya cukup panjang. Saat menggunakan gigi 4 dan 5 dengan kecepatan tinggi tenaga tidak ada habisnya.

Dalam perjalanan jauh, pengendalian GSX-S150 juga terasa ringan, dan tetap stabil saat kencang. Ini berkat penggunaan frame diamond dan didukung ban yang cukup besar, depan 90/80-17 (depan) dan 130/70-17 (belakang), sehingga saat bermanuver motor tidak goyang.

Dengan cara berkendara yang beragam, baik di jalan lurus, menanjak dan menurun, Dapurpacu.com mendapatkan angka konsumsi bahan bakar mencapai 45 km/liter. Sedangkan pada hari selanjutnya, ketika menghadapi kondisi lalu lintas padat dibanding hari sebelumnya, kami membukukan konsumsi per liter bensin untuk 33,20 km. [dp/Ric]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR