I6DE Flores 2017 Siapkan 800Km Jalur Keras di NTT

I6DE Flores 2017 Siapkan 800Km Jalur Keras di NTT

JAKARTA (DP) — Enduro Total Indonesia akan kembali menantang para penggila petualangan keras bersepeda motor untuk mencapai destinasi-destinasi sulit di pulau Nusa Tengara Timur (NTT). Kegiatan bertajuk Indonesian Six Days Enduro (I6DE) 2017 ini direncanakan terselenggara pada 20-25 November 2017.

Ericson Andi Lolo, ketua pelaksana I6DE, mengatakan kegiatan petualangan keras yang dilakukan pihaknya akan mengambil rute di sepanjang pulau Flores, mulai dari Maumere hingga Labuanbajo, dengan jarak total sekitar 800 Km. “Hampir 100 persen rute merupakan jalur off-road untuk mencapai lokasi-lokasi keindahan di Flores,” katanya.

Pria yang akrab disapa Erickanying ini menambahkan, selain menikmati tantangan rute alam, para peserta dijanjikan bisa mendapati tujuan-tujuan wisata terbaik. “Total peserta akan kami batasi 70 orang. Kegiatan terbuka untuk umum, bahkan dari Malaysia akan ikut,” lanjutnya.

I6DE sendiri hanya bisa diikuti para pengendara sepeda motor dual-purpose. Besaran kapasitas mesin minimal yang diwajibkan adalah 125cc 2-tak atau 150cc 4-tak, menggunakan diameter roda 18 inci belakang dan 21 inci depan.

“Kegiatan petualangan ini terbilang keras. Kami akan mengajak peserta melintasi rute-rute sulit, sehingga yang bisa mengikuti hanya motor-motor bergenre trail,” ungkap pria berkepala plontos ini.

“Karena ini merupakan perjalanan panjang, jadi kami mengharapkan para peserta untuk menyiapkan fisik dan mental sebaik mungkin.”

Dalam pelaksanaannya, I6DE Flores 2017 tidak akan memberikan tanda-tanda jalur sebagai panduan perjalanan. Karena itu, setiap peserta diharapkan mampu memahami peta rute dengan memanfaatkan alat navigasi sendiri.

Erick juga mewajibkan seluruh peserta mematuhi peraturan untuk tidak merusak alam selama kegiatan berlangsung. Dengan biaya pendaftaran Rp 8 juta, para peserta juga dilarang memacu kendaraan ketika melalui jalan umum dan jalan-jalan perkampungan.

Sedianya rute I6DE Flores 2017 akan akan terdiri dari enam tahapan, yaitu Maumere, Kelimutu, Ende, Mauponggo, Benjawa, Ruteng, dan Labuanbajo. [dp/GRG]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR