Suzuki GSX-S150 Bikin Penasaran, Geber Sampai Garut!

Suzuki GSX-S150 Bikin Penasaran, Geber Sampai Garut!

GARUT (DP)–Setelah sebelumnya menjajal Suzuki GSX-S150 dari Jakarta-Puncak-Jakarta, kali ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali mengajak para jurnalis menjajal GSX-S150 lebih jauh lagi, dengan touring bertajuk GSX-S150 Jelajah Pulau Jawa.

Touring yang berlangsung (17-21/4) akan menempuh jarak sekitar 1500 km dengan rute Garut, Baturaden, Jogjakarta, Madiun, Bromo dan berakhir di Surabaya.

Dapurpacu.com mendapat kesempatan untuk etape pertama Jakarta-Garut-Purwokerto dimulai Senin (17/4) dari Suzuki SMG Sunter Jakarta Utara.

Estape pertama ini yang singgah di Garut, kami akan membahas impresi riding luar kota menggunakan Suzuki GSX-S150. Kami temui untuk riding position cukup nyaman, kedua kaki bisa mengapit bodi motor, ditambah setang yang tinggi sehigga rider tidak harus membungkuk saat berkendara.

Hal tersebut tentu tidak membuat kami lelah pada bagian atas badan, sehingga bisa mencermati kondisi lalu lintas dengan baik, apalagi kami melaju secara rombongan. Perjalanan dari Jakarta menuju Garut Jawa Barat, barisan GSX-S150 disuguhi kondisi lalulintas yang padat cenderung macet, mulai dari Jalan Yos Sudarso Jakarta sampai Bandung.

Riding dari Jakarta sampai Garut menggunakan Suzuki GSX-S150 melalui jalur Puncak, Bogor terbilang asyik. Kami disuguhi pemandangan serta jalan berkelok menanjak dan turunan.

Sedikit melihat spesifikasi sport naked 150cc ini memiliki tinggi tempat duduk 785 mm, dikombinasi dimensi panjang 1.975 mm, lebar 674 mm dan tinggi 1.070 mm. Motor dengan berat sekitar 130 kg ini tergolong licah untuk bermanuver di jalan yang macet, lock to lock kemudinya juga punya sudut yang lumayan lebar ketika berbelok patah.

Menggendong mesin  147.3cc, DOHC 4-valve satu silinder, dengan kondisi lalu lintas dan ikuti rombongan memang membuat kami kurang puas memainkan transmisi manual 6 percepatan.

Meskipun begitu, GSX-S150 ketika stop and go membuat kami terimpresi pada sentakan tenaga di awal, sehingga tidak harus memelintir gas terlalu dalam. Ternyata gear set disajikan lumayan besar, untuk mata gear depan 15 dan mata gear belakang berjumlah 45.

Kondisi jalan yang kebanyakan ditemui lintasan lurus yang pendek dan tanjakan panjang lumayanlah bagi kami bisa memainkan tenaga yang diklaim 18,9 hp dan torsi 14 Nm. Memang saat memaksa gigi satu dan dua, ada vibrasi getaran motor di bagian paha. Terbilang wajar ditemui saat bersama rombongan, karena terbawa emosi menjaga jarak dengan rekan di depan. Namun saat menggunakan transmisi di posisi 5 dan 6 getaran mesin reda.

Selama dalam perjalanan dari Jakarta sampai Garut, kami juga menemui jalan berlubang dan bergelombang. Akan cukup lumayan yang dirasakan pantat pengendara. Berkat racikan suspensi depan teleskopik dan belakang suspensi tunggal agak sedikit terkurangi.

Secara keseluruhan riding menggunakan Suzuki GSX-S150 sangat menyenangkan, berkat riding position dan suspensi. Performanya tak mengecewakan ketika menyalip kendaraan di depan. Hanya saja jok yang saya rasakan masih terasa keras, mungkin karena bobot saya tak lebih dari 80 kg.[dp/Ric]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR