TS050 HYBRID Kalahkan Porsche di Seri Pembuka WEC 2017

SILVERSTONE (DP) – Kemenangan Toyota Gazoo Racing di kelas LMP1 pada seri pembuka balap ketahanan 6-hours, World Endurance Championship 2017 di Silverstone terbilang penuh dengan drama.

Kemenangan perdana bagi Toyota Gazoo Racing melesatkan TS050 HYBRID bernomor #8 di bawah kendali pebalap profesional Sébastien Buemi, Anthony Davidson dan Kazuki Nakajima.

TS050 HYBRID #8 menyelesaikan waktu 197 lap dengan 6:00,33,211 detik, strategi 6 kali pit stop. Start dari grid 2 dengan catatan waktu terbaik 1:39,804 detik.

TS050 HYBRID bernomor #7  (Mike Conway, Kamui Kobayashi dan José María) yang start dari Pole Position alami beberapa kendala teknis sepanjang balapan, sehingga beberapa kali masuk ke pit untuk melakukan pembenahan anti-roll bar akibat sulitnya mobil dikendalikan.

Puncaknya mobil menabrak pembatas lintasan hingga meringsekkan mobil yang saat itu dikendarai Jose Maria, perbaikan memakan waktu 66 menit dan  beruntung bisa kembali finis posisi 23.

Kemenangan menegangkan jelang 15 menit balapan usai dari Porsche, TS050 HYBRID bernomor #8 memaksa tetap melesat ketika hujan menggunakan slick berharap lintasan mengering. Harus bertarung posisi pula dengan Porsche #2 ketika hujan andalkan intermediate, sehingga Toyota bisa tersusul.

Sebastien Buemi berhasil memanfaatkan Porsche #2 yang masuk pit terakhir. TS050 HYBRID #8 digeber dan berhasil bisa unggul 6,173 detik.

“Ini menjadi balapan yang dramatis, tapi prioritas kami adalah Jose Maria dan kita lega dirinya tak alami cidera setelah kecelakaan itu,” ujar Toshio Sato, Team President Toyota Gazoo Racing.

“Meski performa luar biasa saat kualifikasi, kami tahu bahwa Porsche akan menjadi lawan yang tangguh saat balapan. Seluruh tim tampil baik dan berjuang serius hingga bendera finis berkibar.”

“Memang mengecewakan berharap dua mobil bisa berada di podium, tapi ini menjadi kebanggaan bagai mana tim memiliki semangat juang tinggi, terutama mekanik yang cekatan membereskan mobil nomor #7 kembali balapan.”

“Secara keseluruhan saya puas dengan TS050 HYBRID, yang menunjukkan performa terbaik sepanjang pekan. Saat ini kita perlu menyempurnakan lagi untuk seri berikutnya di Spa-Francorchamps untuk kembali bertarung dengan Porsche di depan,” yakin Sato. [dp/Kch]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR