Perhatikan Ini Supaya Ban Dalam Tidak Terlipat

Perhatikan Ini Supaya Ban Dalam Tidak Terlipat

JAKARTA (DP) – Pernah merasakan ban bocor lagi padahal baru ditambal? Setelah dicek ternyata bukan ketusuk paku atau benda tajam lain, melainkan ban dalam bocor lantaran tertekuk atau terlipat.

Zulpata Zainal Manajer Proving Ground Bridgestone Tire Indonesia mengatakan, bocor yang terjadi karena ban dalam terlipat bisa terjadi di mobil dan motor karena beberapa sebab.

“Antara lain salah ukuran ban dalam dan waktu pasang tidak sempurna. Pencegahannya, ukuran ban dalam harus sesuai dengan ukuran ban luarnya dan pemasangan di pelek harus sempurna,” katanya.

Zulfata mengatakan, untuk pemasangan ban ke pelek tidak bisa asal. Seringkali terjadi ban dalam dipasang dalam kondisi murni kosong. Hal ini yang sering luput selepas menambal ban di pinggir jalan.

Padahal yang benar katanya, saat ingin memasang ban ke pelek, ban dalam harus sudah terisi sedikit angin. “Supaya permukaan ban tertarik dan tidak melipat di dalam,” imbuhnya.

“Lebih bagus lagi sebelumnya lapisan dalam ban luar dikasih bedak atau talk. Agar antara ban dalam dan lapisan dalam ban luar tidak seret,” sebut pria ramah itu.

Sudah tahu cara yang benar saat mengganti atau selepas menambal ban di pinggir jalan. Untuk itu selalu perhatikan saat proses pemasangan. Jangan ragu minta diulang jika dirasa belum sesuai standar. [dp/Gls]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR