Menuju BC3, Mobil Peserta Meratus Expedition 2017 Masuk Jurang

Menuju BC3, Mobil Peserta Meratus Expedition 2017 Masuk Jurang

BARABAI (DP) – Meratus Expedition (MEX) 2017 telah memasuki hari kelima perjalanan, Rabu (12/4) kemarin. Medan yang sulit memaksa beberapa peserta rombongan terpisah cukup jauh, hingga titik kumpul di Base Camp 3 (BC3) yang berlokasi di kantor camat Sengayam.

Sesampainya di BC3, sebagian rombongan ekspedisi sempat bermalam sambil menunggu tim ekspedisi lain yang tercecer jauh di belakang. Selama menunggu, sebagian peserta memanfaatkannya untuk melakukan perbaikan kendaraan serta pengisian bahan bakar.

Selain pecahnya rombongan, salah satu anggota tim ekspedisi yakni dari tim Buaya, Alfin Piuk mengalami nasib nahas, mobil yang dikendarai Cherokee bermesin 15BT terperosok jatuh ke dalam jurang, disebabkan oleh kondisi lintasan yang benar-benar sulit dilalui, atau “Bejat” para offroader menyebutnya.

Setelah cukup mendapatkan waktu selama sehari beristirahat di base camp 3, para peserta rombongan dilepas dengan tarian dayak Meratus sebelum menuju ke BC 4 dan BC 5.

Perjalan ke BC 4 dan 5 ini merupakan perjalanan yang dinantikan para peserta ekspedisi, karena akses jalan ke BC 4 merupakan salah satu jalur utama MEX 2017. Perjalanan ini, peserta ekspedisi dihadapkan pada pilihan untuk tetap harus melewati lintasan yang ditemui, karena tidak ada pilihan mundur bagi peserta. Melakukan putar balik kendaraan merupakan hal yang tidak akan mungkin.

Menurut Syamsir Alam, salah satu peserta ekspedisi, “Alam trek perbukitan Meratus merupakan trek yang cukup bejat, ditambah guyuran hujan terus menerus, menjadikan trek semakin berat dan lumpur semakin lengket. Banyak hambatan (obstacle), dilalui mulai dari tanjakan, turunan, jurang, sehingga membuat banyak kendaraan mengalami kerusakan.”

Melihat kondisi medan yang cukup sulit dan curah hujan yang tinggi memaksa panitia melakukan pasokan logistik mengunakan perahu kecil (klotok warga setempat menyebutnya) melalu aliran sungai. Berikut Dapurpacu.com menghadirkan beberapa foto kondisi perjalanan ekspedisi MEX 2017. [dp/Byn]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR