Rencana Kapal Roro Pemerintah disambut Baik Pengusaha Truk

Rencana Kapal Roro Pemerintah disambut Baik Pengusaha Truk

JAKARTA – Rencana Pemerintah yang mau mengoperasikan kapal Roll on-Roll off (RoRo) ditujukan untuk memindahkan truk besar ke laut mendapatkan tanggapan dari pengusaha truk.

Menurut Kyatmaja Lookman, sebagai pengusaha truk ekspedisi bahwa program ini sangat menarik. Memang biasanya kapal yang ditawarkan adalah berkecepatan 15 knot, tapi Menhub menjanjikan kapal berkecepatan 20 knot.

“Kalau kapal Roro 15 knot bisa mencapai 27 jam biasanya, tapi kalau 20 knot maka akan terpangkas jarak tempuhnya menjadi 18 jam saja, ini sangat signifikan,” papar Kyatmaja saat dihubungi via telepon, Kamis (12/04).

Hanya memang masalah harga pada pertemuan kemarin belum dibicarakan, perlu adanya pertemuan kembali untuk membicarakannya.

Kyatmaja menambahkan kalau program ini jalan maka biaya maintenance, pembelian bahan bakar juga akan berkurang sangat signifikan.

“Hanya memang biaya supir belum berkurang, malah ada tawaran menggunakan konsep Cha Ro, yaitu kepala truk tidak perlu masuk, jadi hanya buntut truk saja yang dimasukan ke roro,” jelasnya.

Dengan adanya konsep ini maka para pengemudi truk tidak perlu lagi berada di dalam kapal roro dan mengurangi biaya selama di dalam kapal.[dp/Res]

 

 

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR