Modifikasi Yamaha SR 400 Bergaya Dirt Racer

Modifikasi Yamaha SR 400 Bergaya Dirt Racer

JAKARTA (DP) – Berawal dari keinginan memiliki tunggangan racing dan berbeda dari kebanyakan, Ibnu Haskoro membawa keinginannya itu ke bengkel Cobacoba Custom Motorsaikel.

Ketika menyambangi bengkel modifikasi yang digawangi Kelik Robiyantoro itu, Ibnu hanya membawa cerita, tanpa membawa fisik motor yang akan dimodifikasi, karena dia memang belum memiliki motor yang siap dioprek.

Sehingga, realisasi keinginan Ibnu semua diurusi Kelik, mulai dari mencari motor yang pas dan dipilih Yamaha SR 400, serta gaya akhir yang bakal diterapkan.

“Setelah dapat motor, saya memutuskan untuk membuat gaya modifikasi dirt racer. Selain karena Ibnu suka motor beraroma racing, dia juga tidak suka dengan aliran modifikasi yang sudah banyak dipakai orang lain,” cerita Kelik.

Selain itu, modifikator kelahiran Yogyakarta itu juga menjelaskan kalau motor ini, ibarat motor balap flat track yang dipakai oleh pebalap privateer. “Jadi tampilannya seadanya saja, tidak menampilkan sisi estetika,” tambahnya.

Karena saat mendapatkan Yamaha SR 400 ini dalam keadaan terpisah antara mesin dan sasis. Sehingga Kelik harus menempelkan sokbreker depan pakai Yamaha Byson dengan kombinasi segitiga milik Yamaha YZ 250.

Dipilih sokbreker Byson karena bentuknya yang gendut, membuat motor terlihat gagah. Walaupun pada saat pemasangan sokbreker harus disesuaikan dengan segitiganya. “Karena diameter segitiga lebih besar, ketimbang diameter sokbreker jadi saya tambah bushing,” kata ayah dari satu orang anak itu.

Selesai bagian sokbreker depan, pemasangan setang model fatbar dan sokbreker belakang dengan menggunakan Suzuki RM, pengerjaan berlanjut ke tanki yang dibikin sendiri menggunakan bahan dari pelat galvanis dengan tebal 0,8 mm. Kemudian membuat jok yang dapat membuat pengendara menjadi nyaman.

Dengan kondisi motor yang sudah terpasang setang, sokbeker depan dan jok. Motor sudah terlihat bentuk aliran modifikasinya. Pengerjaan tinggal mengarah pada knalpot kustom made in Kelik, berbahan alumunium setebal 1 mm. Di dalam alumunium tadi terdapat saringan yang bahannya dari besi. Lalu disambungkan ke silincer knalpot yang disambung ke saringan knalpot.

Lalu diberi kelir oranye pada bagian tangki, tapi jangan heran jika catnya tidak kinclong. “Kan biar mengesankan motor ini dipakai oleh pebalap privateer,” terang Kelik. [dp/Hml]

Data Modifikasi
Setang: TAG fatbar
Ban depan: Metzeler Karoo3 90/90-21
Ban belakang: Metzeler karoo3 150/70-18
Sok belakang: Variasi

Cobacoba Custom Motorsaikel
Jl. Lenteng Agung Barat No 54, Rt 5 RW 3 (Gardu putaran tOl Pendek) Srengseng Sawah, Jagakarta, Jakarta Selatan.
Telepon: 0813-8209-0089

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR