Test Ride Suzuki GSX-S150 : Diajak Touring Lebih Terasa “Racy”

Test Ride Suzuki GSX-S150 : Diajak Touring Lebih Terasa “Racy”

JAKARTA (DP) — Setelah sebelumnya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W memberikan kesempatan kepada awak media mencoba Suzuki GSX-R150. Kini, giliran model naked bike-nya, GSX-S150 kami jajal peformanya pada Sabtu (8/4) lalu.

Dikemas dalam kegiatan “Fun touring Jakarta-Puncak”, sekitar 30 awak media nasional menduduki sport naked Suzuki itu sejauh 92 kilometer, dengan rute Sunter-Jalan Yos Sudarso-Jalan Raya Bogor-Bukit Pelangi Sentul, finis di Puncak.

Riding position
Kami (tester) yang memiliki tinggi badan 160 cm, masih nyaman saat menaiki dan duduk jok yang memiliki jarak tinggi 785 mm. Ketika posisi di atas (posisi standby) kedua kaki masih bisa menapak meski tidak sempurna, sedikit jinjit.

Saat menginjakan kaki pada pijakan kaki, posisi kaki agak ke belakang karena pijakan dibuat agak seperti motor balap. Posisi seperti ini, bagi yang sudah terbiasa mungkin masih nyaman, tapi yang tidak maka akan terasa kurang nyaman.

Menurut Minato Okumura, selaku Assistant Chief Engineer Motorcycle Production Planning Deprtement Motorcycle Operation, pijakan kaki sengaja dibuat agak ke belakang supaya biker bisa merasakan sensansi berkendara bak motor racing.

“Memang GSX-S150 sport touring, tapi pijakan kaki dibuat agak ke belakang supaya biker merasakan sensasi berkendara lebih racy,” ujar Okumura saat ditemui di Puncak, Jawa Barat, Sabtu (8/4) lalu.

Handling
Sebagai motor bergaya sport naked, stang dibuat agak tinggi sehingga posisi pengendara tidak membungkuk dan tidak mudah lelah. Tentu ini kelebihannya ketika diajak riding jauh.

Dengan begitu, GSX-S150 yang menggunakan sasis tipe diamond, dan didukung ban depan 90/18-17 dan belakang 130/70-17, kami rasa sangat mudah dikendalikan ketika melibas tikungan.

Sayangnya, jok masih berasa keras apalagi melibas jalan berlubang akan sangat teras. Tapi tidak perlu khawatir, suspensi terasa empuk, sehingga tidak terlalu terasa keras dan tetap nyaman saat touring.

Performa
Suzuki GSX-S150 dibekali mesin 147 cc, diklaim mampu 18,9 dk dan torsi 14,0 Nm memiliki karakter tenaga yang kuat terasa mantap ketika melibas jalan lurus maupun tanjakan, tenaganya terus bertambah sejak putaran 6000 rpm.

Kesimpulan
Suzuki GSX-S150 cocok untuk touring, pengendaliannya nyaman, dan performa mendukung. Hanya satu kekurangannya yakni jok yang terasa keras, sehingga akan terasa panas jika perjalanan jauh, tapi jika Anda memiliki dana lebih Anda bisa menggantinya sesuai dengan yang diinginkan. [dp/Ric]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR