Penerapan Euro4 Desakan Pelaku Industri Otomotif

Penerapan Euro4 Desakan Pelaku Industri Otomotif

JAKARTA (DP) – Melalui Peraturan Menteri (PERMEN) LHK No.p.20/MENLHK/SETJEN/KUM. 1/3/2017, tentang baku mutu emisi gas buang kendaraan bermotor tipe Euro4, Indonesia siap menerapkan standar emisi Euro4 mulai September 2018.

M. R Karliansyah, Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan LHK mengatakan, pemberlakuan standar emisi baru salah satunya berasal dari desakan para pelaku industri otomotif.

Sebab seperti diketahui, selama ini produsen otomotif di Indonesia merasa terbebani dengan standar emisi Euro2. Mereka harus membuat dua versi yakni spesifikasi Euro2 buat dalam negeri dan Euro4 buat ekspor.

“Ini sangat tidak efisien, oleh karena itu mereka sejak tahun 2013 sudah mendesak kami segera ditetapkan. Tapi sekali lagi kita melihat kesiapan semua pihak,” katanya.

M. R Karliansyah menyebut banyak pihak yang harus terlibat dan persiapan yang dilakukan. Mulai dari kesiapan Kementerian Perhubungan, Badan Penerapan dan Pengkajian Teknologi (BPPT), dan kesiapan Kementerian SDM dan Pertamina.

“Kesiapan Kemenhub, BPPT, untuk menyiapkan lab uji emisi, bagaimana kesiapan Menteri ESDM untuk menetapkan spesifikasi bahan bakar secara nasional, dan juga Pertamina sendiri untuk menyiapkan bahan bakarnya,” katanya. [dp/Gls]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR