Yamaha Qbix, Skutik Futuristik Nongol di BIMS 2017

Yamaha Qbix, Skutik Futuristik Nongol di BIMS 2017

PAK KRET (DP) – Kesan pertama kali melihat Yamaha Qbix yang punya desain futuristik, adalah skutik yang canggih, digunakan oleh manusia modern di masa depan.

Yup, seperti itulah kesan Dapurpacu.com ketika pertama kali melihat Yamaha Qbix langsung dari Bangkok International Motor Show (BIMS) di Impact Challenger, Pak Kret, Thailand.

Kesan futuristik yang terpancar pada desain bodi yang kotak, menggambarkan motor ini seolah-olah motor ini dipakai oleh manusia di zaman yang serba digital.

Makanya Yamaha Thailand, memberi tagline ‘The Digital Automatic Bike’ yang mengarah pada pasar kalangan muda yang hidupnya tak bisa lepas dengan gadget.

Motor ini seluruh lampunya menggunakan LED, jadi ketika lampunya menyala kesan modern yang memang terdapat pada motor ini semakin nyata.

Tak hanya bodi yang mengesankan modern, ada beberapa fitur yang memang cocok dengan kesan modern seperti panel full digital LCD, smart key system.

Ditambah fitur answer back system, yang bisa dimanfaatkan fungsinya oleh pengendaranya yang tidak ingin ribet mencari motornya di tempat parkir. Sedangkan stop and start system berfungsi agar bahan bakarnya efisien.

Nah, sekarang mesinnya. Ternyata motor ini hanya memakai ‘mesin warisan’ dari Mio M3 125 Blue Core, berkapasitas 125 cc SOHC, berpendinginan fan yang dapat menghasilkan tenaga maksimal 9,5 hp di putaran 8.000 rpm dan torsi maksimal 9,6 Nm saat mesin teriak di 5.500 rpm.

Mesin tadi di klaim oleh Yamaha Thailand merupakan mesin yang irit bahan bakar dan ramah lingkungan, hasil kerasi dari filosofi mesin Blue Core.

Yamaha Qbix 125 Blue Core ini memiliki 3 varian yaitu standar, S dan ABS. Hal yang membedakan dari ketiga tipe ini adalah dimensi motor, untuk varian S dan ABS dimensinya lebih lebar 30mm.

Pembeda lainnya pada sistem pengereman, untuk varian standar dan S tentu tidak memiliki teknologi anti pengunci ban saat melakukan ‘ngerem’, karena varian ABS memiliki sensor ABS (Anti-lock Braking System). [dp/Hml]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR