Perbandingan Mesin Biasa dan Pakai Turbocharger

Perbandingan Mesin Biasa dan Pakai Turbocharger

JAKARTA (DP) – Salah satu piranti yang banyak terdapat di mobil keluaran baru ialah turbocharger. Komponen berbentuk seperti rumah keong ini terbukti mampu menambah tenaga yang dihasilkan mesin secara paksa (induksi).

Alex Pollack, President PT Honeywell Indonesia, produsen turbocharger merek Garrett asal Los Angeles, AS mengatakan, jika dulu turbo identik dengan mesin diesel, maka kini banyak mobil bensin juga memakai turbo.

“Sekarang semua pakai turbo, karena bisa menambah tenaga dan dengan aplikasinya menghemat bahan bakar,” katanya.

Meski  turbo identik dengan peningkatan performa atau menambah tenaga. Namun ada benefit lainnya, mulai dari tenaga bertambah, hemat BBM dan lebih ramah lingkungan.

“Perbandingannya mesin 3.0-liter 6-silinder bertenaga 240 Hp, setara dengan mesin 20.0-liter 4-silinder plus turbo. Tenaga sama besar torsi naik 30%, lebih efisien 25% dan kadar CO2 turun 20%,” katanya.

Tumbuh
Mengutip data yang disajikan Honeywell Garrett, tren kendaraan dengan turbo bakal makin marak. Dalam 5 tahun ke depan, jumlah mobil kecil bermesin bensin yang memakai turbo diperkirakan naik 15%.

“Saat itu setidaknya bakal ada 52 juta turbo yang terjual. Sekitar 18 juta kendaraan yang memakai turbo bawaan,” imbuhnya. [dp/Gls] 

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR