Tekan Harga, Truk Baru Mercy Bakal Dirakit Lokal di Bogor

Tekan Harga, Truk Baru Mercy Bakal Dirakit Lokal di Bogor

JAKARTA (DP) – Setelah meluncurkan 5 truk baru dari jajaran keluarga Axor, PT Mercedes Benz Distribution Indonesia langsung bergerak cepat untuk menggaet pasar. Model truk termurah Mercy itu pun akan dirakit lokal di pabrik Wanaherang, Bogor, untuk menekan harga.

“Jajaran truk Axor akan diproduksi di Wanaherang tahun ini. Kami memutuskan membuatnya di pabrik kami yang sudah teruji fasilitasnya sesuai standar Daimler AG,” kata Maximilian Knorr, GM Commercial Vehicle Planning & Life Cycle Mercedes-Benz Indonesia.

Knorr tidak merinci soal model Axor mana yang akan dirakit lokal, apakah semua atau hanya sebagian, dan kapan rencana tersebut dimulai. Pria Jerman ini hanya mengatakan, tiap tahun pabrik Wanaherang bakal merakit 4.500 unit Axor untuk keperluan domestik.

“Kami sangat yakin mampu menghasilkan produk sesuai standar Mercedes-Benz. Ini juga merupakan dukungan ke pemerintah di mana pada 2020 menargetkan produksi kendaraan mencapai 2,5 juta unit,” katanya.

Seperti diketahui, rincian harga Axor 2528 C untuk tipper kontruksi Rp 816 juta. Axor 3336 K (dengan dump body) untuk tambang Rp 1,174 miliar. Kemudian Axor 4028T dibanderol Rp 689 juta. Axor 1623 Rp 550 juta dan Axor 1623 C Rp 563 juta.

Dengan dirakit lokal, Mercedes dapat menekan pajak bea masuk dan lainnya. Meski pabrikan mengaku belum menghitung besaran yang dapat dipangkas jika sudah dirakit lokal. Namun berkaca pada model sedan yang sebelumnya juga dirakit lokal, penurunannya bisa sampai Rp 50-60 juta. [dp/Gls]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR